Hiperparatiroid

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu hiperparatiroid?

Hiperparatiroid adalah kondisi yang terjadi saat kelenjar paratiroid menghasilkan terlalu banyak hormon paratiroid. Hormon paratiroid berfungsi membantu mengatur kadar kalsium, vitamin D, dan fosfor pada tulang dan darah. Beberapa orang dengan kondisi ini tidak mengalami gejala apa pun dan tidak memerlukan perawatan. Namun, beberapa orang memiliki gejala ringan atau serius yang mungkin memerlukan operasi.

Kelenjar paratiroid adalah 4 kelenjar endokrin sebesar kacang polong yang terletak pada leher, dekat atau menempel dengan bagian belakang tiroid. Kelenjar endokrin menghasilkan hormon yang diperlukan untuk fungsi normal tubuh. Walau memiliki nama yang serupa dan berdekatan dengan leher, kelenjar paratiroid dan tiroid adalah dua organ yang berbeda.

Seberapa umum hiperparatiroid?

Hiperparatiroid adalah kondisi yang umum terjadi. Kondisi ini lebih umum ditemui pada wanita. Namun, kondisi ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala hiperparatiroid?

Tanda-tanda dan gejala penyakit ini dapat bervariasi dari ringan hingga serius, bergantung tipe hiperparatiroid yang Anda miliki.

Berikut adalah beberapa gejala hiperparatiroid berdasarkan tipenya:

Hiperparatiroid primer

Beberapa pasien tidak mengalami gejala apa pun. Jika Anda memilikinya, gejala dapat berkisar dari ringan hingga serius. Gejala yang lebih ringan meliputi:

  • Kelelahan
  • Kelemahan
  • Depresi
  • Nyeri pada tubuh

Gejala yang lebih serius dapat meliputi:

  • Hilangnya nafsu makan
  • Sembelit
  • Muntah
  • Mual
  • Rasa haus berlebih
  • Meningkatnya produksi urine
  • Linglung
  • Gangguan ingatan
  • Batu ginjal

Hiperparatiroid sekunder

Hiperparatiroid tipe ini bisa menyebabkan Anda memiliki kelainan tulang, seperti patah tulang, sendi bengkak, dan cacat pada tulang. Tanda-tanda dan gejala lain bergantung pada penyebab, seperti gagal ginjal kronis atau defisiensi vitamin D serius.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan perawatan dini dapat menghentikan kondisi ini dari memburuk dan mencegah kondisi medis darurat lainnya, maka itu bicaralah pada dokter Anda segera untuk mencegah kondisi serius ini.

Jika memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab hiperparatiroid?

Pada hiperparatiroid, salah satu atau beberapa kelenjar paratiroid menjadi terlalu aktif (overaktif) sehingga menghasilkan hormon paratiroid berlebih. Hal ini dapat disebabkan oleh tumor, pembesaran kelenjar, atau masalah struktural dari kelenjar paratiroid.

Apabila kadar kalsium terlalu rendah, kelenjar paratiroid merespons dengan meningkatkan produksi hormon paratiroid. Hal ini menyebabkan ginjal dan usus menyerap jumlah kalsium lebih besar. Hal ini juga mengurangi lebih banyak kalsium dari tulang. Produksi hormon paratiroid kembali normal apabila kadar kalsium kembali meningkat.

Faktor Pemicu

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk hiperparatiroid?

Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi terhadap kondisi ini apabila mengalami beberapa kondisi berikut:

  • Seorang wanita yang telah melalui menopause
  • Pernah mengalami kekurangan kalsium atau vitamin D berkepanjangan
  • Memiliki penyakit langka menurun, seperti multiple endocrine neoplasia tipe 1, yang biasanya memengaruhi beberapa kelenjar
  • Pernah menjalani perawatan radiasi untuk kanker yang mengekspos leher pada radiasi
  • Pernah mengonsumsi lithium, obat yang sering digunakan untuk mengatasi kelainan bipolar

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana hiperparatiroid didiagnosis?

Jika dokter menduga Anda memiliki kondisi ini, pemeriksaan fisik dapat dilakukan dan beberapa tes juga dapat direkomendasikan oleh dokter, seperti:

  • Tes darah. Tes darah tambahan dapat membantu dokter memberikan diagnosis yang lebih akurat. Dokter akan memeriksa darah untuk melihat kadar hormon paratiroid yang tinggi, kadar alkalin fosfatase yang tinggi, serta kadar fosfor yang rendah.
  • Tes urine. Tes urin dapat membantu dokter menentukan seberapa serius kondisi dan apakah masalah ginjal merupakan penyebabnya. Dokter akan memeriksa urine untuk melihat seberapa banyak kandungan kalsium di dalamnya.
  • Tes ginjal. Dokter dapat melakukan rontgen pada perut untuk memeriksa kelainan pada ginjal.

Bagaimana hiperparatiroid ditangani?

Hiperparatiroid primer

Anda mungkin tidak memerlukan perawatan apabila ginjal Anda bekerja dengan baik, apabila kadar kalsium hanya sedikit lebih tinggi, atau apabila kepadatan tulang normal. Pada kasus ini, dokter dapat memonitor kondisi Anda satu kali setahun dan memeriksa kadar kalsium darah dua kali setahun.

Dokter juga akan merekomendasikan untuk mengawasi seberapa banyak kalsium dan vitamin D yang Anda dapatkan dalam pola makan. Anda juga perlu minum banyak air untuk mengurangi risiko batu ginjal. Anda juga harus olahraga rutin untuk memperkuat tulang.

Apabila memerlukan perawatan, operasi biasanya merupakan pilihan yang diambil. Prosedur operasi meliputi pengangkatan kelenjar paratiroid yang membesar atau tumor pada kelenjar. Komplikasi jarang dan meliputi rusaknya saraf pita suara dan kadar kalsium yang rendah dalam jangka panjang. Terapi penggantian hormon dapat membantu tulang menempel pada kalsium. Terapi ini dapat mengatasi osteoporosis pada wanita yang sudah mengalami menopause, walau ada risiko dengan penggunaan jangka panjang, termasuk risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

Hiperparatiroid sekunder

Perawatan meliputi mengembalikan kadar hormon paratiroid menjadi normal dengan mengatasi penyebab. Metode penanganan meliputi menggunakan vitamin D yang diresepkan untuk defisiensi kalsium dan vitamin D parah untuk gagal ginjal kronis. Anda mungkin juga dapat memerlukan pengobatan dan dialisis apabila Anda memiliki gagal ginjal kronis.

Pencegahan

Apa saja yang harus saya lakukan untuk mencegah dan mengobati hiperparatiroid?

Anda dapat mengurangi risiko dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Memantau seberapa banyak kalsium dan vitamin D yang Anda dapatkan dalam pola makan
  • Minum banyak cairan
  • Olahraga secara rutin
  • Jangan merokok
  • Hindari obat yang meningkatkan kalsium

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: November 30, 2018 | Terakhir Diedit: November 30, 2018

Sumber