home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berapa Proses Mendorong Bayi Keluar Saat Melahirkan?

Berapa Proses Mendorong Bayi Keluar Saat Melahirkan?

Melahirkan normal mungkin bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Tapi, ini merupakan hal yang alami. Tubuh Anda dengan sendirinya mempersiapkan dirinya untuk melahirkan. Mulai dari kontraksi untuk membuka jalan keluar bayi sampai bayi Anda lahir dan juga ari-ari bayi keluar. Namun, saat melahirkan normal, Anda juga harus berusaha mendorong bayi keluar. Ini mungkin salah satu tahapan melahirkan yang menguras tenaga Anda.

Saat Anda melahirkan normal, terdapat tiga tahap yang harus Anda lewati.

Tahap pertama

Tahap ini dimulai ketika Anda mulai merasakan kontraksi untuk membuka jalan keluarnya bayi. Tubuh Anda pada saat ini tengah bersiap untuk melahirkan bayi Anda. Tahap pertama ini akan berlangsung sampai leher rahim (serviks) Anda terbuka sebesar 10 cm. Anda mungkin membutuhkan waktu selama beberapa jam sampai beberapa hari sampai serviks Anda terbuka sepenuhnya dan siap untuk melahirkan bayi. Tiap ibu hamil mempunyai waktu yang berbeda-beda dalam melewati tahap ini.

Tahap kedua

Ini merupakan tahap di mana Anda harus mengeluarkan bayi Anda. Tahap ini berlangsung saat Anda harus mendorong bayi keluar sampai bayi lahir ke dunia. Ketika leher rahim Anda sudah terbuka sebesar 10 cm, inilah waktunya Anda untuk mendorong bayi keluar. Pada saat ini, Anda harus mengatur pernapasan Anda dan mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengejan. Rasakan naluri dan tubuh Anda, serta fokus pada kelahiran bayi Anda.

Bagi Anda yang baru pertama kali melahirkan, tahap mendorong bayi keluar ini mungkin berlangsung lebih lama, bisa sampai 3 jam. Tapi, jika Anda sudah pernah melahirkan sebelumnya dan tahap ini berlangsung lancar, mungkin Anda akan menghabiskan waktu selama 20 menit sampai 2 jam (paling lama) untuk tahap ini.

Faktor yang memengaruhi lamanya mendorong bayi keluar

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mendorong bayi keluar tergantung dari berbagai faktor. Beberapa faktor yang memengaruhi tahap ini adalah:

  • Pengalaman melahirkan. Jika Anda baru pertama kali melahirkan normal (bahkan jika sebelumnya Anda pernah melahirkan sesar), mungkin Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mengeluarkan bayi Anda. Otot-otot panggul Anda yang belum pernah meregang sebelumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk meregang. Ibu hamil yang sudah pernah pernah melahirkan mungkin hanya membutuhkan satu atau dua kali dorongan untuk bisa melahirkan bayi.
  • Ukuran dan bentuk panggul ibu. Tiap wanita memiliki ukuran dan bentuk panggul yang berbeda. Hal ini kemudian dapat memengaruhi bukaan panggul, besar atau sempit. Namun, semua bayi pasti bisa mengatasi hal ini.
  • Ukuran bayi. Ukuran bayi bisa lebih besar atau lebih kecil dari leher rahim (jalan keluarnya bayi). Namun, rupanya kepala bayi bisa menyesuaikan hal itu. Bayi memiliki tulang tengkorak yang tidak tetap dalam bentuk permanen. Tulang-tulang ini bisa bergeser dan tumpang tindih selama proses persalinan.
  • Posisi kepala bayi. Dalam persalinan normal, kepala bayi harus berada di bawah dan idealnya kepala bayi menghadap ke bawah (tulang ekor ibu) atau biasa disebut dengan posisi anterior. Bayi yang lahir dengan posisi anterior mungkin hanya memerlukan sedikit waktu untuk dilahirkan. Sedangkan bayi dengan posisi posterior (menghadap ke atas) membutuhkan waktu untuk keluar lebih lama. Ibu mungkin harus melalui tahapan mendorong bayi keluar lebih lama.
  • Kekuatan ibu saat persalinan. Seperti, seberapa kuat kontraksi yang dihasilkan ibu dan seberapa keras kekuatan ibu saat mendorong bayi keluar. Kontraksi yang kuat membantu leher rahim lebih cepat terbuka, sehingga bayi lebih cepat bisa dilahirkan. Kekuatan mendorong yang baik dan pengaruh baik dari faktor lainnya mungkin dapat membuat ibu hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam atau dua kali dorongan untuk melahirkan bayi.

Tahap ketiga

Tahap ketiga adalah tahap di mana bayi Anda sudah berhasil dilahirkan, tapi tubuh Anda masih akan melakukan kontraksi untuk mengeluarkan ari-ari bayi Anda. Tenang, Anda tidak membutuhkan tenaga yang sangat kuat pada tahap ini seperti yang Anda butuhkan saat mengeluarkan bayi Anda. Proses ini juga tidak memakan waktu lama. Anda pun bisa mendapatkan bantuan obat untuk mempercepat pengeluaran ari-ari bayi Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthline. (2016). Have a Question About Labor and Delivery?. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/pregnancy/labor-frequently-asked-questions#LengthofDelivery4 [Accessed 25 Jan. 2017].

NHS. (2016). What happens during labour and birth. [online] Available at: http://www.nhs.uk/Conditions/pregnancy-and-baby/Pages/what-happens-during-labour-and-birth.aspx [Accessed 25 Jan. 2017].

Baby Centre UK. (2016). The stages of childbirth. [online] BabyCentre. Available at: http://www.babycentre.co.uk/a177/the-stages-of-childbirth [Accessed 25 Jan. 2017].

American Pregnancy Association. (2015). 2nd Stage of Labor – American Pregnancy Association. [online] Available at: http://americanpregnancy.org/labor-and-birth/second-stage/ [Accessed 25 Jan. 2017].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 24/11/2020
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x