Psstt.. Vitamin Ini Ternyata Bisa Bikin Sperma Pria Lebih Berkualitas

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sperma yang sehat adalah kunci kesuburan bagi para pria. Pria yang jumlah, bentuk, maupun kualitas spermanya tidak optimal cenderung sulit punya anak. Lantas, bagaimana caranya meningkatkan kualitas sperma? Apakah harus menggunakan obat-obatan atau langsung bayi tabung saja? Eits, tunggu dulu. Mulai sekarang, coba perbanyak makan makanan sehat untuk meraup manfaat vitamin D. Kenapa begitu?

Menguak manfaat vitamin D untuk meningkatkan kualitas sperma
5 Tips Meningkatkan Kualitas Sperma dengan Pola Hidup Sehat

Anda tentu sudah tahu bahwa manfaat vitamin D yang paling utama adalah menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kabar baik untuk Anda para pria, manfaat vitamin D ternyata juga dapat meningkatkan pergerakan ‘renang’ sperma sehingga lebih mudah mencapai sel telur.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dari jurnal Human Reproduction yang melibatkan 300 pria dewasa muda asal Jerman pada tahun 2007 silam. Setelah dilakukan tes kadar vitamin D dalam darah, sebanyak 44 persen pria diketahui mengalami kekurangan vitamin D (kurang dari 50 nanomol). Mereka kemudian diberikan serum vitamin D aktif bernama 1,25 (OH) 2D3 dan diamati motilitas atau pergerakan spermanya.

Para ahli menemukan bahwa pria yang mengalami kekurangan vitamin D (kurang dari 25 nanomol) cenderung memiliki bentuk sperma yang kurang sempurna dan pergerakannya tidak lincah, dibandingkan pria yang kadar vitamin D-nya lebih dari 75 nanomol.

Ketika serum vitamin D ditambahkan ke dalam sampel spermanya, pergerakan sperma cenderung meningkat sebanyak 7 persen. Selain itu, manfaat vitamin D ini juga dapat meningkatkan reaksi akrosom pada sperma, yaitu kemampuan penetrasi pada sel telur.

Apa hubungannya vitamin D dengan kualitas sperma?

kualitas sperma tidak sehat

Penambahan serum vitamin D ternyata efektif meningkatkan konsentrasi kalsium intraseluler pada sel sperma manusia. Kalsium intraseluler inilah yang merangsang pergerakan sperma menjadi lebih cepat dan optimal. Semakin tinggi konsentrasi kalsium intraselulernya, maka semakin cepat pula pergerakan sperma pria.

Sperma pria juga diketahui mengandung reseptor vitamin D. Semakin banyak vitamin D yang masuk ke dalam tubuh, maka semakin banyak pula vitamin D yang akan diserap oleh sperma. Secara tidak langsung, kondisi sperma Anda akan jauh lebih baik dan berkualitas.

Begitu pula sebaliknya. Pria yang mengalami defisiensi vitamin D cenderung memiliki sedikit sperma dan ditambah lagi pergerakannya lambat. Bagi Anda yang mengalaminya, penelitian ini tentu menjadi angin segar bagi Anda untuk meningkatkan kualitas sperma dengan vitamin D.

Meski demikian, rendahnya vitamin D dan jumlah sperma pada pria tidak semata-mata karena kekurangan vitamin D saja. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari waktu produksi sel sperma yang terlalu lama (70 sampai 80 hari), rendahnya reseptor vitamin D pada sel sperma, kurangnya asupan kalsium, atau faktor gaya hidup tak sehat. Jadi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Apa saja makanan sumber vitamin D yang baik untuk sperma pria?

vitamin D saat puasa

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meraup manfaat vitamin D bagi perbaikan kualitas sperma. Cara termudahnya adalah luangkan 15-20 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi demi mendapatkan vitamin D yang cukup. Namun, ini tergantung juga pada lokasi tempat tinggal dan jenis kulit yang Anda miliki.

Selain itu, vitamin D ini juga bisa Anda dapatkan lewat berbagai makanan sumber vitamin D berupa:

  • Susu
  • Kuning telur
  • Hati sapi
  • Minyak ikan cod
  • Salmon
  • Sarden
  • Tuna
  • Makarel
  • Udang
  • Sereal yang diperkaya vitamin D

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin D, terlebih jika Anda mengalami defisiensi vitamin D yang cukup parah. Namun ingat, konsultasikan dulu ke dokter dan tanyakan dosis suplemen yang tepat untuk kondisi kesehatan Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

Menurut penelitian, desahan wanita belum jadi jaminan kalau ia merasa cukup terangsang. Lalu apa artinya? Ini dia jawaban dari para ahli!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Anda perlu memberikan perawatan yang tepat untuk mencegah infeksi atau timbulnya komplikasi setelah sunat. Perhatikan panduannya berikut ini, ya.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Penelitian membuktikan, bahkan pria berumur 80 tahun pun masih mungkin memiliki kualitas sperma yang baik jika mengonsumis makanan penyubur sperma berikut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
fungsi testis

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit