Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Kegiatan Fisik yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil Trimester Ketiga

3 Kegiatan Fisik yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil Trimester Ketiga

Usia kehamilan yang sudah memasuki trimester 3, mungkin membuat Anda sedang giat mempersiapkan diri dan memperbanyak istirahat untuk menyambut hari persalinan. Namun, ini bukan berarti membatasi Anda untuk melakukan berbagai aktivitas fisik, selama aman dilakukan oleh ibu hamil. Memangnya, apa saja pilihan aktivitas fisik yang bisa dilakukan ibu hamil pada trimester 3?

Kenapa ibu hamil trimester 3 perlu melakukan aktivitas fisik?

nyeri ulu hati saat hamil

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, mungkin membuat Anda jadi lebih waspada dalam melakukan berbagai aktivitas. Meski begitu, sebenarnya kegiatan fisik aman untuk dilakukan selama kondisi kehamilan Anda normal dan tidak memiliki masalah apa pun.

Mengutip dari American College of Obstetricians and Gynecologist, aktivitas fisik tidak berkaitan dengan meningkatnya risiko keguguran. Bahkan, aktif bergerak setiap harinya tidak akan membuat Anda berisiko melahirkan bayi lebih cepat dari waktunya (prematur), maupun berat bayi lahir rendah (BBLR).

Hal sebaliknya justru dijelaskan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise. Ibu yang sedang hamil, termasuk pada trimester 3, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik.

Salah satu tujuannya untuk mendukung perkembangan bayi di dalam kandungan. Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan ibu hamil juga dapat mencegah terjadinya diabetes gestasional, preeklampsia, serta menjaga berat badan.

Pilihan aktivitas fisik untuk ibu hamil di trimester 3

olahraga saat hamil

Sebelum ibu hamil trimester 3 melakukan aktivitas fisik, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kondisi kesehatan tubuh dan kehamilan Anda nantinya akan memengaruhi jenis aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan.

Jika dokter sudah memberikan “lampu hijau”, Anda dapat melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kemampuan. Berikut pilihan aktivitas untuk dilakukan ibu hamil pada trimester 3:

1. Berjalan santai

Melakukan jalan santai bisa dibilang sebagai salah satu bentuk aktivitas fisik yang baik dilakukan oleh ibu hamil, tak terkecuali pada trimester 3. Jika dirasa memungkinkan, Anda bisa meningkatkan kecepatannya dengan jogging santai.

Akan tetapi, berlari bukanlah pilihan terbaik untuk dilakukan di masa akhir kehamilan seperti ini. Sebab bisa saja, Anda justru merasa tidak nyaman atau bahkan mengalami masalah kesehatan tertentu.

Selama melakukan jalan atau joging santai pun, sah-sah saja untuk memperlambat kecepatan maupun menghentikan kegiatan Anda saat tubuh merasa tidak nyaman.

2. Berenang

Selain dilakukan di darat, aktivitas fisik untuk ibu hamil trimester 3 juga bisa Anda lakukan di dalam air. Contohnya berenang atau kegiatan aerobik di dalam air.

Kabar baiknya, aktivitas ini bisa menjadi terapi untuk meredakan rasa tidak nyaman yang mungkin Anda alami saat hamil, khususnya pada kaki dan punggung. Ini dikarenakan air yang merendam tubuh ibu selama berenang, dapat membantu menghilangkan tekanan yang melelahkan pada kaki dan punggung.

Diperkuat oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Peer J, aktivitas fisik dengan intensitas sedang di dalam air diyakini dapat mempercepat waktu persalinan. Namun, meski dilakukan di dalam air, tapi aktivitas ini juga bisa menghasilkan keringat karena melibatkan pemakaian tenaga pada tubuh.

Hal ini serupa seperti ketika Anda melakukan kegiatan di darat. Jadi, sebaiknya lakukan kegiatan di dalam air secukupnya sesuai kemampuan Anda.

3. Melakukan olahraga low impact

Ada beberapa pilihan aktivitas fisik low impact yang manfaatnya sangat baik dilakukan oleh ibu hamil trimester 3. Ambil contohnya seperti yoga, pilates, hingga bersepeda.

Pasalnya, kesemua aktivitas tersebut melibatkan fungsi otot, sehingga membantu mendukung proses melahirkan nantinya. Secara khususnya, gerakan dari aktivitas fisik tersebut dapat memperkuat otot perut, memperbaiki postur tubuh, yang kemudian melancar proses mengejan.

Belum berhenti sampai di situ, sebuah penelitian dari jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice, menyatakan manfaat yoga untuk ibu hamil.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa yoga ternyata dapat meredakan rasa cemas dan depresi yang kerap dialami oleh ibu hamil, termasuk di trimester ketiga menjelang melahirkan. Dengan melakukan yoga secara rutin, kondisi mood maupun keluhan nyeri yang mungkin dialami oleh ibu hamil, bisa semakin membaik.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Safely Exercise in the Third Trimester of Pregnancy. https://www.healthline.com/health/pregnancy/safe-exercise-third-trimester Accessed on October 23rd, 2019.

Katja Borodulin., Kelly R. Evenson., Fang Wen., dkk. (2012). Physical Activity Patterns During Pregnancy. Medicine and Science in Sports and Exercise. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3319731/

Raquel Rodriguez-Blanque., Juan Carlos., Antonio Manuel., dan Maria Jose. (2019). Phsycal Activity During Pregnancy and Its Influence on Delivery Time: A Randomized Clinical Trial. Peer J. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6371916/

Tiffany Field., Miguel Diego., Jeanette Delgado., dan Lissette Medina. (2014). Tai Chi/Yoga Reduces Prenatal Depression, Anxiety and Sleep Disturbances. Complementary Therapies in Clinical Practice. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/nlmcatalog?term=%22Complement%20Ther%20Clin%20Pract%22[Title+Abbreviation] 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 02/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x