Profil Biofisik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Definisi

Apa itu profil biofisik?

Tes profil biofisik adalah tes untuk mengukur kesehatan bayi Anda (janin) dalam kandungan. Tes profil biofisik termasuk tes non-stress yang dilakukan dengan monitor elektronik jantung janin dan USG. Profil biofisik mengukur denyut jantung bayi, bentuk otot, pergerakan, pernafasan, dan jumlah cairan ketuban di sekitar bayi Anda.

Profil biofisik umumnya dilakukan di trimester akhir kehamilan. Jika kemungkinan ada masalah pada bayi Anda saat kehamilan (kehamilan berisiko tinggi), profil biofisik dapat dilakukan pada minggu ke 32-34 atau lebih cepat. Wanita dengan kehamilan berisiko tinggi dapat melakukan tes profil biofisik setiap minggu atau dua kali seminggu pada trimester ketiga.

Kapan saya harus menjalani profil biofisik?

Ibu dan bayi yang memerlukan perawatan medis khusus dan perhatian lebih membutuhkan profil biofisik. Tes ini adalah untuk mengecek kesehatan bayi Anda. Beberapa alasan dilakukan tes profil biofisik adalah:

  • diabetes
  • tekanan darah tinggi
  • bayi kecil atau bayi tidak tumbuh dengan baik
  • melewati tenggat waktu persalinan
  • terlalu banyak atau terlalu sedikit cairan di sekitar bayi

Tes profil biofisik biasanya dilakukan sekali atau dua kali seminggu. Anda akan dibuatkan janji untuk tes berikutnya.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani profil biofisik?

Profil biofisik termasuk tes non-stress dengan monitor elektronik jantung janin dan USG. Banyak tes, seperti tes stress kontraksi, dapat direkomendasikan jika hasil tes Anda tidak normal. Jika kemungkinan ada masalah pada bayi Anda saat kehamilan (kehamilan berisiko tinggi), profil biofisik dapat dilakukan setiap minggu atau dua kali seminggu selama 12 minggu terakhir kehamilan Anda. Profil biofisik dapat dilakukan setelah Anda mengalami insiden seperti terjatuh atau kecelakaan mobil. Dokter Anda akan merekomendasikan banyak tes selama sisa kehamilan Anda.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani profil biofisik?

Biasanya tidak memerlukan persiapan khusus untuk tes profil biofisik. USG kadang  dilakukan saat kandung kemih penuh, namun ini jarang terjadi. Jika demikian, Anda akan diminta untuk minum air atau cairan lain tepat sebelum tes dilakukan agar tidak buang air sebelum atau saat sedang melakukan tes. Biasanya tes pada wanita hamil di trimester ketiga tidak membutuhkan kandung kemih penuh.

Jika Anda merokok, Anda akan diminta untuk berhenti merokok selama 2 jam sebelum tes monitoring eksternal dilakukan karena merokok mengurangi aktivitas bayi Anda.

Bagaimana proses profil biofisik?

Tes Non-stress

Monitoring eksternal jantung janin akan mencatat detak jantung bayi Anda saat bergerak dan tidak bergerak. Hal ini biasanya dilakukan sebelum USG janin.

Monitoring eksternal dilakukan menggunakan dua perangkat (sensor) yang ditempatkan di atas sabuk elastik pada perut Anda. Satu sensor merefleksikan hasil (USG) denyut jantung bayi Anda. Sensor lainnya mengukur durasi kontraksi Anda. Sensor-sensornya terhubung ke mesin yang mencatat informasi. Denyut jantung bayi Anda dapat terdengar seperti suara ‘bip’ atau tertera pada grafik.

Jika bayi Anda bergerak atau Anda kontraksi, Anda dapat diminta untuk menekan tombol pada mesin. Denyut jantung bayi Anda terekam dan dibandingkan untuk catatan pergerakan atau kontraksi Anda. Tes ini biasanya dilakukan selama 30 menit.

USG Janin

Biasanya Anda tidak perlu melepas baju Anda untuk tes USG, Anda bisa mengangkat baju Anda atau menurunkan celana atau rok Anda. Jika Anda mengenakan gaun, Anda akan diberikan baju atau kertas sebagai penutup untuk digunakan selama tes.

Anda mungkin memerlukan kandung kemih penuh. Anda dapat diminta untuk minum 4-6 gelas cairan, biasanya jus atau air putih, sekitar sejam sebelum tes. Kandung kemih yang penuh membantu membawa gelombang suara dan mendorong usus keluar dari rahim. Ini membuat gambar USG lebih jelas.

Anda tidak akan bisa buang air sampai tes berakhir. Beri tahu pada ahli USG jika Anda sudah sangat tak tahan ingin buang air kecil hingga menimbulkan rasa sakit.

Jika USG dilakukan di akhir kehamilan, kandung kemih yang penuh tidak diperlukan. Janin yang sudah tumbuh besar akan mendorong usus keluar.

Anda akan berbaring telentang di atas meja pemeriksaan. Jika Anda sesak nafas atau keliyengan saat telentang, bagian atas tubuh Anda perlu dinaikkan atau Anda perlu berganti posisi. Sebuah jel akan dioleskan di perut Anda.

Alat genggam kecil yang disebut transducer akan ditekan pada jel di atas kulit Anda dan bergerak ke seluruh perut Anda beberapa kali. Anda dapat melihat monitor untuk melihat janin Anda saat tes.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani profil biofisik?

Ketika tes ini selesai, jel dibersihkan dari kulit Anda. Anda bisa segera buang air kecil setelah tes ini dilakukan. USG perut memakan waktu sekitar 30-60 menit.

Petugas USG biasanya terlatih dalam memperlihatkan janin dalam kandungan Anda, tapi ia tidak bisa mengatakan kepada Anda apakah janin Anda terlihat normal atau tidak. Dokter Anda akan memberikan informasi ini pada Anda setelah gambar USG telah diteliti oleh radiologist atau perinatologist.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Skor 8-10 poin artinya bayi Anda sehat. Skor 6-8 poin artinya Anda memerlukan tes ulang dalam 12-24 jam. Skor 4 atau kurang dapat berarti bayi Anda memiliki masalah. Tes lebih lanjut akan direkomendasikan.

Profil biofisik
PengukuranNormal (2 poin)Abnormal (0 poin)
Tes Non-stressKenaikan denyut jantung 2 kali atau lebih, dari setidaknya 15 denyut permenit. Setiap peningkatan berlangsung selama 15 detik atau lebih dan terlihat dengan gerakan.Hanya 1 kali peningkatan denyut jantung yang terdeteksi, atau denyut jantung tidak meningkat lebih dari 15 denyut dengan gerakan.
Gerakan Bernafas1 atau lebih gerak bernafas setidaknya 60 detik.Gerakan bernafas kurang dari 60 detik, atau tidak terlihat bernafas.
Gerakan Tubuh3 atau lebih gerakan pada tangan, kaki, atau tubuhKurang dari 3 gerakan pada tangan, kaki, atau tubuh
Ukuran OtotFungsi otot tangan dan kaki sudah bekerja dan kepala menyandar di atas dada. Terlihat 1 atau lebih ekstensi dan gerakan otot, seperti tangan membuka atau menutup.Janin merentangkan tubuh pelan-pelan dan kembali ke posisi semula hanya setengah jalan.

Janin merentangkan tubuh tapi tidak dapat kembali ke posisi normal.

Tangan, kaki, atau tulang punggung terbuka, atau tangan terbuka.

Volume cairan ketuban (Indeks cairan ketuban)Satu atau lebih kantung cairan ketuban terlihat dalam rahim, masing-masing setidaknya 1 cm lebar dan panjang.

Indeks cairan ketuban adalah antara 5 cm dan 24 cm.

Tidak cukup cairan ketuban terlihat pada rahim.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Merawat Kaki Pecah-Pecah Agar Kembali Mulus, Ini Caranya

    Merawat kaki pecah-pecah tergolong mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Simak tips sederhana yang bisa langsung Anda lakukan sekarang.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Hipertrikosis, Kelainan Langka yang Membuat Sekujur Tubuh Ditumbuhi Bulu Lebat

    Hypertrichosis alias sindrom werewolf, adalah kondisi yang ditandai dengan tumbuhnya rambut lebat dan berlebih di sekujur tubuh. Apa sebabnya?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

    Saat perut kosong, jangan sembarang memilih santapan. Ada beberapa jenis makanan dan minumanyang tidak boleh dimakan saat perut kosong.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Fakta Gizi, Nutrisi 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

    Memanjangkan kuku seringkali menjadi pilihan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri. Namun, kuku yang panjang ternyata memiliki segelintir risiko.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    jadwal mpasi 6 bulan

    Pedoman Jadwal MPASI Bayi 6-11 Bulan yang Paling Ideal

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
    flek saat hamil

    Belum Waktunya Haid Tapi Muncul Bercak Kecokelatan, Apa Penyebabnya?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
    perbedaan sakit pinggang haid dan hamil

    Cara Membedakan Sakit Pinggang Karena Haid dan Hamil

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
    manfaat peterseli

    Kaya Antioksidan dan Penuh Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Peterseli

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit