backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Merk Obat Keputihan yang Ampuh untuk Ibu Hamil

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    7 Merk Obat Keputihan yang Ampuh untuk Ibu Hamil

    Tidak sedikit ibu yang mengaku mengalami keputihan selama kehamilan. Ada banyak penyebab keputihan saat hamil salah satunya karena perubahan hormon. Tentunya, obat keputihan untuk ibu hamil harus disesuaikan dengan penyebabnya jangan sampai salah pilih. Nah, kami memiliki rekomendasi merk obat keputihan untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan di apotik berikut ini.

    Cara memilih merk obat keputihan untuk ibu hamil

    Keputihan bukan hal yang tidak akan ibu hamil alami. Bahkan jumlah keputihan yang lebih banyak saat hamil adalah hal yang normal terjadi.

    Mengutip Pregnancy Birth & Baby, saat hamil, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena kandidiasis vagina atau vaginosis bakterial, yang dapat menyebabkan keputihan yang tidak biasa.

    Dokter biasanya akan meresepkan obat untuk mengatasi keputihan yang Anda bisa di apotik, seperti clotrimazole, miconazole, dan terconazole.

    Biasanya, obat-obatan tersebut hadir dalam sediaan kapsul, tablet, dan ovula atau tablet vagina.

    Rekomendasi merk obat keputihan untuk ibu hamil

    keputihan saat hamil

    Perlu diketahui, pada umumnya pengobatan keputihan saat hamil tidak memerlukan penanganan khusus dari dokter.

    Anda bisa mengonsumsi atau menggunakan obat keputihan yang aman untuk ibu hamil dan tersedia di apotek, berikut ini rekomendasi merk yang bisa menjadi pilihan.

    1. Neo Gynoxa Ovula

    Neo Gynoxa Ovula adalah merk obat keputihan untuk ibu hamil yang mengandung Metronidazole dan Nystatin.

    Obat ini dapat Anda gunakan untuk mengobati infeksi pada area vagina yang disebabkan oleh trichomonas vaginalis dan candida albicans.

    Biasanya, dosis Neo Gynoxa Ovula adalah satu ovula per hari, selama 7 hingga 10 hari.

    Kemungkinan efek samping mungkin akan terjadi. Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi sesuai dengan aturan pakai dalam kemasan atau petunjuk dokter. 

    Nomor registrasi BPOM: DKL0711637550A1

    2. Nystatin Tablet Vagina

    Nystatin Tablet Vagina adalah obat yang mengandung Nystatin, yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada vagina, seperti Candidiasis. 

    Obat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan dan merusak sel jamur Candida.

    Meskipun dalam studi terkontrol nystatin pada ibu hamil tidak menunjukkan adanya risiko yang berbahaya bagi janin, tapi pastikan mengonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter.

    Menurut jurnal Official Publication of The College of Family Physicians of Canada, dosis nistatin yang dianjurkan selama kehamilan adalah 100.000 unit secara intravaginal sekali sehari selama 2 minggu.

    Sebelum menggunakan, ovula biasanya dibasahi untuk mempercepat penghancuran obat kemudian dimasukkan ke dalam vagina.

    Nomor registrasi BPOM: GKL8919909318A1

    3. Flagystatin Ovula

    Rekomendasi selanjutnya merk obat keputihan yang bisa ibu hamil temukan di apotik, yakni Flagystatin Ovula. Seperti halnya Nystatin, merk obat ini hadir dalam sediaan tablet.

    Obat keputihan merk Flagystatin Ovula ini digunakan untuk mengobati infeksi vagina yang disebabkan oleh trichomonas vaginalis dan candida albicans, yang sering menjadi penyebab keputihan saat hamil.

    Anda cukup masukkan 1 ovula ke dalam vagina pada malam hari sebelum tidur. Jika perlu, basahi ovula terlebih dahulu supaya lunak sesaat sebelum dimasukkan ke dalam vagina.

    Nomor registrasi BPOM: DKL0121201550A1

    4. Refreshing Feminine Wash Mama’s Choice

    Refreshing Feminine Wash Mama’s Choice mengandung kombinasi organic green tea, Lotus, dan prebiotik yang aman untuk bumil dan busui. 

    Selain itu, merk obat keputihan yang aman untuk ibu hamil ini mengklaim efektif untuk mengurangi gatal akibat keputihan dan menjaga keseimbangan bakteri baik pada area kewanitaan.

    Gunakan pada area kewanitaan saat mandi, kemudian bersihkan dari area depan ke belakang dan bilas hingga bersih.

    Nomor registrasi BPOM: NA18221600126

    5. Lactacyd All Day Care Feminine Wash

    Sering kali rasa gatal yang muncul akibat keputihan membuat area kewanitaan jadi iritasi

    Beruntung, Lactacyd All Day Care Feminine Wash hadir untuk membantu membersihkan dan melindungi area kewanitaan dari gatal serta iritasi.

    Terbuat dari ekstrak susu alami, merk obat keputihan untuk ibu hamil ini memiliki formula yang ringan dan wanginya lembut.

    Selain itu, obat ini aman untuk digunakan sehari-hari karena terdapat pH yang sesuai dengan pH alami area kewanitaan, sehingga dapat menjaga pertumbuhan bakteri baik.

    Nomor registrasi BPOM: NA54231600003

    6. Metronidazole

    Metronidazole adalah obat antibiotik untuk mengobati infeksi di berbagai organ tubuh termasuk saluran kemih dan kelamin wanita.

    Keunggulan Metronidazole dalam mengatasi keputihan pada ibu hamil terletak pada kemampuannya menghambat pembentukan protein yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan mikroba, termasuk bakteri dan parasit. 

    Obat ini berbentuk ovula khusus digunakan untuk mengobati infeksi lokal pada vagina dan bisa digunakan sebagai obat keputihan gatal.

    Nomor registrasi BPOM: GKL9402319110A1

    7. Sebamed Feminine Intimate Wash

    Anda sudah familiar dengan brand yang satu ini? Ya, Sebamed tidak hanya terkenal dengan beragam produk terbaik untuk kesehatan kulit, tetapi juga hadir Feminine Intimate Wash yang aman untuk ibu hamil. 

    Produk ini mengandung Aloe Vera dan Bisabolol yang bergunan untuk menstabilkan kelembapan bagian intim sekaligus memperkuat perlindungan alami terhadap mikroorganisme patogen penyebab bau tidak sedap pada vagina.

    Dengan pH 3.8 yang sesuai dengan bagian intim wanita, Sebamed Feminine Intimate Wash baik digunakan pada saat hamil dan setelah melahirkan untuk mencegah vaginitis, iritasi, gatal-gatal akibat keputihan.

    Nomor registrasi BPOM: NC16111600084 

    Itulah rekomendasi merk obat yang bisa ibu hamil gunakan untuk mengatasi keputihan. Jika dirasa keputihan sudah cukup mengganggu, jangan ragu untuk periksakan ke dokter.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan