Amankah Pakai Obat Jerawat Saat Hamil?

Oleh

Beberapa ibu hamil mungkin mempunyai keluhan jerawat saat hamil. Hal ini adalah normal dan sering terjadi pada ibu hamil. Jerawat bisa muncul saat hamil karena pengaruh hormon kehamilan. Hal ini pastinya membuat ibu sangat tidak nyaman akan penampilannya. Untuk mengobatinya, ibu mungkin akan menggunakan obat jerawat. Namun, apakah penggunaan obat jerawat saat hamil itu baik? Hati-hati.

Bolehkah mengatasi jerawat saat hamil dengan obat?

Mengatasi jerawat saat hamil bukan merupakan hal yang mudah. Mengapa? Karena banyak obat jerawat yang justru tidak boleh digunakan saat hamil. Beberapa obat jerawat dapat membawa dampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim, bahkan bisa menyebabkan janin cacat lahir.

Sebaiknya, hindari pemakaian obat jerawat di bawah ini saat Anda hamil:

  • Isotretinoin, biasa ditemukan dalam Accutane. Merupakan salah satu kandungan obat jerawat yang sebaiknya Anda hindari karena dapat menyebabkan bayi cacat lahir. Selain itu, obat ini juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan kematian bayi.
  • Retinoid topikal atau tretinoin, adapalene, dan tazarotene juga sebaiknya dihindari. Sama seperti isotretinoin, obat ini juga dapat menyebabkan bayi cacat lahir. Obat-obatan ini dapat masuk ke dalam aliran darah bayi.
  • Tetracycline, doxycycline, dan minocycline. Obat jerawat dengan kandungan tersebut dapat merusak hati (liver) ibu hamil. Selain itu pada bayi, obat ini juga dapat menghambat pertumbuhan tulang dan merusak warna gigi bayi.
  • Terapi hormon, termasuk hormon estrogen dan anti-androgen flutamide dan spironolactone juga sebaiknya dihindari. Obat jerawat ini juga dapat menyebabkan bayi cacat lahir.

Bagaimana mengatasi jerawat saat hamil tanpa obat?

Jerawat saat hamil merupakan kondisi alami yang bisa saja terjadi pada siapa saja. Biasanya, jerawat akan hilang ketika hormon dalam tubuh Anda kembali normal. Jadi, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan jerawat Anda saat hamil.

Hal yang harus Anda lakukan sekarang adalah menghindari pemakaian obat jerawat karena ini tidak baik bagi janin Anda. Lalu, untuk mengatasi jerawat Anda, Anda disarankan untuk memakai cara-cara alami yang tidak menggunakan obat. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Cuci muka Anda dengan sabun ringan atau pembersih yang bebas minyak dan bebas alkohol sebanyak dua kali sehari.
  • Jangan menggosok wajah dengan kuat saat mencuci muka karena dapat menyebabkan iritasi kulit sehingga jerawat bisa menjadi lebih buruk. Cuci muka Anda dengan lembut.
  • Setelah mencuci muka, bilas dengan air hangat. Untuk mengeringkan wajah, sebaiknya tepuk-tepuk wajah Anda dengan kain secara lembut.
  • Jangan menekan atau menggosok jerawat. Hal ini justru dapat membuat jerawat Anda bertambah buruk dan dapat menimbulkan jaringan parut.
  • Jangan membersihkan wajah Anda terlalu sering. Hal ini justru dapat merangsang kelenjar minyak dalam kulit keluar secara berlebihan.
  • Jika Anda menggunakan pelembab, sebaiknya pilih yang bebas minyak.
  • Jika Anda menggunakan makeup, gunakan produk makeup yang berbahan dasar air dan bebas minyak. Pilih juga yang berlabel “noncomedogenic” atau “nonacnegenic”. Label ini menerangkan bahwa produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
  • Jangan lupa untuk membersihkan makeup Anda sebelum beranjak tidur.
  • Hindari memegang wajah dengan tangan karena terdapat banyak bakteri pada tangan Anda. Memegang wajah dengan tangan hanya akan membuat jerawat Anda bertambah buruk.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca