Pil KB Ternyata Bisa Membuat Kulit Cantik Bebas Jerawat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Selain mencegah terjadinya kehamilan, ada banyak manfaat pil KB bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat membuat kulit cantik, sebab pil KB secara efektif membersihkan kulit wajah dari jerawat sehingga kulit menjadi lebih halus. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya.

Pil KB seperti apa yang membuat kulit cantik dan bebas jerawat?

Pil KB memang dipergunakan untuk mencegah kehamilan, namun secara tidak langsung penggunaan pil KB juga membuat kulit menjadi lebih halus dari sebelumnya. Pil kontrasepsi mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron yang bekerja untuk menghambat hormon alami tubuh, supaya mencegah kehamilan.

Dilansir dari Huffington Post, hormon androgen (hormon seks seperti testosteron pada wanita) memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum (minyak) lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Sebum ini akan menghalangi pori-pori sehingga kotoran lebih mudah terjebak dan akhirnya menjadi jerawat.

Pada wanita yang mengonsumsi pil KB, kandungan hormon yang terdapat di dalamnya membantu menurunkan kadar androgen, sehingga produksi minyak menjadi lebih terkendali. Ini mencegah pertumbuhan jerawat sehingga membuat kulit Anda lebih bersih dari sebelumnya.

Namun, tidak semua pil KB memiliki efek yang sama pada kulit. Pil KB yang mengandung progesteron saja dan berbasis androgenik malah dapat memicu pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu, pil kontrasepsi yang Anda pilih untuk mencegah kehamilan sekaligus menghambat pertumbuhan jerawat adalah pil kombinasi yang mengandung progestin (progesteron buatan) antiandrogenik. Pil tersebut mengandung androgenik rendah sehingga efektif untuk mengatasi jerawat.

Dilansir dari WebMD, Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat atau FDA telah menyetujui beberapa kandungan jenis pil KB untuk membantu mengatasi jerawat, seperti:

  • Kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan norgestimete.
  • Kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan norethisterone.
  • Kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan drospirenon.

Beberapa uji klinis telah menunjukkan bahwa wanita yang minum pil KB kombinasi dapat mengurangi jerawat meradang dan menekan pertumbuhan jerawat sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan pil KB untuk mengatasi jerawat?

Manfaat dari pil KB untuk memberikan kulit cantik bebas dari jerawat tidak bisa langsung Anda rasakan dalam waktu cepat. Biasanya dibutuhkan waktu setidaknya tiga sampai empat bulan sampai hasilnya terlihat. Bahkan, pada beberapa orang butuh satu tahun untuk mendapatkan manfaat penuh mengatasi jerawat dari penggunaan pil kontrasepsi tersebut.

Penggunaan pil KB juga harus konsisten, bila Anda sudah cocok dengan penggunaan satu jenis atau merek pil kontrasepsi, sebaiknya tidak perlu mencoba jenis atau merek lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ubahlah menu makanan dengan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, mengurangi karbohidrat, gluten, dan produk susu, untuk menurunkan kadar insulin dan hormon androgen. Menjaga kebersihan kulit dengan cara yang tepat juga membantu memaksimalkan kulit Anda agar tetap sehat, cerah, dan terbebas dari jerawat.

Apakah berhenti minum pil KB akan berefek pada kulit?

Berhenti menggunakan pil KB memungkinkan jerawat akan tumbuh kembali karena kondisi kulit yang dipengaruhi oleh hormon akan kembali seperti semula. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bila Anda ingin menghentikan penggunaan pil KB.

Jika Anda punya pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi dokter atau bidan.

L.ID.MKT.WH.08.2018.187

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk di leher. Jika Anda bingung mengapa jerawat bisa muncul di leher, berikut informasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 29/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Kenali Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jerawat di dahi atau jidat mungkin membuat tidak percaya diri. Yuk segera cari tahu penyebab, cara mengatasi, plus cara mencegahnya muncul di kemudian hari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 26/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Daftar Antibiotik yang Ampuh untuk Mengobati Jerawat

Jerawat ternyata bisa disembuhkan dengan antibiotik. Namun, apa saja antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat? Lihat daftarnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Kulit, Jerawat 24/01/2020 . Waktu baca 6 menit

Life Hack Menutupi Bekas Jerawat Membandel

Cara menutupi bekas jerawat dapat dilakukan secara mudah dengan post acne gel dan green color corrector. Ikuti cara mengaplikasikannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Jerawat, Health Centers 13/01/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bolehkah suntik kb saat puasa

Bolehkah Melakukan Suntik KB Saat Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . Waktu baca 3 menit
air garam untuk jerawat

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020 . Waktu baca 4 menit
kb non hormonal

Pilihan Kontrasepsi Non Hormonal yang Bisa Anda Gunakan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 12/03/2020 . Waktu baca 6 menit
kb mencegah kehamilan secara alami

KB Alami, Mencegah Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 05/03/2020 . Waktu baca 8 menit