Berapa Lama Pengobatan Kanker Biasanya Berlangsung?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pengobatan kanker payudara terdiri dari kemoterapi, operasi, dan radiasi. Ketiganya bertujuan untuk mengurangi atau menghancurkan sel kanker di dalam tubuh. Lantas, seberapa lama pengobatan kanker payudara berlangsung? Apakah Anda masih bisa beraktivitas seperti biasa meski sedang berobat?

Lama pengobatan kanker payudara tergantung dari jenis terapinya

Sebenarnya, tak ada patokan yang pasti berapa lama rentang waktu pengobatan kanker payudara dari awal sampai akhir. Lama waktu berobat akan tergantung dengan jenis pengobatannya, kondisi tubuh, dan stadium kanker masing-masing pasien. Semakin cepat kanker didiagnosis, maka tingkat kesembuhannya akan lebih cepat dan baik bila diobati.

1. Operasi

Setiap operasi memiliki durasi serta waktu pemulihan yang berbeda-beda. Berikut adalah waktu yang dibutuhkan pada masing-masing prosedur operasi dalam pengobatan kanker payudara: 

  • Lumpektomi adalah tindakan medis yang hanya bertujuan untuk mengangkat kelenjar di sekitar payudara. Biasanya operasi ini tidak terlalu besar, sehingga dalam banyak kasus, pasien dapat pulang di hari itu juga. Pemulihan membutuhkan waktu sebanyak 7-14 hari.
  • Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. Tentunya, tindakan medis ini lebih besar ketimbang lumpektomi, sehingga Anda akan diminta untuk tetap di rumah sakit satu atau dua hari setelah operasi. Waktu pemulihan yang dibutuhkan juga lebih lama, yaitu sekitar 1-3 minggu.
  • Rekonstruksi payudara, yaitu tindakan medis yang dilakukan untuk memperbaiki atau membentuk kembali payudara setelah dilakukan pengangkatan. Operasi ini memiliki rentang waktu pemulihan yang lebih panjang, tergantung dengan kondisi masing-masing pasien

2. Kemoterapi

Kemoterapi dosis rendah biasanya membutuhkan waktu pengobatan sekitar 12 minggu. Setiap siklus kemoterapi akan diberikan setiap 1-2 minggu sekali. Sehingga, kalau Anda dijadwalkan untuk menjalani 4 siklus kemoterapi, maka waktu yang dibutuhkan adalah 3 bulan – ini adalah perkiraan waktu tercepat.

Hal ini belum termasuk tambahan waktu yang Anda butuhkan jika kondisi kesehatan tubuh turun, sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk pemulihan. Sekali lagi, pengobatan kanker payudara  sangat tergantung dengan kondisi kesehatan serta perkembangan kanker yang Anda miliki.

kemoterapi, obat kanker pada pasien obesitas

3. Radiasi

Lama waktu pengobatan kanker payudara lewat radioterapi tergantung dari berapa banyak sesi terapi Anda dapatkan. Dalam beberapa kasus kanker payudara, terapi radiasi sebanyak 33 kali biasanya akan dilakukan selama 5 hari berturut-turut dan berlanjut hingga ke minggu berikutnya.

Untuk mengetahui jadwal dan berapa banyak terapi radiasi yang Anda dapatkan, sebaiknya tanyakan pada dokter yang menangani Anda.

Jadi, berapa lama total waktu yang dibutuhkan dalam pengobatan kanker payudara?

Semakin dini sel kanker ditemukan pada tahap awal, maka lama waktu pengobatannya akan semakin cepat. Sebaliknya, semakin parah kondisi kanker yang dimiliki, maka semakin banyak dan lama juga serangkaian pengobatan yang harus dilakukan.

Rata-rata pengobatan kanker membutuhkan waktu tahunan hingga pasien dinyatakan sembuh total. Jadi, jika memang Anda mulai menjalani pengobatan, persiapkan diri Anda untuk menghadapi waktu pengobatan dan pemulihan yang cukup lama. Jika Anda ragu, konsultasikan dan tanyakan segala hal yang berhubungan dengan pengobatan kanker Anda dengan dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca