Hiperglikemia

Oleh

  1. Definisi

Apa itu hiperglikemia?

Kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) mempengaruhi orang-orang yang memiliki diabetes. Beberapa faktor dapat berkontribusi untuk hiperglikemia pada orang dengan diabetes, termasuk makanan dan pilihan aktivitas fisik, penyakit, obat non-diabetes, melewati atau tidak minum cukup obat penurun glukosa.

Sangat penting untuk mengobati hiperglikemia, karena jika tidak ditangani, hiperglikemia dapat menjadi parah dan menyebabkan komplikasi serius yang memerlukan perawatan darurat, seperti koma diabetik. Dalam jangka panjang, hiperglikemia yang dibiarkan, bahkan jika tidak parah, dapat menyebabkan komplikasi yang mempengaruhi mata, ginjal, saraf dan jantung.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Tanda-tanda dan gejala hiperglikemia adalah sebagai berikut:

  • Glukosa darah tinggi
  • Tingginya kadar gula dalam urin
  • Sering buang air kecil
  • Mudah haus

Bagian dari pengelolaan diabetes adalah rutin melakukan pemeriksaan glukosa darah. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus memeriksa dan berapa kadar glukosa darah Anda seharusnya.

Pemeriksaan darah dan pengobatan dini glukosa darah tinggi akan membantu Anda menghindari masalah yang terkait dengan hiperglikemia.

  1. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda memiliki diabetes dan melihat salah satu tanda-tanda awal dari gula darah tinggi, lakukan tes gula darah dan hubungi dokter. Dokter akan meminta hasil dari beberapa pemeriksaan. Ia bisa merekomendasikan perubahan berikut:

  • Minum lebih banyak air. H20 membantu menghilangkan kelebihan gula dari darah Anda melalui urin, dan membantu Anda menghindari dehidrasi.
  • Olahraga rutin. Olahraga dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda. Tapi dalam kondisi tertentu, dapat membuat gula darah menjadi ¬†lebih tinggi. Tanyakan kepada dokter Anda apa jenis olahraga yang tepat untuk Anda.

Perhatian: Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 dan gula darah Anda tinggi, Anda perlu melakukan pemeriksaan keton dalam urin Anda. Bila Anda memiliki keton, jangan berolahraga. Jika Anda memiliki diabetes tipe 2 dan gula darah Anda tinggi, Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada keton dalam urin Anda dan bahwa Anda terhidrasi dengan baik. Maka dokter mungkin memberikan izin untuk berolahraga dengan hati-hati selama Anda merasa sanggup melakukannya.

Ubah kebiasaan makan Anda. Anda mungkin perlu untuk bertemu dengan ahli gizi untuk mengubah jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Gantipengobatan. Dokter Anda dapat mengubah jumlah, waktu, atau jenis obat diabetes yang Anda konsumsi. Jangan melakukan perubahan tanpa berbicara dengan dokter Anda.

Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 dan gula darah Anda lebih dari 250 mg / dL, dokter Anda mungkin ingin Anda menjalani uji keton dalam urine atau darah.

Perawatan Darurat untuk Hiperglikemia Parah

Jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala ketoasidosis diabetik dan sindrom hiperglikemik hiperosmolar, Anda mungkin harus dirawat di ruang gawat darurat di rumah sakit. Perawatan darurat dapat menurunkan gula darah Anda ke kisaran normal.

Kapan saya harus ke dokter?

Pergi ke rumah sakit segera jika:

  • Anda sakit dan tidak bisa mengonsumsi makanan atau cairan
  • Kadar glukosa darah Anda secara terus-menerus di atas 240 mg / dL (13 mmol / L) dan Anda memiliki keton dalam urin Anda

Periksakan diri ke dokter jika:

  • Anda mengalami diare atau muntah yang sedang berlangsung, tetapi Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan atau minuman
  • Anda mengalami demam yang berlangsung lebih dari 24 jam
  • Glukosa darah Anda lebih dari 240 mg / dL (13 mmol / L) meskipun Anda telah mengonsumsi obat diabetes Anda
  • Anda memiliki kesulitan menjaga kadar glukosa darah Anda dalam rentang yang diinginkan
  1. Pencegahan

Tindakan terbaik adalah dengan melatih manajemen diabetes yang baik dan belajar bagaimana mendeteksi hiperglikemia sehingga Anda dapat mengatasinya sejak dini sebelum memburuk.

Berikut saran dapat membantu menjaga gula darah Anda dalam rentang target Anda:

  • Ikuti rencana makanan diabetes Anda. Jika Anda mengonsumsi insulin atau obat diabetes oral, penting bahwa Anda harus konsisten tentang jumlah dan waktu Anda untuk makan berat dan ringan. Makanan yang Anda makan harus seimbang dengan insulin yang ¬†bekerja dalam tubuh Anda.
  • Awasi kadar gula darah Anda. Tergantung pada rencana pengobatan Anda, Anda dapat memeriksa dan mencatat tingkat gula darah Anda beberapa kali seminggu atau beberapa kali sehari. Pemantauan secara saksama adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa tingkat gula darah Anda tetap dalam jangkauan target. Buat catatan saat pembacaan glukosa Anda berada di atas atau di bawah kisaran tujuan Anda.
  • Konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Sesuaikan obat Anda jika Anda mengubah aktivitas fisik Anda. Penyesuaian tergantung pada hasil tes gula darah dan pada jenis dan durasi aktivitas.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca