4 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Air kelapa mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari menyegarkan tubuh di kala haus,  menambah elektrolit tubuh, bahkan dapat membantu menyembuhkan penyakit. Namun, air kelapa muda juga baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat air kelapa yang bisa kita dapatkan?

Kandungan air kelapa

Tidak salah kalau ada segudang manfat air kelapa muda bagi kesehatan karena kandungan zat gizi di dalamnya sangat baik bagi tubuh. Air kelapa mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa mempunyai kalori yang sangat rendah, juga rendah natrium, dan mengandung kalium yang tinggi daripada minuman olahraga, bahkan lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang.

Air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan dengan banyak minuman olahraga lain, minuman soda, dan beberapa jus buah. Selain itu, air kelapa juga bebas lemak dan kolesterol. Tidak salah jika beberapa atlet lebih memilih untuk minum air kelapa dibandingkan minuman olahraga saat latihan. Ternyata memang kandungannya lebih baik daripada minuman olahraga.

Selain itu, air kelapa juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam air kelapa, yaitu vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat, serta vitamin C tetapi kandungan vitamin C dalam air kelapa hanya sedikit, sekitar 2,4 mg. Kandungan mineral dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Kandungan mineral dalam air kelapa lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Manfaat air kelapa muda

1. Memperlambat penuaan

Manfaat air kelapa muda bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jika Anda ingin awet muda, minum air kelapa mungkin menjadi salah satu caranya.

2. Mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol

Seperti dilansir dari bodyandsoul, penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi. Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya.

4. Lebih baik daripada minuman olahraga (sports drink)

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Namun, untuk mengembalikan hidrasi agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak. Seperti dilansir webmd, menurut ahli gizi olahraga, Nancy Clark, air kelapa tidak akan mengembalikan hidrasi tubuh kecuali diminum dalam jumlah banyak. Selain itu, risiko untuk merasa mual, kenyang, dan sakit perut juga lebih sedikit jika minum air kelapa dibandingkan minuman olahraga.

Itulah beberapa manfaat air kelapa muda. Tubuh jauh lebih segar setelah minum air kelapa, bukan? Kandungan elektrolit di dalamnya mampu menggantikan elektrolit yang hilang ketika beraktivitas. Air kelapa dibentuk dari proses alami dalam buah kelapa sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan minuman lain yang dibuat oleh industri. Air kelapa ini dapat menjadi alternatif minuman yang dapat menyehatkan tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Mencegah Anemia yang Perlu Anda Lakukan

Salah satu upaya pencegahan anemia yang umum adalah konsumsi zat besi. Namun, tak hanya itu, ada vitamin dan cara lain yang juga dapat mencegah anemia.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

Konsumsi alkohol ternyata memengaruhi kondisi jantung Anda. Lantas, apa pengaruh baik dan buruk minum alkohol untuk kesehatan jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Jantung, Kesehatan Jantung 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

Apa yang membuat beras merah selalu diyakini lebih baik dari beras putih? Dan apakah benar beras merah dapat membantu menurunkan berat badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nyeri atau sakit punggung

Nyeri Punggung, Ketahui Penyebab Hingga Pengobatan yang Efektif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
makanan untuk yang kurang tidur

Berbagai Makanan yang Perlu Dikonsumsi Jika Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
sumber karbohidrat paling sehat

Nasi, Mie, Pasta, dan Roti: Sumber Karbohidrat Mana yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit