Tips Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit Wajah

Oleh

Foundation, alias alas bedak, adalah produk kosmetik yang bertindak seperti alas guna mempersiapkan wajah untuk aplikasi makeup yang sempurna. Alas bedak dimaksudkan untuk meratakan warna kulit dan membuat tekstur kulit lebih halus dengan mengisi pori-pori dan menutupi setiap kemerahan atau perubahan warna kulit Anda.

BACA JUGA: 5 Bahan yang Bisa Dijadikan Makeup Remover Alami

Menemukan produk makeup yang tepat dapat menjadi pengalaman yang membingungkan karena begitu banyaknya merek dan keunggulan produk yang ditawarkan di pasaran. Artikel ini akan membahas tuntas tentang semua jenis formulasi foundation sehingga Anda dapat menemukan yang terbaik untuk Anda.

Mengenal berbagai jenis formulasi makeup foundation

Ada berbagai macam makeup foundation tersedia dalam berbagai formula, warna, coverage (daya tutup yang diberikan produk), dan komposisi. Pada dasarnya, semua produk alas bedak terletak dalam 3 kategori utama: cair, krim, dan bubuk. Jenis lainnya hanya variasi dari 3 tipe dasar tersebut.

Foundation cair

Foundation cair adalah yang paling ringan dan termasuk paling mudah untuk dipulas pada wajah. Kedua faktor inilah yang membuat formulasi cair menjadi pilihan alas bedak yang paling populer. Foundation cair berbaur dengan sangat baik di kulit dan sekaligus mempertahankan kelembapan di dalam kulit. Foundation jenis ini dapat dipakai langsung dengan ujung-ujung jari, menggunakan spons make up, atau kuas khusus foundation. Foundation cair tersedia sebagai cairan kental yang dikemas dalam botol pompa, atau tabung spray.

Alas bedak cair tersedia dalam berbagai warna bersama dengan formula berbasis minyak (oil-based) atau air (water-based) yang sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Foundation berbasis minyak lebih cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan keriput, sedangkan yang berbasis air lebih cocok digunakan mereka dengan kulit berminyak, normal, atau kombinasi.

Varian lain dari foundation cair termasuk BB dan CC cream, dan pelembab berwarna (tinted moisturizer). Jenis ini memiliki coverage yang paling ringan dari semua foundation cair tetapi menampilkan polesan makeup yang paling alami.

Foundation krim

Foundation krim diformulasikan terutama untuk kulit normal dan sangat kering karena mengandung minyak dan bertekstur tebal dan lembut yang dapat menyatu sempurna dengan kedua jenis kulit ini sehingga membuat kulit terasa lembab dan kenyal. Alas bedak krim biasanya tersedia dalam kemasan pot kecil, stick padat, dan botol tabung. Foundation krim paling baik dipulas ke wajah menggunakan spons makeup lembap. Foundation krim juga dapat digunakan sebagai concealer.

Berkat teksturnya yang tebal, alas bedak ini menawarkan coverage yang lebih menyeluruh sehingga mampu menutupi semua ketidaksempurnaan kulit dan memberikan ekstra kelembapan dibandingkan versi cairnya. Namun, tekstur beratnya dapat dengan mudah menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

BACA JUGA: Kedaluwarsa Kosmetik: Kapan Kita Harus Buang Makeup?

Varian lain dari foundation krim termasuk mousse foundation. Foundation mousse adalah alas bedak berbasis air yang ringan dan cepat kering — terdiri dari campuran dari bubuk dan pelembab. Mousse foundation memberikan tampilan akhir matte (tidak mengkilap) yang lebih alami untuk kulit. Formulasi mousse cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Foundation bubuk

Alas bedak bubuk alias powder foundation tersedia dalam bentuk loose powder (bubuk super halus) maupun bedak padat. Alas bedak tipe ini sangat kering dan hampir tanpa air sama sekali. Dengan formula bubuk, Anda dapat mencapai tampilan apapun yang Anda inginkan, mulai dari tampilan alami hingga penampilan yang sangat dramatis. Foundation bubuk lebih mudah digunakan daripada jenis lainnya, itu sebabnya jenis ini adalah pilihan yang lebih tepat untuk Anda yang tidak terbiasa menggunakan makeup atau yang baru mulai belajar memulas makeup.

Alas bedak bubuk paling cocok untuk orang-orang dengan kulit berminyak dan normal, dan mereka yang memiliki kulit kering atau dewasa harus menghindari ini. Poleskan loose powder dengan kuas dengan bulu sikat alami, semakin lembut dan tebal bulunya akan semakin baik hasil akhirnya. Sementara itu, jika Anda menggunakan bentuk bedak padat, tampilan makeup Anda akan lebih sempurna jika foundation diaplikasikan dengan spons lembap.

BACA JUGA: 9 Kesalahan Memakai Makeup yang Dilakukan Banyak Wanita

Varian lainnya adalah mineral foundation. Mineral foundation terbuat dari batu mineral bumi yang melalui proses penumbukan dan penggilingan sehingga teksturnya berubah menjadi bubuk super halus. Jenis ini merupakan produk alami dan aman untuk semua jenis kulit, tapi sifat obat foundation mineral membuatnya menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka dengan kulit sensitif.

Tips memoleskan foundation untuk riasan wajah yang lebih sempurna

1. Rias wajah dalam pencahayaan ruang yang tepat

Merias wajah dalam ruangan yang memiliki pencahayaan buruk adalah kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Pencahayaan yang buruk termasuk namun tidak terbatas pada lampu neon (cahaya putih yang kuat di kamar mandi) serta cahaya kuning redup (tidak cukup cahaya). Pencahayaan kuning akan membuat Anda terlihat dekil, sedangkan lampu neon membuat Anda terlihat pucat. Cahaya terbaik untuk memoleskan foundation Anda adalah sinar matahari alami. Jelas kondisi ini tidak selalu memungkinkan, jadi jika Anda tidak memiliki pencahayaan yang sangat bagus di kamar Anda, coba gunakan cermin dengan lampu LED putih hangat.

2. Ketahui warna dasar kulit Anda

Salah satu kesalahan terbesar dalam memilih foundation adalah salah pilih warna. Alas bedak biasanya tersedia dalam tiga pilihan warna dasar:

  • Dingin, yang ditandai dengan huruf C. Artinya, kulit Anda memiliki semburat merah muda, kemerahan, atau kebiruan; urat di pergelangan tangan dalam berwarna biru atau ungu.
  • Netral, yang ditandai dengan huruf N. Semburat kulit Anda tidak berada di nuansa kemerahan atau kekuningan, namun tepat di tengah-tengah. Urat  pada pergelangan tangan Anda berwarna biru-hijau.
  • Hangat, yang ditandai dengan huruf W. Semburat kulit Anda cenderung kekuningan, keemasan, peach dengan warna urat di pergelangan tangan berwarna hijau atau hijau kekuningan.

Setelah Anda menentukan nuansa dasar kulit Anda, Anda akan dapat mempersempit jumlah foundation yang sesuai dengan kulit Anda. Jika Anda tidak yakin apa warna Anda, minta sampel di toko. Uji coba setiap sampel dengan mengoleskannya di dada atau rahang Anda, bukan di lengan atau leher.

3. Ketahui pula jenis kulit Anda

Cari formula alas bedak yang akan menyempurnakan jenis kulit Anda. Untuk mengetahui jenis kulit Anda, coba tempelkan potongan kertas tisu di beberapa titik wajah (dahi, dagu, pipi, hidung) yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Semakin cepat kertas tisu terjatuh dari wajah, artinya kulit Anda cenderung normal atau kering. Kulit Anda termasuk kombinasi jika kertas tisu menempel di dagu.

BACA JUGA: Mengenali Ciri-Ciri Jika Anda Alergi Lipstik

Mengetahui jenis kulit Anda bisa menjadi uluran tangan yang sangat membantu ketika memilih foundation yang sempurna. Misalnya, formula bebas minyak (oil-free) yang memberikan tampilan akhir matte lebih cocok untuk kulit berjerawat dan/atau berminyak, sementara formula berpelembab cocok digunakan untuk kulit kering. Anda yang memiliki kulit sensitif atau alergi lebih baik menggunakan formula nonkomedogenik atau hypoallergenic. Kulit normal dan kombinasi dapat mencoba beberapa formula yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk kulit mereka.

4. Tepuk dan pantulkan — jangan diusap

Ketika mengoleskan alas bedak, selalu terapkan dengan gerakan memutar, tepuk dan pantulkan, jangan menggosok. Selain itu, mulai dari bagian tengah wajah hingga menyebar ke pinggir batas rambut. Mengusap foundation Anda artinya sebagian besar dari sisa produk akan menempel dan tertinggal di jari-jari, kuas atau sponsAnda. Terakhir, akhiri riasan wajah dengan bedak pilihan Anda agar produk tidak mudah terhapus.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca