11 Cara Memanfaatkan Susu untuk Kecantikan

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25/02/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda bahwa susu juga bermanfaat untuk kecantikan? Seperti yang kita ketahui, susu sapi memiliki protein, fosfor, kalsium, mineral, kasein, dan vitamin. Susu pada umumnya diketahui berkhasiat untuk kesehatan tulang dan menetralisir racun. Selain manfaatnya pada tubuh, susu juga bermanfaat pada kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat susu untuk kulit

1. Pembersih dan exfoliator

Susu memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan kotoran minyak yang larut dengan bantuan enzim lipase yang larut dalam lemak, kotoran dari protein dengan bantuan protease, dan sel-sel kulit mati dengan asam laktat. Kulit Anda akan semakin lembut dan bersinar. Caranya yaitu dengan membasahi kapas dengan susu, lalu usapkan pada wajah. Setelah 5 menit, bilas dengan air. Anda juga bisa menghaluskan dua potong pepaya dan susu. Oleskan campuran tersebut di seluruh wajah dan leher. Setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin.

2. Pelembap untuk kulit kering dan bibir pecah-pecah

Susu merupakan kesatuan dari air, lemak, dan protein yang dapat menggantikan kembali faktor pelembap alami yang hilang pada tipe kulit kering, meningkatkan elastisitas kulit, dan menjadikan kulit lembut dan bersinar. Caranya adalah dengan mengoleskan susu di seluruh wajah dan leher, diamkan hingga sepuluh menit, kemudian bilas dengan air dingin. Anda juga dapat mencampur dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan jus lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering selama 10 menit.

3. Mencerahkan kulit

Susu mencerahkan kulit dengan merangsang peluruhan sel-sel kulit berpigmen. Campurkan dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan dua sendok makan air hangat. Oleskan ke seluruh wajah Anda. Setelah mengering, bilas dengan air hangat. Vitamin, mineral, dan protein yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit cerah dan bersinar.

4. Anti-ageing

Susu dapat mengurangi keriput karena enzim, protein, mineral dan vitamin yang terkandung di dalam susu. Anda bisa mencampur pisang yang sudah dihaluskan dan beberapa sendok makan susu. Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menit. Lalu, bilas dengan air. Masker ini akan menyamarkan garis-garis wajah dan juga mencerahkan wajah.

5. Pembersih untuk kulit sensitif

Ketika kulit Anda iritasi, berhentilah memakai produk perawatan kulit. Pijat kulit wajah Anda dengan susu dua kali sehari (jika kulit Anda tidak rawan berjerawat), lanjutkan dengan kapas basah dan tepuk perlahan.

6. Kompres dingin untuk kulit terbakar matahari

Susu dapat menyejukkan kulit yang terbakar dengan bantuan anti-inflamasi, pelembap, dan bahan lain untuk memperbaiki kulit. Hanya dengan menggunakan buttermilk langsung pada kulit akan membuat kulit terasa dingin dan menyembuhkan kulit yang terbakar.

7. Mengecilkan pori-pori

Sour cream dan sour milk dapat membantu mengecilkan pori-pori. Jika Anda memiliki pori-pori yang besar dan terbuka, Anda dapat mengambil sour cream dan mengolesnya di muka dan leher. Seluruh produk susu dapat mengecilkan pori-pori yang besar.

Manfaat susu untuk rambut

1. Perawatan rambut kering dan kasar

Susu adalah anugrah untuk rambut kering dan kasar. Anda dapat menutrisi rambut dari dalam ke luar sekaligus membuat rambut Anda lembut dan halus hanya dengan mengoleskannya pada kulit kepala. Atau, Anda juga bisa mencampurkan 3 sendok makan susu, setengah buah pisang, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan minyak zaitun. Masukkan semuanya ke dalam blender, lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas.

2. Sebagai conditioner

Susu dapat menjadi conditioner yang baik bagi rambut Anda. Hal yang harus Anda lakukan adalah mengisi botol semprot dengan susu dingin. Semprot susu ke rambut, lalu sisir rambut Anda dengan lembut dan bilas setelah 30 menit.

3. Mengilaukan rambut

Menggunakan santan ke rambut akan membuat rambut menjadi lembut, berkilau dan mudah diatur. Namun, produk-produk berbasis susu juga dapat membuat kulit kepala menjadi sehat. Anda hanya perlu mengoleskannya ke seluruh rambut, diamkan beberapa saat, lalu bilas.

4. Perawatan rambut rontok

Untuk membuat masker perawatan rambut rontok, Anda membutuhkan kopi, yogurt, telur, minyak almond, minyak zaitun, dan beberapa tetes susu mentah. Campurkan seluruh bahan-bahan, lalu gunakan di kulit kepala, diamkan hingga 1 jam, setelah itu bilas dengan air hangat.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

    Kulit kering ternyata bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Begini cara mengatasi gatal karena kulit kering, serta mencegah kulit jadi semakin kering.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Penyakit Kulit, Health Centers 01/06/2020 . 5 mins read

    Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

    Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Kecantikan 31/05/2020 . 4 mins read

    Cara Potong Poni Sendiri di Rumah Tanpa Takut Gagal

    Potong rambut sebaiknya dilakukan oleh orang lain agar lebih rapi. Namun beda dengan potong poni. Ini cara potong poni sendiri di rumah tanpa takut gagal.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Hidup Sehat, Kecantikan 12/05/2020 . 3 mins read

    Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

    Seringkali Anda menyamakan arti dari hydrating dan juga moisturizing. Agar tidak salah lagi, kenali perbedaan produk skincara hydrating dan moisturizing!

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 08/05/2020 . 4 mins read

    Direkomendasikan untuk Anda

    skin fasting adalah

    Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 mins read
    mencegah ruam popok

    Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 mins read
    bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

    Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . 5 mins read
    diet susu risiko diabetes

    Diet Susu Dinilai Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 07/06/2020 . 5 mins read