10 Aturan Penting untuk Merawat Kulit Kombinasi

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/03/2020
Bagikan sekarang

Merawat kesehatan kulit kombinasi tentu tidak semudah merawat satu jenis kulit saja. Kulit kombinasi artinya Anda memiliki dua jenis kulit, yaitu kulit kering dan kulit berminyak, yang perlu dijaga kesehatannya secara bersamaan. Salah-salah memilih produk atau cara perawatan justru akan memperburuk masalah kulit Anda. Tenang, 10 cara ini dapat membantu menjaga kulit kombinasi Anda tetap sehat dan bersinar sepanjang hari.

Langkah-langkah merawat kulit kombinasi tetap sehat dan segar

1. Bedakan perawatan sesuai jenis kulit

makanan yang harus dihindari jenis kulit berminyak

Kalau Anda memiliki daerah berminyak di daerah T-zone (dahi, hidung, dagu) sementara kering di bagian pipi, Anda mungkin sulit menemukan satu produk yang cocok untuk mengatasi dua masalah kulit tersebut sekaligus. Pada dasarnya, setiap jenis kulit memang memiliki perawatannya masing-masing.

Cara terbaik untuk merawat kulit kombinasi adalah dengan menggunakan krim jerawat untuk area berjerawat dan pelembap yang tidak mengandung minyak untuk kulit kering.

Kini pun sudah banyak produk kecantikan di pasaran yang dirancang khusus untuk mengurangi kadar minyak di daerah T-zone sekaligus melembapkan area pipi. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan jenis pelembap sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Pilih pembersih wajah yang tepat

Saat muka dipenuhi oleh jerawat, Anda mungkin tergoda untuk mengambil produk pembersih wajah berbahan dasar minyak (oily-based moisturizer) agar jerawat segera hilang. Namun, pembersih wajah jenis ini tidak cocok digunakan oleh Anda yang memiliki kulit kombinasi.

Menggunakan pembersih berbahan dasar minyak hanya akan menambah produksi minyak di daerah T-zone dan mengiritasi kulit kering Anda.

Pilihlah pembersih wajah berbahan dasar air, baik berbentuk gel atau krim, yang sifatnya lebih lembut dan aman untuk kulit kombinasi Anda. Pembersih berbahan dasar air efektif untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di wajah tanpa membuat kulit terasa berminyak atau kering sesudahnya.

Selain itu, pastikan Anda mencuci muka dengan benar agar tidak memperparah masalah kulit Anda.

3. Gunakan air hangat

kulit berminyak

Saat Anda mencuci muka, sebaiknya gunakan air hangat daripada air dingin. Pasalnya, suhu hangat dapat meluruhkan kandungan minyak berlebih di wajah secara perlahan.

Selain itu, uap panas yang dihasilkan juga dapat membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori Anda. Setelah selesai mencuci muka, keringkan dengan menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk bersih, bukan menggosoknya.

Agar kelembapan kulit semakin terjaga, gunakanlah hydrating serum yang cocok untuk semua jenis kulit. Dilansir dari Reader’s Digest, seorang ahli kecantikan bersertifikat Eliss Halina mengatakan bahwa hydrating serum dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih sehingga menyamarkan masalah kulit kombinasi Anda.

4. Pakai toner

Kulit berminyak dan kulit kering memiliki keseimbangan pH yang berbeda, maka itu penting untuk menggunakan toner setelah mencuci muka.

Menurut Kachiu Lee, seorang dokter bersertifikat dari Brown University, toner bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit kombinasi. Akan tetapi, pastikan toner yang Anda gunakan bebas alkohol agar tidak membuat kulit semakin kering dan mencegah produksi minyak berlebih.

5. Lakukan eksfoliasi minimal dua kali seminggu

Eksfoliasi

Anda mungkin merasa sudah membersihkan dan melembapkan kulit kombinasi Anda dengan benar. Namun, kalau Anda belum melakukan eksfoliasi atau menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah, maka perawatan kulit yang Anda lakukan belum maksimal.

Kulit kombinasi membuat pipi terlihat lebih kering dan bersisik, namun di sisi lain juga membuat area wajah lainnya cenderung berjerawat. Karena itu, eksfoliasi bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat sekaligus menjaga kulit tetap halus.

Hindari menggunakan scrub kasar yang mengandung bahan kimia karena ini dapat mengiritasi kulit sekaligus meningkatkan produksi minyak di daerah T-zone.

Sebagai gantinya, gunakan bahan eksfoliasi yang mengandung asam hidroksi yang lebih cocok untuk kulit kombinasi. Lakukan eksfoliasi sebanyak dua sampai empat kali seminggu untuk mengurangi kadar sebum (minyak) dan kotoran di kulit wajah Anda.

6. Gunakan tabir surya untuk perlindungan ganda

memilih sunblock

Sunscreen atau tabir surya tidak hanya sekadar menjaga kulit Anda dari paparan sinar matahari, tetapi juga dapat membantu melembapkan kulit kombinasi Anda. Gunakan suncreen yang mengandung asam beta hidroksi dan bersifat non-comedogenik yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

Jika sunscreen jenis ini menyebabkan kulit Anda terasa berminyak, beralihlah ke sunscreen berbahan dasar mineral atau sunscreen dalam bentuk bedak bubuk yang lebih aman.

7. Perhatikan pola makan

butuh minum air putih 8 gelas

Kecantikan kulit tak hanya memerlukan perawatan dari luar, tetapi juga memerlukan perawatan dalam lewat makanan yang Anda konsumsi. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan (setidaknya delapan gelas per hari), makan makanan sehat dan kaya antioksidan, serta olahraga secara teratur. Dengan menerapkan pola hidup sehat tersebut, kulit Anda akan semakin bercahaya dan tetap segar sepanjang hari.

8. Manjakan kulit wajah dengan clay mask

pakai masker wajah setiap hari

Masker wajah tak kalah penting untuk memanjakan dan mengencangkan kulit kombinasi Anda. Namun, tentu tidak semua jenis masker bisa Anda gunakan, ya.

Sebaiknya gunakan clay mask atau masker tanah liat, karena masker ini paling efektif untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyerap minyak berlebih tanpa mengiritasi kulit.

9. Hindari produk yang mengandung alkohol

pakai pelembap wajah yang benar

Sebelum menggunakan produk kecantikan tertentu untuk wajah, jangan lupa untuk selalu membaca kandungan pada label produk. Kalau Anda menemukan kandungan alkohol di dalam produk yang Anda pilih, segera beralihlah ke produk lainnya.

Saat Anda menggunakan produk kecantikan yang mengandung alkohol, kulit akan terasa semakin kering. Secara bersamaan, kulit wajah akan memproduksi minyak secara berlebihan untuk menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit.

Ini tentu akan memperburuk masalah kulit kombinasi Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membaca label pada setiap produk kecantikan yang Anda gunakan, baik itu pembersih wajah, toner, dan produk kecantikan lainnya.

10. Lindungi kulit Anda dengan vitamin A

krim malam

Faktanya, vitamin A adalah salah satu antioksidan kuat yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Karena itulah, pastikan produk kecantikan yang Anda pilih mengandung sejumlah vitamin A agar kulit Anda terlindungi. Untuk memudahkannya, carilah kata “retinol” atau “tretionin”, dua jenis vitamin A yang banyak disebutkan di dalam label produk.

Efek vitamin A dalam produk kecantikan dapat membuat bakteri penyebab jerawat menjadi sulit untuk berkembang. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat untuk mempercepat pergantian sel kulit sehingga mencegah Anda dari penuaan dini.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Meskipun kulit aman dari polusi, faktor lainnya di rumah bisa memicu masalah kulit. Ini sederet tips merawat kulit saat karantina.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Salah satu jenis minyak yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, yaitu minyak rosehip. Apa saja manfaat dari minyak rosehip ini?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

5 Tips Merawat Kulit Sehabis Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang kebiasaan baik, tetapi merawat kulit setiap saat melakukannya pun tidak kalah penting agar kulit tetap bersih dan sehat. Ini caranya.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort mengandung vitamin serta senyawa antioksidan dan antiradang sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat tersebut?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020