Benarkah Kunyit Bisa Memutihkan Gigi Anda?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/06/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kunyit memiliki manfaat yang melimpah. Warna kuning cerah dari kunyit bisa mempercantik warna makanan. Selain itu, kunyit juga mengandung bahan aktif kurkumin yang dipercaya bisa mengobati peradangan dan meredakan nyeri. Bahkan, kunyit juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Namun, benarkah cara memutihkan gigi dengan kunyit itu ampuh? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Benarkah kunyit bisa memutihkan gigi?

Satu sendok makan bubuk kunyit mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, mangan, zat besi, dan vitamin C. Kandungan nutrisi kunyit yang cukup lengkap ini membuat kunyit populer digunakan sebagai obat-obatan herbal.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit mampu membersihkan plak dan bakteri serta meringankan peradangan sebanding dengan obat kumur tradisional. Kemudian, studi lain tahun 2013 menemukan bahwa kunyit yang memiliki sifat antimikroba dan antikanker, dapat meredakan nyeri gigi akibat periodontitis dan menurunkan risiko kanker mulut.

Beberapa penelitian juga membandingkan keampuhan kunyit dengan soda kue dan arang aktif untuk memutihkan gigi. Sayangnya, penelitian belum cukup akurat untuk membuktikan bahwa cara memutihkan gigi dengan kunyit itu benar-benar ampuh.

Apakah cara memutihkan gigi dengan kunyit itu berbahaya?

gigi kuning

“Penggunaan kunyit untuk memutihkan gigi mungkin lebih aman dibanding arang yang bersifat lebih abrasif”, ungkap drg. Langley, seorang dokter gigi di Yorkshire, seperti dilansir dari Metro.

Meskipun begitu, tidak semua orang aman menggunakan kunyit, terutama pada orang yang memiliki alergi. Anda sebaiknya tidak menggunakan kunyit sebagai cara untuk memutihkan gigi yang paling utama. Tetap konsultasikan ke dokter mengenai kesehatan mulut dan gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Cara memutihkan gigi dengan kunyit

kunyit untuk wanita haid

Ada beberapa cara memutihkan gigi dengan kunyit. Disarankan tidak menggunakannya lebih dari satu kali per hari. Perhatikan kebersihan wadah dan tangan Anda ketika menggunakan kunyit. Gunakan celemek supaya kunyit tidak menodai pakaian Anda. Berikut cara menggunakan kunyit untuk mencerahkan warna gigi, seperti:

1. Tambahkan bubuk kunyit saat menggosok gigi

Ini merupakan cara yang paling mudah dan paling terjangkau untuk dilakukan. Anda perlu menyiapkan bubuk kunyit, sikat gigi baru, esktrak daun mint. Kemudian, ikuti langkahnya berikut ini:

  • Tuangkan sedikit bubuk kunyit dan setetes ekstrak daun mint pada sebuah wadah.
  • Basahkan sikat gigi dengan air dan celupkan sikat gigi pada wadah berisi campuran kunyit.
  • Kemudian, gosok gigi Anda dan biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air sampai bersih dan kembali gosok gigi dengan pasta gigi.

2. Buat pasta gigi kunyit buatan sendiri

Anda juga bisa membuat pasta gigi sendiri, yaitu dengan mencampur 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 1/8 sendok teh minyak kelapa cair.

Setelah menggosok gigi dengan pasta gigi ini, jangan lupa untuk berkumur hingga bersih. Kemudian, lanjutkan dengan menggosok gigi dengan pasta gigi biasa. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa membeli produk pasta gigi dengan tambahan kurkumin.

3. Pakai bubuk pemutih gigi dari bahan kunyit

Selain membuat pasta gigi sendiri, Anda bisa langsung membeli bubuk pemutih gigi dari bahan kunyit. Cara penggunaannya sama seperti menambahkan bubuk kunyit pada pasta gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut adalah masalah yang umum terjadi selama puasa. Tenang saja, Anda bisa menghilangkan bau mulut saat puasa dengan cara alami berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 24/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Amankah Melakukan Prosedur Cabut Dua Gigi Geraham Sekaligus?

Terkadang demi menjaga kesehatan gigi, Anda perlu melakukan cabut gigi geraham sekaligus. Namun, bagaimana keamanan dan risikonya?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 22/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Apa Itu Perawatan Pulpotomi untuk Gigi?

Menjaga kesehatan gigi itu penting dan jika perlu, mungkin Anda disarankan untuk melakukan pulpotomi. Lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pulpotomi.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 13/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Memilih Obat Kumur yang Tepat untuk Gigi dan Mulut Anda

Obat kumur penting bagi kebersihan gigi. Namun, apakah obat kumur yang Anda pakai sudah tepat? Bagaimana cara memilih obat kumur yang pas?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 15/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menjaga kesehatan gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit
memperbaiki enamel gigi

Adakah Cara untuk Memperbaiki Lapisan Enamel Gigi yang Rusak?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . Waktu baca 4 menit
mencegah gigi ngilu

3 Langkah Mencegah Ngilu Akibat Gigi Sensitif Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 20/05/2020 . Waktu baca 4 menit
asam mefenamat (mefenamic acid)

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020 . Waktu baca 4 menit