6 Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Tulang Belakang

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Keseringan membungkuk katanya bisa bikin tulang belakang sakit. Faktanya, tak cuma kebiasaan tersebut saja yang membuat tulang belakang Anda terasa sakit dan nyeri. Ada berbagai kebiasaan buruk yang tak disadari yang bisa membahayakan tulang belakang Anda. Apa saja, ya, kebiasaan buruk tersebut?

Kebiasaan yang membuat tulang belakang sakit

Rutinitas yang tanpa kita sadari dapat merusak tulang belakang tentu harus kita hindari. Nah, untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, mari kita simak apa saja keseharian yang membuat tulang belakang Anda jadi terasa sakit. 

1. Postur tubuh saat duduk

Pertama-tama mari kita perhatikan postur tubuh diri sendiri saat beraktivitas, apakah sudah benar dan sesuai dengan yang dianjurkan atau belum. Posisi duduk yang membungkuk dapat merusak tulang belakang, nyeri punggung, menghambat pernapasan, hingga menimbulkan sakit kepala. Oleh karena itu, mulai sekarang coba biasakan untuk duduk dengan tegak tanpa membungkuk. Anda bisa memilih kursi kerja yang ergonomis. 

2. Merokok

Hasil studi mengatakan bahwa ketika Anda merokok, peluang tulang belakang Anda sakit hingga mengalami nyeri punggung 3 kali lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok.

Kandungan di dalam rokok dapat mengganggu sistem peredaran darah, termasuk ke tulang punggung. Selain itu, bantalan tulang punggung juga lebih cepat rusak. Aliran darah tidak lancar dan bantalan yang rusak membuat Anda terus mengeluhkan tuang belakang sakit. Maka itu, cobalah untuk sedikit demi sedikit mengurangi rokok sampai Anda bisa menghilangkan kebisaan ini.

3. Terlalu banyak makan

Jika Anda adalah tipe orang yang dapat menaikkan berat badan dalam waktu yang singkat dengan makan berlebihan, berhati-hatilah karena kebiasaan Anda ini dapat merusak tulang belakang Anda. Berat badan yang berlebih dapat meregangkan tulang dan otot punggung Anda, termasuk tulang belakang. Cobalah untuk mengganti makanan dengan kalori rendah.

4. Memakai sepatu hak tinggi

Anda mungkin akan lebih menggunakan otot punggung ketika menggunakan sepatu berhak tinggi. Nah, penggunaan sepatu ini dapat menyakiti tulang belakang kita karena dapat mengganggu postur tubuh dan merusak tulang punggung kita. Disarankan untuk menggunakan sepatu model seperti ini dengan jangka waktu yang singkat, agar mencegah rasa sakit dan menguatkan otot.

5. Mengangkat barang

Cara Anda mengangkat barang pun turut menjadi  penyebab tulang belakang Anda sakit. Aktivitas yang sangat lumrah terjadi di hidup kita ini dapat memberikan tekanan yang tidak wajar pada tulang belakang kita.

Oleh karena itu, terdapat cara yang benar ketika membawa barang. Cobalah dengan mensejajarkan kaki Anda dengan bahu, ketika membungkuk, usahakan untuk menekuk pinggul dan lutut, dan memegang beban dekat dengan tubuh Anda.

6. Mengonsumsi makanan manis

Pemilihan makanan juga dapat menjadi alasan dibalik rasa sakit terhadap tulang belakang kita. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan inflamasi dan mengurangi asupan nutrisi ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, perbanyaklah memakan makanan yang mengandung protein dan serat yang tinggi, seperti alpukat atau salmon. Keduanya dapat membangun jaringan otot dan tulang yang lebih kuat. Jangan lupa pula memenuhi asupan kalsium, fosfor, dan vitamin D.

Setelah kita mengetahui kebiasaan harian apa saja yang sebenarnya bisa merusak tulang belakang kita, mari mengurangi peluang terjadinya nyeri agar tulang belakang kita tidak sakit dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca