backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Mengenal Nicotine Pouch, Apakah Lebih Aman dari Rokok?

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

Mengenal Nicotine Pouch, Apakah Lebih Aman dari Rokok?

Di era modern ini, tren penggunaan produk tembakau terus mengalami perubahan. Salah satu inovasi terkini yang mencuri perhatian banyak kalangan adalah nicotine pouch atau dikenal juga dengan kantong nikotin. 

Kira-kira apa itu nicotine pouch? Apakah produk ini lebih aman dan bisa menghilangkan kebiasaan merokok? Simak jawabannya melalui ulasan berikut ini.

Apa itu nicotine pouch

Nicotine pouch adalah produk tembakau nonrokok yang dirancang untuk memberikan dosis nikotin kepada pengguna tanpa melibatkan pembakaran tembakau, seperti rokok pada umumnya. 

Kantong nikotin ini biasanya terbuat dari bahan serat, sering kali berupa serat selulosa atau bahan yang dapat larut.

Nantinya bahan ini akan diisi dengan campuran nikotin sintetis, air, serta bahan tambahan lainnya, seperti pemanis atau flavoring agents.

Cara penggunaannya pun cukup sederhana, Anda tinggal menempatkan pouch ini di bawah bibir atau dalam mulut.

Nantinya, nikotin dapat terserap oleh tubuh melalui membran mukosa dalam mulut, yang kemudian memberikan efek serupa dengan merokok. 

Meskipun masih kontroversial, beberapa orang melihat produk ini sebagai opsi untuk membantu orang menghilangkan kebiasaan merokok dan dianggap lebih bersih dan aman. Namun, benarkah demikian? 

Apakah nicotine pouch lebih aman? 

kecanduan nikotin

Pada dasarnya, tidak ada penelitian memadai yang membahas mengenai apakah kantong nikotin lebih aman digunakan atau justru tidak.

Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keamanan pouch satu ini. 

Namun secara teori, kantong nikotin mungkin tidak terlalu berbahaya bila dibandingkan dengan bahaya rokok tembakau.

Apalagi, nicotine pouch tidak menghasilkan asap dan zat-zat berbahaya terkait pembakaran tembakau. 

Meski demikian, perlu diingat bahwa ‘lebih aman’ bukan berarti sepenuhnya bebas risiko. Pasalnya, kantong nikotin tetap mengandung nikotin sintetis yang bersifat adiktif. 

Oleh karena itu, penggunaan produk ini tentu dapat menyebabkan ketergantungan nikotin, yang dapat membawa dampak kesehatan jangka panjang. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa meski nicotine pouch lebih aman secara teori, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa kantong nikotin lebih sehat dan dapat berguna bagi orang yang ingin berhenti merokok. 

Pasalnya, sama halnya dengan rokok tembakau yang ada di pasaran, nicotine pouch dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan bila digunakan dalam jangka panjang. 

Apa saja efek samping nicotine pouch yang mungkin terjadi?

kecanduan

Meski dinilai ‘lebih aman’ daripada rokok tembakau di pasaran, ada beberapa efek samping dari kantong nikotin yang mungkin muncul. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Iritasi gusi, mulut, atau tenggorokan

Efek samping utama yang mungkin terjadi akibat penggunaan kantong nikotin adalah iritasi pada gusi, mulut, dan tenggorokan.

Ini bisa terjadi akibat zat-zat yang terkandung dalam kantong nikotin ini.

2. Mual atau pusing 

Nicotine pouch mungkin akan menyebabkan efek samping, seperti mual atau pusing.

Ini terutama pada pengguna yang tidak terbiasa atau memiliki sensitivitas tinggi terhadap nikotin. 

3. Sakit kepala

Efek samping selanjutnya yang mungkin timbul dari penggunaan kantong nikotin adalah sakit kepala.

Efek samping ini sering kali muncul sebagai respons alami tubuh terhadap nikotin. 

4. Insomnia atau gangguan tidur

Nikotin memiliki efek stimulan yang dapat membuat penggunanya mengalami insomnia atau gangguan tidur. 

Melansir Sleep Foundation, orang yang menggunakan produk nikotin cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, lebih sering terbangun pada malam hari, dan jam tidurnya lebih sedikit.

5. Ketergantungan 

Sama dengan produk tembakau lainnya, penggunaan nicotine pouch dapat menyebabkan ketergantungan nikotin yang bisa menjadi masalah kesehatan jangka panjang. 

Yang perlu diingat, efek samping yang terjadi dapat bervariasi pada setiap individu, tergantung pada sensitivitasnya terhadap nikotin, kebiasaan penggunaan, hingga riwayat kesehatan. 

Oleh karena itu, bila Anda mengalami efek samping yang tidak nyaman, apalagi berkepanjangan, sebaiknya hentikan penggunaan nicotine pouch dan segera berkonsultasi kepada dokter. 

Alternatif lain untuk berhenti merokok selain nicotine pouch

obat berhenti merokok

Beberapa orang menggunakan kantong nikotin sebagai salah satu cara untuk berhenti merokok.

Namun jika Anda ragu menggunakan kantong nikotin ini, ada beberapa alternatif produk lain yang dapat menjadi cara untuk beralih dari rokok. Berikut beberapa pilihannya.

1. Rokok elektrik 

Melansir National Health Service UK, orang yang menggunakan rokok elektrik untuk berhenti merokok memiliki kemungkinan berhasil dua kali lebih besar dibandingkan yang memakai produk pengganti nikotin lainnya, seperti nicotine patch

Meski belum sepenuhnya bebas risiko, rokok elektrik dinilai lebih sedikit menimbulkan risiko karena tidak menghasilkan tar atau karbon monoksida, yaitu dua unsur paling berbahaya dalam asap tembakau. 

2. Snus atau snuff

Selain menggunakan rokok elektrik, snus juga dinilai dapat membantu orang yang ingin berhenti merokok, meskipun tidak menggunakan tembakau atau nikotin jenis lainnya. 

Hal ini pun didukung oleh penelitian yang diterbitkan di Harm Reduction Journal, yang menyatakan bahwa snus dianggap lebih unggul membuat orang berhenti merokok dibandingkan dengan NRT atau nicotine replacement therapy

3. Chewing tobacco 

Chewing tobacco juga dinilai dapat membantu seseorang untuk berhenti merokok. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

Pasalnya, mengunyah tembakau atau chewing tobacco dapat menjadi penyebab terjadinya kanker mulut

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter untuk menemukan solusi yang tepat.

Kesimpulan

  • Nicotine pouch adalah produk tembakau nonrokok yang dirancang untuk memberikan dosis nikotin kepada pengguna tanpa melibatkan pembakaran tembakau seperti rokok pada umumnya. 
  • Meskipun dianggap lebih aman, nicotine pouch dapat memberikan efek samping pada tubuh, misalnya ketergantungan, iritasi mulut, mual dan pusing, insomnia, hingga ketergantungan. 
  • Oleh karena itu, kantong nikotin ini perlu dipakai secara bijak.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan