Makanan yang Bisa Mengembalikan Daya Tahan Tubuh Setelah Beribadah Haji

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 1 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pemulihan setelah ibadah haji diperlukan bagi para jamaah. Biasanya sepulang dari tanah suci, tubuh terasa begitu lelah dan daya tahan pun melemah. 

Agar tubuh dapat kembali pulih dan beraktivitas seperti sedia kala, ada beberapa makanan penambah energi untuk mengembalikan daya tahan tubuh Anda.

Deretan makanan yang membantu pemulihan setelah ibadah haji

Persoalan kesehatan yang sering dihadapi jemaah haji adalah kelelahan, sakit kepala, dehidrasi, dan kepala terasa ringan. Ini disebabkan kondisi cuaca yang cukup ekstrim. Pada penelitian Saudi Medical Journal, penyakit yang menjadi “langganan” para jemaah adalah masalah sistem pencernaan dan gangguan pernapasan. Mungkin ini bisa Anda alami saat dan sepulangnya dari Tanah Suci.

Timbulnya penyakit ini disebabkan aktivitas yang padat dan waktu istirahat yang kurang bisa menyebabkan jemaah mengalami sakit. Belum lagi faktor cuaca yang bisa memengaruhi daya tahan tubuh.

Namun tak perlu cemas, meskipun Anda mengalami kelelahan dan sakit, makanan ini membantu pemulihan tubuh setelah ibadah haji.

1. Sayur, buah, dan kacang-kacangan

buah dan sayuran untuk asam urat

Sayur dan buah merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin serta mineral. Ada beberapa vitamin dan mineral tertentu yang membantu pemulihan setelah ibadah haji, seperti di bawah ini.

Vitamin E

Vitamin E mengandung antioksidan yang berperan penting dalam mendukung kerja sistem imunitas tubuh, terutama pada orangtua. Makanan yang mengandung vitamin E dapat diperoleh dari almond, biji bunga matahari, selai kacang, dan kacang hazel.

Seng

Zat seng adalah mineral penting yang terlibat dalam pembentukan sel imunitas tertentu. Kekurangan zat seng dapat menyebabkan fungsi imunitas terganggu. Makanan yang mengandung zat seng antara lain tiram, kacang mete, kismis, dan buncis.

Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 dapat mencegah peradangan dan menjaga sistem imunitas. Asam lemak omega 3 dapat melawan infeksi, seperti batuk pilek. Anda bisa mengonsumsi ikan maupun flaxseed untuk memperoleh manfaat kandungan ini.

Karoten

Ketika dikonsumsi, karoten akan diubah menjadi vitamin A yang mengandung antioksidan yang mampu meregulasi sistem imunitas untuk bekerja melindungi infeksi. Vitamin diperoleh dari makanan seperti wortel, aprikot, dan pepaya.

2. Daging tanpa lemak

bahaya cuci daging ayam mentah

Jangan lupa untuk konsumsi daging tanpa lemak sebagai pemulihan kesehatan setelah ibadah haji. Protein merupakan elemen penting yang membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Protein juga mendukung sistem imunitas dalam melawan infeksi virus dan bakteri.

Protein dapat memulihkan energi Anda. Ketika tubuh tidak cukup asupan protein, biasanya akan timbul gejala seperti kelelahan, tubuh terasa lemah, sistem imunitas yang menurun, serta lesu. Sertakan daging ayam tanpa lemak atau ikan sebagai asupan protein.

3. Suplemen vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Pemulihan setelah ibadah haji bisa dibantu dengan konsumsi vitamin C harian. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh yang mengandung vitamin C, Vitamin D, dan Zinc dalam format effervescent (tablet larut air). Selain efektif meningkatkan daya tahan tubuh, dalam waktu yang sama juga menambah konsumsi cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko infeksi.

4. Air putih

pemulihan setelah ibadah haji

Minum air putih dapat mengoptimalkan fungsi tubuh secara keseluruhan. Saat pulang dari ibadah haji, jangan lupa untuk minum banyak air. Pada dasarnya, manfaat minum air putih dapat memulihkan stamina dan mengusir rasa lelah setelah melakukan aktivitas selama di Tanah Suci. Air putih juga membantu pergerakan usus dan melancarkan sistem pencernaan.

Tetap konsumsi 2 liter untuk pemenuhan cairan harian tubuh. Dengan begitu air putih mendukung energi pemulihan setelah ibadah haji, diimbangi pula dengan berbagai makanan yang mengandung ragam vitamin dan mineral.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Menjaga Asupan Gizi Saat di Tanah Suci

Nutrisi untuk ibadah haji perlu diperhatikan dan dipenuhi. Berikut cara menjaga asupan nutrisi mulai dari menjaga pola makan dan suplementasi.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
nutrisi untuk ibadah haji
Hari Raya 11 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Langkah Tetap Sehat dan Bugar Saat Ibadah Haji

Ada beberapa tips sehat saat Anda menjalankan ibadah haji. Jaga daya tahan tubuh lewat asupan bernutrisi, istirahat cukup, dan juga konsumsi vitamin C.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
tips sehat haji
Hari Raya, Haji dan Umrah 10 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan yang Bisa Dibawa Sebelum Berangkat Ibadah Haji

Beberapa makanan yang dibawa sebagai persiapan untuk berangkat haji ini dapat menambah energi serta menjaga daya tahan tubuh saat ibadah di Tanah Suci.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
makanan untuk berangkat haji
Hari Raya 9 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Vaksin Meningitis untuk Ibadah Haji

Vaksin meningitis, persiapan wajib untuk menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci. Berikut hal yang perlu diketahui sebelum mendapatkan vaksin meningitis.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
vaksin meningitis untuk haji
Hari Raya, Haji dan Umrah 6 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
menjaga kesehatan tulang untuk perempuan

5 Tips untuk Perempuan Menjaga Kesehatan Tulang dan Daya Tahan Tubuh di Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 1 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit
Konten Bersponsor
menjaga kebersihansaat ibadah haji

Tips Menjaga Higienitas Saat Beribadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 25 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
mengembalikan kebugaran setelah ibadah haji

5 Cara Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Ibadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
Persiapan sebelum berangkat haji

Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Berangkat Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 23 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit