Benarkah Kunyit Bisa Memutihkan Gigi Anda?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kunyit memiliki manfaat yang melimpah. Warna kuning cerah dari kunyit bisa mempercantik warna makanan. Selain itu, kunyit juga mengandung bahan aktif kurkumin yang dipercaya bisa mengobati peradangan dan meredakan nyeri. Bahkan, kunyit juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Namun, benarkah cara memutihkan gigi dengan kunyit itu ampuh? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Benarkah kunyit bisa memutihkan gigi?

Satu sendok makan bubuk kunyit mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, mangan, zat besi, dan vitamin C. Kandungan nutrisi kunyit yang cukup lengkap ini membuat kunyit populer digunakan sebagai obat-obatan herbal.

Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit mampu membersihkan plak dan bakteri serta meringankan peradangan sebanding dengan obat kumur tradisional. Kemudian, studi lain tahun 2013 menemukan bahwa kunyit yang memiliki sifat antimikroba dan antikanker, dapat meredakan nyeri gigi akibat periodontitis dan menurunkan risiko kanker mulut.

Beberapa penelitian juga membandingkan keampuhan kunyit dengan soda kue dan arang aktif untuk memutihkan gigi. Sayangnya, penelitian belum cukup akurat untuk membuktikan bahwa cara memutihkan gigi dengan kunyit itu benar-benar ampuh.

Apakah cara memutihkan gigi dengan kunyit itu berbahaya?

gigi kuning

“Penggunaan kunyit untuk memutihkan gigi mungkin lebih aman dibanding arang yang bersifat lebih abrasif”, ungkap drg. Langley, seorang dokter gigi di Yorkshire, seperti dilansir dari Metro.

Meskipun begitu, tidak semua orang aman menggunakan kunyit, terutama pada orang yang memiliki alergi. Anda sebaiknya tidak menggunakan kunyit sebagai cara untuk memutihkan gigi yang paling utama. Tetap konsultasikan ke dokter mengenai kesehatan mulut dan gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Cara memutihkan gigi dengan kunyit

kunyit untuk wanita haid

Ada beberapa cara memutihkan gigi dengan kunyit. Disarankan tidak menggunakannya lebih dari satu kali per hari. Perhatikan kebersihan wadah dan tangan Anda ketika menggunakan kunyit. Gunakan celemek supaya kunyit tidak menodai pakaian Anda. Berikut cara menggunakan kunyit untuk mencerahkan warna gigi, seperti:

1. Tambahkan bubuk kunyit saat menggosok gigi

Ini merupakan cara yang paling mudah dan paling terjangkau untuk dilakukan. Anda perlu menyiapkan bubuk kunyit, sikat gigi baru, esktrak daun mint. Kemudian, ikuti langkahnya berikut ini:

  • Tuangkan sedikit bubuk kunyit dan setetes ekstrak daun mint pada sebuah wadah.
  • Basahkan sikat gigi dengan air dan celupkan sikat gigi pada wadah berisi campuran kunyit.
  • Kemudian, gosok gigi Anda dan biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air sampai bersih dan kembali gosok gigi dengan pasta gigi.

2. Buat pasta gigi kunyit buatan sendiri

Anda juga bisa membuat pasta gigi sendiri, yaitu dengan mencampur 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 1/8 sendok teh minyak kelapa cair.

Setelah menggosok gigi dengan pasta gigi ini, jangan lupa untuk berkumur hingga bersih. Kemudian, lanjutkan dengan menggosok gigi dengan pasta gigi biasa. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa membeli produk pasta gigi dengan tambahan kurkumin.

3. Pakai bubuk pemutih gigi dari bahan kunyit

Selain membuat pasta gigi sendiri, Anda bisa langsung membeli bubuk pemutih gigi dari bahan kunyit. Cara penggunaannya sama seperti menambahkan bubuk kunyit pada pasta gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Perawatan Pulpotomi untuk Gigi, Kapan Sebaiknya Anda Lakukan?

Pulpotomi merupakan salah satu prosedur operasi gigi yang biasanya dilakukan pada anak-anak. Apa itu pulpotomi dan penyebab prosedur ini dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Gigi Goyang

Gigi goyang adalah masalah gigi yang umum. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan, serta cara mengontrol dan mencegah gigi goyang di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut 2 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Karies Gigi

Karies adalah masalah gigi paling umum. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, obat, serta cara mengobati dan mencegah karies di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut 2 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Erosi Gigi

Erosi gigi terjadi saat lapisan enamel gigi terkikis oleh asam di rongga mulut. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan dan cara pencegahan di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gigi anak hitam

6 Hal Ini Bisa Sebabkan Gigi Anak Berwarna Hitam, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Memahami Tumbuh Kembang Gigi dan Rahang Anak

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
dry socket

Dry Socket

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
scaling gigi

Untuk Apa Rutin Melakukan Scaling Gigi? Ketahui Prosedur dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit