Cek Arti Warna Feses Bayi

Kebanyakan orangtua baru mungkin akan bingung apakah feses bayi mereka normal atau tidak. Wajar, sebab terdapat beragam warna dan tekstur yang mungkin belum pernah dilihat sebelumya.
Cari tahu

Feses bayi berdarah

Artinya:

BAB berdarah

Pup bayi yang keras disertai dengan darah dan lendiri. Adanya darah merah pada feses bayi bisa menandakan bayi Anda memiliki luka kecil atau robekan di sekitar anus.

Apa yang harus saya lakukan?

Adanya darah pada feses bayi Anda bisa mendakan beberapa kondisi. Segera hubungi dokter jika:

  • Pup bayi Anda normal normal tapi ditandai dengan adanya darah merah pada feses. Hal ini bisa menandakan alergi protein susu.
  • Bayi Anda mengalami sembelit dan terdapat bercak darah pada feses. Kondisi ini umumnya terjadi karena adanya robekan/luka pada anus atau ambeien kecil.
  • Diare yang bercampur dengan darah. Mengindikasikan adanya infeksi bakteri.

Ketika terdapat darah kehitaman dalam feses bayi Anda—biasanya berbentuk seperti biji wijen—hal ini biasanya disebabkan oleh bayi yang menelan darah ketika menyusui dari puting ibu yang terluka.

Meski Anda membutuhkan pengobatan untuk puting yang terluka, hal ini tidak membahayakan untuk bayi Anda. Bagaimanapun, tetap periksakan kondisi bayi Anda untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja, bukan karena adanya perdarahan pada pencernaan.