Kebutuhan Kalori

Cari tahu berapa jumlah kalori yang harus Anda dapatkan setiap harinya dari makanan dan minuman.
Untuk menghitung kebutuhan kalori Anda, silakan isi data di bawah ini.
 
Pria
Wanita
Please select your gender!
Please enter your height in cm
Please enter your weight in kg
Please enter your age

Kebutuhan kalori harian adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda setiap hari, untuk menjalankan fungsi utama tubuh, dan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Kebutuhan kalori harian ini bisa Anda gunakan sebagai acuan berapa banyak makanan yang harus Anda konsumsi per harinya. Kebutuhan kalori harian didapat dari angka BMR yang dikalikan dengan faktor aktivitas fisik.

Apa itu BMR?

Basal Metabolic Rate (BMR) adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi jantung, otak, ginjal, dan organ-organ lain, saat Anda tidak bergerak sama sekali.

Namun, BMR saja tidak cukup untuk mengetahui kebutuhan kalori harian Anda karena BMR tidak mempertimbangkan faktor aktivitas fisik. Tubuh Anda juga membutuhkan energi (kalori) untuk melakukan berbagai aktivitas fisik sehari-hari, seperti berjalan, bekerja, dan berolahraga.

Peringatan

Hasil cek kesehatan ini hanya dapat digunakan sebagai informasi tambahan, tidak bisa menggantikan saran medis, diagnosis, dan pengobatan dari dokter. Jika Anda berada di dalam keadaan darurat dan butuh pertolongan medis, segera hubungi 118 atau pergi ke unit pelayanan gawat darurat terdekat.