Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Sangat normal bagi seorang ibu hamil mengalami kenaikan berat badan. Namun, berapa batas kenaikan berat badan yang sehat bagi ibu dan bayinya?
Hitung

Indeks Massa Tubuh Anda

Ibu hamil dapat menggunakan kalkulator ini untuk mencari tahu berapa kisaran kenaikan berat badan yang sehat, berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil

1

Penting bagi ibu hamil memantau kenaikan berat badan mereka dari waktu ke waktu. Sebab, perubahan berat badan selama kehamilan akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayi saat lahir. Ibu hamil seharusnya mengalami kenaikan berat badan secara bertahap, dengan peningkatan terbesar terjadi dalam 3 bulan terakhir.

Banyak dokter menyarankan wanita menambah berat badan saat hamil dengan kisaran sebagai berikut:

  • Di trimester pertama, kenaikan berat badan ibu hamil tidak perlu terlalu banyak; hanya sekitar 0-2 kg.
  • Di trimester kedua dan ketiga, kenaikan berat badan yang stabil penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Dokter menyarankan untuk menambah sekitar 1-2 kg per bulan.

Namun, ingat: ini hanyalah perkiraan rata-rata. Diskusikan bersama dokter kandungan untuk tahu berapa batas kenaikan berat badan yang ideal bagi masing-masing ibu hamil.

Jumlah total kenaikan berat badan yang harus dicapai selama hamil tergantung dari berat badan Anda sebelumnya. Wanita yang berat badannya dalam kisaran sehat sebelum hamil idealnya harus mengalami kenaikan sekitar 11,3-16 kilogram saat hamil. Anjuran ini akan berbeda bagi wanita yang berat badannya berlebih atau justru kurang sebelum hamil.

Peringatan

Hasil cek kesehatan ini hanya dapat digunakan sebagai informasi tambahan, tidak bisa menggantikan saran medis, diagnosis, dan pengobatan dari dokter. Jika Anda berada di dalam keadaan darurat dan butuh pertolongan medis, segera hubungi 118 atau pergi ke unit pelayanan gawat darurat terdekat.