home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Normalkah Jika Tiba-tiba Darah Haid Lebih Sedikit dari Sebelumnya?

Normalkah Jika Tiba-tiba Darah Haid Lebih Sedikit dari Sebelumnya?

Menstruasi tiap orang berbeda-beda, dari durasi hingga volume perdarahan yang terjadi. Namun, biasanya setiap orang punya patokan sendiri. Ya, tiap bulannya volume dan durasi menstruasi Anda mirip-mirip. Nah, tapi kenapa tiba-tiba di bulan ini darah haid sedikit dari sebelumnya? Apakah normal jika menstruasi sedikit saja?

Apakah volume darah menstruasi sedikit itu masih normal?

darah haid

Siklus menstruasi normal rata-rata berlangsung dalam 28 hari, tapi ada juga wanita yang memiliki siklus selama 21-35 hari. Sementara untuk lama waktu menstruasinya sendiri, biasanya berlangsung antara tiga sampai tujuh hari. Haid yang terjadi di rentang waktu ini masih terhitung normal.

Ya, meski terlihat singkat, tapi perdarahan menstruasi sedikit yang mungkin hanya berlangsung selama tiga hari masih dianggap normal selama pola menstruasi Anda tetap teratur. Dalam artian, Anda tidak pernah absen mendapatkan haid setiap bulannya — walaupun dengan aliran darah haid sedikit dari biasanya.

Selain itu, perhatikan juga periode menstruasi Anda. Jika pola terjadinya menstruasi masih berada di kisaran waktu yang sama seperti bulan sebelumnya, ini masih termasuk normal.

Terlebih bila tamu bulanan ini memang biasanya hanya berlangsung selama tiga hari, berarti inilah pola menstruasi Anda, menurut Maria Arias, MD, seorang dokter kandungan di Atlanta Women’s Specialists di Georgia, dilansir dari Everyday Health.

Intinya, penting untuk selalu memerhatikan apa saja keunikan atau kekhasan dari menstruasi Anda. Tujuannya supaya Anda tahu dengan pasti pola haid yang Anda miliki, sehingga cepat sadar jika ada perubahan.

Apa yang membuat darah haid sedikit?

mood swing saat menstruasi

Setiap bulannya, hormon estrogen dalam tubuh wanita bertugas untuk membentuk lapisan rahim (endometrium) yang akan luruh dalam bentuk darah menstruasi bila tidak terjadi pembuahan.

Nah, ketika tubuh Anda tidak mampu memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang memadai, maka lapisan endometrium yang terbentuk pun tipis. Akhirnya, aliran darah menstruasi yang dihasilkan tubuh jadi sedikit. Singkatnya, tinggi atau rendahnya hormon estrogen yang ada dalam tubuh dapat memengaruhi banyak atau sedikitnya darah menstruasi yang keluar.

Faktor usia juga memiliki andil terhadap aliran darah menstruasi sedikit. Ambil contoh wanita usia muda, terutama yang masih dalam masa pubertas, umumnya mengeluhkan periode menstruasi yang tidak teratur dan cenderung lebih singkat dari waktu normalnya. Ini semua karena kadar hormon estrogen dalam tubuh mereka belum sepenuhnya seimbang.

Berbeda dengan wanita yang telah mendekati usia menopause. Menstruasi yang tidak seperti biasanya dapat dikarenakan indung telur (ovarium) yang sedang beradaptasi, untuk mulai berhenti memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Itulah mengapa lapisan endometrium yang terbentuk cenderung tipis, atau bahkan tidak terbentuk sama sekali.

Perhatikan juga alat konstrasepsi yang Anda gunakan, karena ada beberapa metode pengendalian kelahiran yang memicu volume darah haid jadi lebih sedikit daripada biasanya. Penyebab utamanya adalah karena ada jenis kontrasepsi yang bisa mengganggu kestabilan hormon dalam tubuh, sehingga berpengaruh terhadap pola menstruasi Anda.

Kenaikan atau penurunan berat badan, stres, serta adanya penyakit dalam sistem reproduksi wanita, juga menjadi beberapa hal yang memengaruhi pola menstruasi Anda. Lagi-lagi, pengaruh dari hormon wanita lah yang memicu terjadinya kondisi ini.

Darah haid sedikit, haruskah periksa ke dokter?

Durasi menstruasi yang singkat mungkin akan membuat Anda bertanya-tanya tentang penyebab yang mendasarinya.

Mudahnya begini, bila siklus yang Anda alami cenderung tidak teratur dengan aliran darah menstruasi sedikit bukanlah karakteristik menstruasi yang biasanya Anda alami, maka konsultasi lebih lanjut dengan dokter bisa jadi jalan keluar terbaik.

Oleh karena itu, cobalah untuk rutin mencatat waktu menstruasi Anda setiap bulannya. Cara ini dapat membantu memberikan informasi akurat mengenai siklus menstruasi normal Anda, sekaligus mendeteksi dengan mudah bila terjadi perubahan pada siklus haid.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

When Is a Menstrual Period Too Short? https://www.everydayhealth.com/pms/short-periods.aspx Diakses pada 12 September 2018.

What Cause Your Period to Be Shorter or Lighter Than Normal? https://www.healthline.com/health/womens-health/short-period Diakses pada 12 September 2018.

8 Reasons Why Your Period Is Suddenly Shorter Than Normal. https://www.womenshealthmag.com/health/a19976137/shorter-periods/ Diakses pada 12 September 2018.

7 Reasons Why Your Period Flow Is Suddenly Lighter Than Usual. https://www.shape.com.sg/health/reasons-period-flow-suddenly-lighter-usual/ Diakses pada 12 September 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 21/09/2018
x