home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Jenis Makanan yang Bisa Membuat Warna Kencing Berubah

4 Jenis Makanan yang Bisa Membuat Warna Kencing Berubah

Apakah Anda pernah melihat warna kencing Anda berubah? Beberapa perubahan warna kencing dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti siklus menstruasi, obat-obatan, atau masalah kesehatan.

Anda tidak perlu panik jika warna kencing Anda berbeda dari biasanya. Perubahan warna kencing bisa juga disebabkan oleh makanan yang Anda makan. Makanan apa saja yang membuat kencing Anda menjadi berwarna? Simak ulasannya.

Makanan apa saja yang dapat mengubah warna kencing?

Warna urin biasanya berwarna kuning cerah, kuning pucat, dan dapat menjadi kuning gelap, kecoeklatan, atau berwarna kemerahan. Hal ini dikarenakan oleh sejumlah faktor seperti dehidrasi, mengonsumsi makanan, atau obat-obatan tertentu.

Urin pada dasarnya mengandung air dan limbah yang larut di dalam air, dan dihasilkan dalam proses metabolisme. Limbah yang larut dalam air yang ditemukan di dalam air seni adalah urea, asam urat, dan kreatinin. Beberapa hormon, enzim, dan garam mineral juga ditemukan di dalam urin. Berikut adalah beberapa makanan yang menyebabkan kencing Anda menjadi berwarna.

1. Asparagus membuat warna urin hijau

Asparagus merupakan makanan yang biasanya diolah menjadi sup lezat. Asparagus mengandung asam asparagusic. Senyawa ini adalah senyawa yang akan terpecah menjadi kelompok senyawa sulfur saat Anda memakannya.

Sulfur adalah senyawa yang terdapat di dalam gas dan akan disemprotkan oleh sigung ketika sedang dalam keadaan terancam. Senyawa-senyawa ini yang ketika masuk ke dalam urin akan menyebabkan warna kencing menjadi kuning gelap atau kehijauan.

Makanan ini juga menyebabkan urin menjadi berbau cukup menyengat dan tidak enak.

2. Ikan salmon membuat urin berwarna kuning

Ikan salmon yang mengandung vitamin B-6 dapat membantu tubuh dalam menyintesis protein dan lemak. Vitamin B-6 merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Namun, vitamin ini memiliki beberapa efek untuk saluran kemih.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-6 akan menyebabkan urin Anda menjadi berwarna kuning. Urin Anda juga akan memiliki bau yang mirip dengan obat.

3. Buah naga membuat air kencing berwarna pink

Jika Anda baru saja makan buah naga merah, maka jangan khawatir, jika urin Anda menjadi merah atau sedikit berwarna pink, karena warna urin atau feses yang berubah warna menjadi kemerahan adalah memang karena efek buah naga.

Buah naga mengandung pigmen betahiasin yang kerap kali digunakan sebagai pewarna makanan alami. Ketika seseorang mengonsumsi buah ini, maka urin akan berwarna kemerahan atau disebut dengan pseudohematuria (pipis merah palsu). Warna urin ini akan kembali seperti semula tanpa pengobatan apapun.

4. Wortel membuat air kencing menjadi oranye

Untuk Anda yang memiliki pola hidup sehat, dan punya hobi meminum sayuran dengan cara dijus, jangan heran jika Anda memiliki urin yang berwarna kuning gelap atau berwarna oren. Terutama jika Anda telah meminum jus wortel atau terlalu banyak mengonsumsi wortel. Kandungan betakaroten di dalam wortel bisa menyebabkan warna urin Anda menjadi kuning gelap atau berwarna oren.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Foods That Will Cause Discoloration of Urine.

https://abouttesting.testcountry.com/2010/10/foods-that-will-cause-discoloration-of-urine.html. Accessed 03/04/2017.

Urine Color.

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/urine-color/basics/causes/con-20032831. Accessed 03/04/2017.

Discoloration, Urine: Urine Discoloration

http://emedicine.medscape.com/article/2172371-overview. Accessed 04/04/2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 10/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x