3 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Meradang Dalam Semalam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Besok ada acara penting di kantor atau kencan pertama dengan gebetan, tapi mendadak muncul jerawat? Cara mengatasi jerawat paling ampuh biasanya harus pakai obat dokter seperti tetracycline, doxycycline, dan erythromycin Akan tetapi, efek obat baru bisa terlihat dalam beberapa hari setelah dipakai. Lalu, adakah cara cepat menghilangkan jerawat merah hanya dalam semalam?

Apa penyebab jerawat merah meradang?

Jerawat merah meradang diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel kulit.

Di dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati dan kemudian menyebabkan pori tersumbat. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berkembang, sedangkan sisa-sisa radikal bebas akan merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan warna kemerahan pada kulit

Jika jerawat tidak berkembang menjadi infeksi, kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Namun memang bisa memakan waktu yang cukup lama, dengan atau tanpa pengobatan.

Apa cara cepat menghilangkan jerawat meradang dalam semalam?

Ada beberapa cara yang cepat dan sederhana namun efektif untuk menghilangkan jerawat meradang dalam semalam. Penasaran ingin mencoba? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 



1. Kompres es batu

Jika besok ada acara penting, malam ini kompreslah jerawat dengan es batu yang dibalut kain tipis. Kompres es batu adalah cara paling cepat untuk menghilangkan jerawat meradang.

Setelahnya, diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

2. Pakai aspirin

Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala, tapi juga bisa mengurangi kemerahan pada jerawat. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengelupaskan sel kulit mati dan mengurangi peradangan.

Agar cepat menghilangkan jerawat, cara pakai aspirin adalah dengan membelahnya dulu menjadi dua dan gerus sampai halus jadi bubuk. Larutkan dengan 1-2 tetes air bersih sampai jadi pasta, kemudian oleskan pada jerawat. Tempel plester untuk melindunginya dan diamkan selama 30 menit.

3. Pakai pasta gigi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan cara yang satu ini. Banyak orang yang bilang bahwa pasta gigi bisa cepat menghilangkan jerawat karena mengandung silica. Silica adalah zat aktif yang membantu mengeringkan jerawat.

Namun, jangan gunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Dua bahan ini dapat membuat kulit rentan iritasi, hingga menyebabkan kemunculan jerawat yang lebih banyak.

Penting untuk diingat bahwa tiga cara cepat menghilangkan jerawat ini tidak benar-benar menuntaskan akar masalahnya. Cara-cara ini hanya sebatas ditujukan untuk meredakan bengkak dan menghilangkan kemerahannya saja. Anda perlu mengobati jerawat Anda sedini mungkin untuk mencegah terjadinya bekas luka.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Bibir hitam dan gelap bisa mengurangi penampilan Anda. Tahukah Anda ternyata tidak hanya merokok saja yang bisa jadi penyebab bibir hitam? Lalu apa saja?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Eits, kata siapa semua bayi pasti pernah kena ruam popok? Dengan cara-cara berikut, Anda bisa mencegah ruam popok pada si buah hati, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab penyakit kulit

Penyebab Penyakit Kulit Beserta Faktor yang Meningkatkan Risikonya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 11 menit
penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
cara kerja sunblock

Bagaimana Cara Kerja Sunblock dalam Melindungi Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2020 . Waktu baca 4 menit