home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Tanpa Kopi yang Bisa Anda Coba

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Tanpa Kopi yang Bisa Anda Coba

Tidak pandang usia, mulai dari remaja hingga orang lanjut usia menyukai kopi. Ini karena penyajian kopi dengan berbagai rasa, cocok untuk selera berbagai kalangan, contohnya kopi pahit, kopi manis, dan kopi susu. Namun, ada alasan lain kenapa kopi menjadi minuman favorit, yakni efeknya yang bisa mengusir kantuk saat bekerja. Sebenarnya selain minuman berkafein, ada beragam cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi! Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Hindari hanya mengandalkan kopi untuk mengatasi kantuk

ngantuk saat puasa

Sebelum membahas cara-cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi, ada baiknya Anda pahami dahulu efek kopi pada tidur Anda. Menurut Sleep Foundation, kandungan kafein adalah senyawa aktif yang bisa membantu meningkatkan kewaspadaan sehingga kantuk yang Anda rasakan berkurang.

Tunggu dulu, minum kopi pun ada batasannya. Per hari Anda tidak boleh melebihi 200 mg kafein atau setara dengan 4 cangkir. Jika lebih dari asupan harian, efek samping seperti sakit kepala, susah tidur, dan detak jantung lebih cepat bisa terjadi.

Cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi

Bukan hal yang tidak mungkin jika Anda ingin mengatasi kantuk tanpa minum secangkir kopi. Ini karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar tidak kecanduan minum kopi saat rasa mengantuk datang menghampiri, seperti:

1. Tidur siang

Perlu Anda ketahui bahwa obat paling ampuh untuk mengatasi mata mengantuk tanpa kopi adalah tidur. Jadi, jika mengantuk di siang hari, Anda boleh tidur siang selam 10-20 menit.

Biasanya, kantor memiliki fasilitas seperti napping room. Nah, Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk beristirahat atau power nap sejenak. Jangan lupa untuk menyalakan alarm jika agar tidak kebablasan. Pastikan Anda tidur siang tidak pada pukul 3 atau lebih sore dari itu, karena ini bisa mengganggu tidur malam Anda.

Bukan cuma menghilangkan kantuk, tidur siang juga bisa memperbaiki suasana hati, mempercepat respons Anda terhadap sesuatu, dan tentunya menjernihkan pikiran.

2. Minum air putih

kandungan air putih

Salah faktor yang membuat Anda mengantuk adalah kelelahan. Nah, tubuh lelah umum terjadi ketika tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik alias tubuh Anda kurang cairan (dehidrasi). Minum kopi tentu bukan cara yang tepat jika Anda mengalami kondisi, sekalipun kopi juga termasuk cairan.

Cara terbaik menghilangkan ngantuk tanpa kopi karena dehidrasi dengan minum banyak air putih. Air putih bisa menormalkan kembali sel-sel tubuh Anda yang dehidrasi dan kelelahan. Anda bisa minum air putih dingin agar lebih segar dan tidak lagi mengantuk.

3. Mencuci muka

Tidak hanya Anda minum, mencuci muka dengan air dingin juga bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan ngantuk tanpa harus minum kopi.

Luangkan sedikit waktu untuk bergegas ke kamar mandi dan usap wajah Anda dengan air dingin. Basuhan air ke wajah bisa menghilangkan kelelahan pada mata dan membangkitkan kembali semangat Anda untuk kembali beraktivitas.

4. Sarapan pagi

sarapan pagi bikin ngantuk

Rasa mengantuk datang tidak hanya pada malam hari, tetapi bisa juga pagi hari. Penyebab rasa mengantuk itu akibat rasa lelah, bukan hanya jam tidur yang kurang.

Ketika Anda melewatkan sarapan pada pagi hari, rasa lapar akan datang lebih cepat, akibatnya Anda tidak memiliki energi dan lebih mudah mengantuk. Itulah sebabnya, Anda tidak melewatkan sarapan pagi bisa menjadi cara ampuh menghilangkan ngantuk pada pagi hari.

Makan pagi bisa meningkatkan kinerja fisik dan emosi Anda dapat berjalan dengan baik sepanjang hari. Namun, Anda perhatikan dalam memilih sarapan, hindari makanan yang berat yang mengandung banyak karbohidrat.

Anda bisa mencoba buah, sereal, roti, jika tidak terbiasa Anda bisa mengurangi porsi nasi untuk waktu sarapan.

5. Camilan

Sempatkan waktu untuk ngemil makanan setiap 3-4 jam, untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan.

Ketika merasa lapar berlebihan, akhirnya kita akan mengkonsumsi karbo dalam jumlah yang banyak, hal ini dapat mendatangkan rasa kantuk setelah makan. Untuk itulah, makan camilan bisa menjadi cara alternatif untuk menghilangkan ngantuk, tanpa harus minum kopi.

Ngemil dapat berfungsi untuk menstabilkan gula darah. Anda bisa mencoba biskuit gandum, granola, buah, atau yoghurt rendah lemak sebagai camilan.

Jika rasa kantuk datang pada malam hari, usahakan konsumsi makanan yang ramah untuk pencernaan, seperti buah. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh tetap terjaga.

6. Olahraga ringan

mengantuk-setelah-makan 1 menghilangkan ngantuk

Olahraga erat kaitannya dengan kesehatan tubuh, seperti mengurangi stres, mencegah penyakit kronis, dan memperkuat otot dan tulang. Di samping itu, olahraga juga bisa membuat kualitas tidur jadi lebih baik karena bisa mengurangi rasa cemas dan stres.

Namun, banyak yang tidak tahu jika olahraga juga bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan ngantuk tanpa harus minum kopi. Ya, olahraga, bahkan hanya dengan berjalan kaki singkat, bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembalikan energi.

Aktivitas fisik ini memberi sinyal pada sel-sel tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi, sehingga tubuh akan lebih berenergi.

Selain itu, olahraga juga memicu pelepasan bahan kimia yang disebut norepinefrin yang berkontribusi pada perasaan terjaga dan waspada serta endorfin yang membuat perasaan Anda jadi lebih bahagia, menurut situs Nortwestern Medicine.

7. Hirup aromaterapi

Penciuman memiliki pengaruh yang kuat pada pikiran yang juga berkaitan erat dengan kewaspadaan Anda. Jika Anda ingin menghilangkan ngantuk tanpa minum kopi, Anda bisa memilih aromaterapi sebagai cara ampuhnya.

Campurkan 1-3 tetes minyak esensial yang berbeda untuk membantu tubuh Anda jadi lebih berenergi, seperti kombinasi lemon, peppermint, dan eucalyptus.

Campuran minyak esensial ini kemudian Anda masukkan dalam botol semprot dan tambahkan air. Semprotkan aromaterapi pada tas, sepatu, atau ruangan Anda secukupnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Caffeine: How much is too much? (2020, March 06). Retrieved April 19, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/caffeine/art-20045678.

Northwestern Medicine. (n.d.). 7 ways to wake up without coffee. Retrieved April 19, 2021, from https://www.nm.org/healthbeat/healthy-tips/caffeine-free-strategies-to-stay-energized.

5 ways to feel awake without caffeine. (2021, March 12). Retrieved April 19, 2021, from https://www.colorado.edu/health/5-ways-feel-awake-without-caffeine.

6 benefits of drinking Water: Clayton & SMITHFIELD: Johnston Health. (n.d.). Retrieved April 19, 2021, from https://www.johnstonhealth.org/fitness-health/health-matters-blog/fitness-nutrition/2019/benefits-drinking-water/.

Breakfast. Retrieved April 19, 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/breakfast.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 06/05/2021
x