Apa itu trombofilia (darah kental)?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu trombofilia (darah kental)?

Trombofilia atau sering juga disebut hiperkoagulasi atau darah kental adalah penyakit yang berhubungan dengan pembekuan darah. Penderita cenderung mudah mengalami pembekuan darah (trombosis). Anda bisa menderita trombosis karena diwariskan atau karena memang mengidap penyakit ini. Kadang‐kadang, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi serius dan mengancam nyawa si penderita.

Seberapa umumkah trombofilia (darah kental)?

Belum ada penjelasan yang tepat untuk kondisi penyakit trombofilia ini. Penyakit ini ditemukan pada seluruh usia dan jenis kelamin, yang mana penyebabnya beragam dan sulit ditentukan. Penyakit ini juga menjadi pemicu berbagai jenis penyakit lainnya, yang mungkin disebabkan oleh bawaan dalam keluarga yang membentuk suatu zat pembekuan darah dalam tubuh.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala trombofilia (darah kental)?

Anda mungkin saja menderita trombofilia (trombosis vena) atau arteri (trombosis arteri) tergantung pada lokasi trombus. Berbagai gejala yang akan muncul antara lain: Trombosis vena terjadi di pembuluh darah kaki dan menyebabkan pembengkakan, nyeri, kemerahan, serta rasa panas pada kaki.Trombosis arteri sering terjadi di sekitar pembuluh darah utama (aorta, arteri karotis), menyebabkan gejala stroke seperti bicara melantur, mati rasa, tubuh lemas, hilang penglihatan, dan sulit menelan. Selain itu, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan trombosis dari masalah kehamilan seperti keguguran, kelahiran prematur, serta adanya kandungan antibodi antifosfolipid dalam darah seseorang. Pasien sindrom antibodi antifosfolipid sering mengalami pembekuan darah yang tidak normal. Kemungkinan terdapat beberapa tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai gejala di atas, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Gumpalan trombosis akan menyumbat aliran darah dan akan mempengaruhi kesehatan penderita dalam jangka panjang. Anda harus segera menemui dokter apabila mengalami pembengkakan pada lengan atau kaki, sesak napas atau gejala stroke.

Penyebab

Apa penyebab trombofilia (darah kental)?

Trombofilia disebabkan oleh mutasi genetik pada beberapa gen yang diwariskan dari orangtua. Jenis yang paling umum adalah faktor mutasi Leiden V.

Jenis lainnya adalah mutasi protrombin, hiperhomosisteinemia, dan peningkatan aktivitas faktor VIII. Protrombin adalah protein yang berperan dalam pembekuan darahHiperhomosisteinemia merupakan suatu kondisi di mana kadar homosistein terlalu banyak dalam asam amino darah.

Kelainan genetik langka lainnya yaitu kekurangan protein C, protein S, dan antitrombin III (protein yang membantu pembekuan darah). Gangguan ini umumnya berkaitan dengan komplikasi selama kehamilan. Sindrom antibodi antifosfolipid adalah penyebab trombosis paling umum (tidak bersifat turun‐temurun, tetapi disebabkan oleh infeksi). Antibodi antifosfolipid merupakan protein abnormal dalam darah. Penyebab sindrom ini belum diketahui, tetapi tidak menular maupun diwariskan dari orangtua kepada anaknya.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk trombofilia (darah kental)?

Anda akan lebih berisiko terkena trombofilia jika Anda:

  • Memiliki anggota keluarga yang memiliki kecenderungan untuk mengalami pembekuan darah, terutama orangtua
  • Wanita hamil
  • Memiliki sindrom antibodi antifosfolipid

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk trombofilia (darah kental)?

Dokter akan memberikan Anda zat antikoagulan. Obat yang digunakan adalah heparin dan warfarin. Jika terbukti bahwa trombosis disebabkan oleh lupus eritematosa, atau rheumatoid arthriti, maka yang harus diobati adalah penyakit utamanya. Untuk kondisi hyperhomocysteinemia, dokter akan memberikan vitamin seperti asam folat, B6, B12.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk trombofilia (darah kental)?

Untuk mendapatkan diagnosis, dokter akan mencari penyebab penggumpalan darah, terutama jika penyakit ini terjadi pada mereka yang berusia kurang dari 50 tahun. Pembekuan darah berulang kali bisa saja terjadi tanpa penyebab yang jelas, darah membeku di lokasi yang tidak biasa, terjadi pembekuan selama atau setelah kehamilan serta keguguran. Dokter Anda mungkin memerlukan tes untuk menyingkirkan kelainan genetik. Ada suatu tes darah yang dapat dilakukan untuk menentukan faktor Leiden V, protein C, protein S, dan lupus antikoagulan dalam tubuh. Metode penggambaran juga digunakan untuk menemukan lokasi pembekuan darah.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi trombofilia (darah kental)?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi trombofilia.

  • Ingat bahwa pil KB dapat menyebabkan pembekuan darah. Obat ini tidak boleh digunakan banyak‐banyak dan harus disertai dengan arahan dokter.
  • Hereditas adalah salah satu penyebab trombosis, lebih baik segera periksakan anggota keluarga Anda untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit ini.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca