Definisi

Apa itu efusi pleura?

Efusi pleura adalah penumpukan cairan di pleura, yaitu rongga antara paru-paru dan dinding dada. Pada keadaan normal, terdapat sedikit cairan pada pleura sebagai pelumas agar paru-paru dapat bergerak dengan mulus pada rongga paru-paru. Terlalu banyak cairan dapat menyebabkan tekanan pada paru-paru, mengakibatkan kesulitan bernapas.

Seberapa umumkah efusi pleura?

Efusi pleura sangat umum terjadi, dan lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Efusi pleura dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala efusi pleura?

Anda mungkin merasa sakit pada dada, namun sering kali efusi pleura tidak menyebabkan sakit. Gejala-gejala umum dari efusi pleura adalah:

  • Batuk kering
  • Demam
  • Kesulitan bernapas saat berbaring
  • Nyeri dada
  • Sesak napas

Anda juga dapat mengalami gejala-gejala dari penyebab penumpukan cairan. Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab efusi pleura?

Efusi pleura disebabkan oleh iritasi atau infeksi pada paru-paru. Banyak kondisi medis yang dapat menyebabkan efusi pleura, seperti:

  • Infeksi paru-paru (pneumonia), tuberkulosis, dan kanker dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru dan pleura
  • Gagal jantung kongestif
  • Sirosis (fungsi hati yang buruk)
  • Emboli paru: penyumbatan pada arteri paru-paru
  • Penyakit ginjal yang parah dapat mempengaruhi bagaimana cairan disimpan dalam tubuh
  • Lupus dan penyakit autoimun lainnya

Perawatan seperti kemoterapi dan radioterapi untuk kanker atau operasi jantung post-open dapat menyebabkan efusi pleura.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk efusi pleura?

Ada banyak faktor risiko untuk efusi pleura, yaitu:

  • Memiliki kondisi-kondisi medis yang disebutkan di atas
  • Menjalani perawatan atau pengobatan kanker yang mempengaruhi bagaimana tubuh menahan cairan.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk efusi pleura?

Perawatan untuk efusi pleura meliputi mengatasi penyebab dan mengurangi gejala pada pasien. Tergantung pada kondisi yang menyebabkan penumpukan cairan, perawatan dapat bervariasi. Antibiotik digunakan apabila ada penyebab yang terinfeksi, dan diuretik digunakan untuk mengurangi ukuran efusi pleura.

Sering kali tidak perlu ada penanganan khusus untuk penumpukan cairan, karena cairan akan menghilang sendiri apabila penyebab diatasi. Apabila penumpukan cairan menyebabkan rasa tidak nyaman, dokter akan mengeluarkan cairan dengan aspirasi cairan pleura atau drainase pleura.

Beberapa perawatan untuk mengurangi penumpukan:

  • Pleurodesis. Cairan khusus akan disuntikkan ke area membran, menyebabkan peradangan kecil. Hal ini membantu mencegah cairan yang menumpuk bertambah banyak. Zat kimia yang sering digunakan adalah tetracycline, sterile talc dan bleomycin. Pleurodesis paling sering digunakan pada perawatan efusi berulang yang disebabkan oleh kanker.
  • Memasang drainase permanen agar cairan dapat keluar dari rongga dada begitu cairan terbentuk.
  • Operasi untuk memasang shunt (pirau) untuk mengeluarkan cairan dari dada ke rongga perut.
  • Pleurektomi. Operasi pengangkatan pleura kadang dilakukan pada orang dengan efusi akibat kanker apabila perawatan lainnya tidak berhasil.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk efusi pleura?

Efusi pleura didiagnosis saat Anda melakukan pemeriksaan fisik. Dokter dapat mendengarkan paru-paru dengan stetoskop atau mengetuk dada Anda dengan lembut (perkusi). Beberapa tes gambar juga dapat menunjukkan seberapa banyak penumpukan cairan pada paru-paru, seperti sinar X atau CT scan.

Tes yang disebut analisis cairan pleura atau thoracentesis meliputi memasukkan jarum tipis pada selaput pleura dan mengambil sampel cairan. Hal ini dapat menunjukkan apakah penumpukan cairan disebabkan oleh infeksi atau kondisi lainnya. Sampel juga akan diuji untuk sel kanker dan kadar protein.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi efusi pleura?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi efusi pleura:

  • Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Jika Anda sedang menjalani perawatan kanker, diskusikan dengan dokter mengenai kemungkinan efek samping dan bagaimana mencegah dan mengatasinya.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016