Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

5 Penyebab Perut Terasa Mual di Pagi Hari, Selain Karena Hamil

    5 Penyebab Perut Terasa Mual di Pagi Hari, Selain Karena Hamil

    Anda mungkin pernah terbangun dengan perasaan mual dan tidak nyaman di perut. Mual yang terjadi di pagi hari memang lebih sering dianggap sebagai salah satu tanda hamil, atau disebut juga morning sickness. Namun, penting diketahui bahwa mual di pagi hari tidak selalu berarti Anda sedang hamil, lho! Ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang memberikan gejala yang sama.

    Penyebab mual di pagi hari yang bukan karena hamil

    1. Kurang tidur

    bahaya kurang tidur

    Jika Anda terbangun dengan rasa mual di pagi hari, mungkin Anda sedang kelelahan karena kurang tidur. Bisa jadi karena efek jet lag, insomnia, atau tidurnya tidak nyenyak semalaman.

    Kurang tidur membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang memicu rasa mual saat bangun tidur.

    2. Salah makan

    Jenis makanan yang Anda santap sebelum tidur bisa menjadi penyebab mual di pagi hari. Mungkin saja makanan tersebut telah terkontaminasi bakteri Salmonella sehingga memicu gejala keracunan makanan, misalnya mual, muntah, sakit perut, hingga diare.

    Terbangun dengan rasa lapar juga bisa menyebabkan mual karena kadar gula darah Anda rendah. Itulah kenapa, jangan pernah lewatkan sarapan pagi supaya tubuh tetap sehat dan bugar.

    3. Asam lambung naik

    Rebamipide adalah obat

    Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali Anda makan? Bila Anda terakhir menyantap makanan jam 7 malam dan tidak sempat sarapan keesokan harinya, maka tak heran jika Anda mengalami mual di pagi hari.

    Telat makan menyebabkan asam lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Jika Anda tidak segera mengisi perut dengan makanan, asam lambung yang naik akan terus melukai lapisan tenggorokan dan memicu mual.

    4. Mabuk

    mabuk alkohol

    Jika Anda minum banyak alkohol semalam atau bahkan sampai mabuk, maka tak heran jika Anda merasa mual di pagi hari. Mabuk alkohol menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan kadar gula darah menurun drastis. Itulah sebabnya, kepala Anda terasa sakit, mual, hingga muntah ketika kebanyakan minum alkohol.

    5. Cemas

    gangguan kecemasan sosial (fobia sosial)

    Merasa deg-degan karena pagi ini ada ujian skripsi? Atau cemas karena mau presentasi di depan klien penting? Jika ya, bisa jadi inilah penyebab Anda mual di pagi hari.

    Luapan emosi seperti stres, gugup, atau kecemasan mengakibatkan kadar asam dan enzim dalam perut menjadi kacau. Otot perut Anda akan berkontraksi secara berlebihan dan memicu rasa mual atau bahkan sampai muntah.


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    health-tool-icon

    Kalkulator Kebutuhan Kalori

    Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Other Than Pregnancy, What Causes Morning Nausea? https://www.healthline.com/health/nausea-in-the-morning#causes. Accessed 29/1/2019.

    Causes of Morning Nausea. https://www.livestrong.com/article/27799-causes-morning-nausea/. Accessed 29/1/2019.

    13 Surprising Reasons You’re Nauseous. https://www.health.com/digestive-health/nausea-causes. Accessed 29/1/2019.

    Foto Penulis
    Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 3 weeks ago
    Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus
    Next article: