Pentingnya Mengajarkan Anak Untuk Merawat Kulit Sejak Dini (dan Caranya)

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Perawatan kulit sangatlah penting. Rutinitas perawatan kulit yang telaten dapat membantu Anda untuk melindungi kesehatan kulit seumur hidup. Dengan demikian, penting bagi Anda sebagai orangtua untuk mulai mengajarkan anak tentang cara merawat kulit yang baik demi masa depan mereka.

Ajarkan anak untuk cari tahu jenis kulit mereka

Yang pertama Anda harus ajarkan pada anak tentang cara merawat kulit adalah untuk mengenali jenis kulit mereka lebih dulu. Jenis kulit anak dapat ditentukan oleh dokter kulit atau oleh Anda sendiri. Ada beberapa tanda yang dapat menjadi panduan Anda.

  • Kulit normal: Warna kulit rata, halus; teksturnya lembut. Tidak tampak adanya pori-pori, cacat, noda merah, komedo. Permukaan kulit tidak terlalu berminyak atau terlalu kering, karena kadar air dan minyak wajah seimbang, suplai darah di wajah juga baik. Ini adalah jenis kulit yang paling sempurna yang tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan.
  • Kulit kering: Kulit kasar dan bersisik, gatal, pori-pori besar. Anda dapat melihat pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit. Kulit kering bisa jadi semakin kering selama bulan-bulan musim dingin sewaktu kelembapan rendah. Sabun dan scrubbing berlebihan dapat membuat kulit semakin kering.
  • Kulit berminyak: Kulit terlihat mengkilap. Ada pori-pori yang terbuka, jerawat, dan komedo. Anda dapat melihat minyak pada kulit. Kulit berminyak membutuhkan lebih banyak dicuci.
  • Kulit kombinasi: Kulit berminyak di dagu, kening, hidung; dan kering di bagian lainnya. Ada pori-pori yang besar dan beberapa komedo.

Ajarkan anak cara merawat kulit yang tepat untuk setiap jenis kulit

Pandu anak Anda untuk membersihkan kulit secara teratur berdasarkan jenis kulitnya. Cara membersihkan kulit yang efektif penting untuk mengangkat kotoran, kelebihan minyak, dan sel-sel kulit mati.

Menjaga kebersihan tangan juga penting karena tangan yang kotor dapat menyebarkan kotoran atau kuman. Cuci tangan dengan air bersih dan sabun. Bersihkan telapak, pergelangan tangan, dibawah kuku, dan diantara jari. Ada bakteri dan kotoran di area ini.

Produk pembersihan kulit harus sesuai dengan kulit anak Anda. Pilih produk tanpa banyak pewangi atau warna. Air tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin. Air suam-suam kuku adalah pilihan terbaik. Bersihkan tubuh dengan sabun dan ingatlah untuk membersihkan ketiak dan di belakang area telinga. Wajah harus diberi perhatian lebih. Ketika anak Anda memasuki pubertas, kulit memproduksi lebih banyak minyak jadi ingatlah untuk membersihkannya dengan seksama.

Ada produk khusus untuk menghapus makeup mata dan bibir. Pilihlah produk bebas pewangi untuk melindungi mata.

Ajarkan anak untuk rajin minum air putih

Jika anak Anda memiliki kulit berminyak, ia mungkin berpikir bahwa pelembap tidaklah penting. Namun, kulit berminyak adalah kulit dengan minyak berlebih. Dan kulit yang sehat membutuhkan keseimbangan air dan minyak. Pelembap untuk kulit berminyak harus bebas minyak.

Ingatkan anak Anda untuk menggunakan pelembap setelah membersihkan dan rajin minum air putih

Ajarkan anak untuk lindungi kulit dengan tabir surya

Tabir surya akan melindungi kulit dari kerusakan oleh radiasi UV dari matahari. Bahkan jika kulitnya berwarna gelap, anak Anda tetap membutuhkan tabir surya untuk menghindari terbakar matahari. Tabir surya dengan SPF minimum 30 hingga 45 adalah yang ideal.

Menggunakan tabir surya dengan pakaian berlengan panjang dan celana panjang dapat membantu melindungi kulit dengan lebih baik. Anda juga dapat memberi tahu anak Anda untuk menggunakan masker dan topi. Beri tahu mereka untuk tidak panas-panasan di bawah terik matahari langsung dari pukul 10 pagi hingga 2 siang.

Bantu anak untuk memecahkan masalah kulitnya

Beri tahu anak Anda bahwa jerawat adalah bagian normal dari masa tumbuh kembang. Beri tahu mereka untuk tidak merasa rendah diri atau malu dengan kondisi kulitnya. Banyak remaja lain yang juga berjerawat selama puber. Jerawat muncul ketika minyak yang berlebih becampur dengan sel-sel kulit mati dan kotoran dikulit, menyumbat pori-pori. Jerawat dapat diobati dengan efektif dengan perawatan sederhana.

Anda harus beri tahu anak Anda untuk tidak menggunakan produk berminyak, mencuci muka terlalu sering, atau memencet jerawat. Beberapa obat jerawat yang dijual bebas dapat membantu, seperti benzoil peroksida. Jika jerawatnya parah, ajak anak Anda konsul ke dokter kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

Membentak anak dapat memberikan dampak yang buruk. Apa akibat dari anak terlalu sering dibentak dan apa yang harus dilakukan orangtua?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Parenting, Tips Parenting 22/06/2020 . 8 mins read

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Tips ini akan membantu Anda menerapkan kebiasaan kesehatan gigi dan mulut pada anak sejak dini. Yuk, cari tahu apa saja caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Parenting, Tips Parenting 16/06/2020 . 5 mins read

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 09/06/2020 . 6 mins read

Bagaimana Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak yang Bikin Jengah?

Kemarahakn yang muncul dari anak tanpa diketahui alasannya kerap membuat Anda jengah. Begini cara menghadapi ledakan amarah anak dengan baik.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 06/06/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 mins read

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
mengatasi ruam popok bayi

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 mins read
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 mins read