5 Cara Mengurangi Asupan Gula Pada Anak yang Gemar Camilan Manis

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Asupan gula berlebih dari makanan dan minuman manis dapat memicu kerusakan gigi, obesitas, serta sejumlah penyakit lain pada anak. Sayangnya, tidak semua orangtua memahami cara mengurangi asupan gula agar anak tak memakannya berlebihan.

Cara tepat mengurangi asupan gula anak

Gula terdapat dalam berbagai macam camilan yang dikonsumsi anak, dari roti, kue, biskuit, jus kemasan, es krim, dan masih banyak lagi. Tanpa disadari, anak Anda mengonsumsi semua makanan dan minuman manis hampir setiap hari.

Meski demikian, mengurangi asupan gula bukanlah mustahil. Berikut adalah sederet tips yang dapat Anda lakukan:

1. Sarapan bergizi seimbang

Faktanya, keluarga Anda mungkin mengonsumsi lebih banyak gula ketika sarapan dibandingkan saat makan hidangan penutup yang identik dengan rasa manis. Asupan gula dapat berasal dari sereal, susu, jus kemasan, selai, hingga gula dalam secangkir teh manis.

Sarapan dengan bahan-bahan praktis tersebut tidak sepenuhnya keliru. Akan tetapi, cobalah menyelingi setiap harinya dengan bahan makanan yang mengandung lebih banyak nutrisi. Misalnya telur, yogurt tawar, oatmeal tawar, nasi merah, sayuran, serta buah-buahan.

2. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran

Memberikan buah dan sayuran adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi asupan gula anak. Pasalnya, buah dan sayuran mengandung serat dan air yang membuat anak merasa kenyang lebih lama. Jadi, si kecil tidak sering makan camilan manis.

Anak-anak dalam masa tumbuh-kembang membutuhkan 1-2 porsi buah dan 2-5 porsi sayur dalam sehari. Seporsi buah setara dengan 1 buah apel atau jeruk sedang, sementara seporsi sayuran setara dengan 1 mangkuk kecil salad.

sayuran terbaik untuk anak

3. Mengonsumsi makanan alami dengan gizi utuh

Sebagian besar camilan anak-anak telah melewati berbagai tahap pemrosesan. Makanan dan minuman ini juga telah diberikan bahan tambahan berupa pengawet, pewarna, dan pemanis buatan dengan kandungan gula yang tinggi.

Untuk mengurangi asupan gula anak, berikan ia makanan alami dalam bentuk yang masih utuh. Misalnya dengan mengganti sirup yang manis menjadi madu, saus apel dengan apel sungguhan, dan makanan ringan berupa kacang-kacangan.

4. Membuat camilan sendiri

Saat bepergian dengan anak, Anda akan lebih mudah membelikan camilan kemasan untuknya. Nah, Anda dapat mencegah hal ini dengan membuat camilan sendiri yang lebih menyehatkan dan rendah kandungan gula.

Ada beragam bahan makanan menyehatkan yang bisa Anda jadikan camilan. Misalnya kacang-kacangan, keju, smoothie buah, telur rebus, dan kentang panggang. Selain itu, Anda juga dapat membuat kue sederhana dengan bahan-bahan tersebut.

5. Mengajari anak untuk minum air putih lebih banyak

Mengajari anak untuk minum air putih adalah langkah yang efektif untuk mengurangi asupan gula. Selain menyegarkan, air putih juga tidak akan menyebabkan masalah kesehatan seperti halnya minuman manis.

Jadi, mulailah bekali anak Anda dengan sebotol air putih sebelum berangkat sekolah atau pergi bermain. Ajarkan si kecil untuk menghabiskan air putih yang Anda bawakan agar ia semakin terbiasa.

Tidak ada cara praktis untuk mengurangi asupan gula anak. Hasilnya bergantung pada kebiasaan di rumah dan cara Anda mengajari anak untuk membatasi konsumsi camilan manis.

Menerapkan seluruh cara di atas tentu sulit pada awalnya. Namun, anak Anda akan memperoleh manfaat besar bagi kesehatannya setelah bertahun-tahun mendatang.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca