home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Resep Pasta untuk Menurunkan Berat Badan

4 Resep Pasta untuk Menurunkan Berat Badan

Ketika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, zat gizi karbohidrat kerap dilarang dikonsumsi. Namun, masih ada cara tanpa harus mengorbankan diet Anda yakni dengan pasta. Apa saja resep pasta yang perlu dicoba?

Resep pasta penurun berat badan

Rebecca Scritchfield, R.D.N., seorang pendiri Capitol Nutrition Group di Washington, D.C., tidak pernah melarang kliennya untuk melakukan sesuatu yang tidak bisa mereka lakukan dalam hidup mereka.

“Jika Anda tidak bisa membayangkan hidup tanpa pasta, janganlah melakukannya. Temukanlah cara untuk menikmati pasta yang dapat menyesuaikan selera dan tubuh Anda,” katanya.

Oleh karena itu, mari kita lihat berbagai resep bahan makanan pasta untuk menurunkan berat badan berikut ini!

1. Pasta Primavera

http://www.health.com/health/gallery/0,,20573344,00.html#spaghetti-and-turkey-meatballs-in-tomato-sauce--0
Sumber: Health.com

Pasta ini selezat kecantikannya. Pasta yang Anda gunakan tidak harus berbentuk kupu-kupu, pasta apa pun tak masalah, hanya saja bentuk kupu-kupu ini terlihat sangat unik.

Bahan-bahan yang digunakan untuk resep pasta ini yaitu: minyak zaitun, bawang merah, bawang putih, tomat, susu rendah lemak, garam, pasta farfalle (atau bentuk pasta lain), wortel, asparagus, zucchini, daun kemangi, dan keju parmesan.

Jumlah kalori per sajiannya yakni 286 kalori.

2. Spaghetti dan kerang

http://www.health.com/health/gallery/0,,20573344,00.html#spaghetti-and-turkey-meatballs-in-tomato-sauce--0
Sumber: Health.com

Kerang memiliki rasa manis-asin yang lezat dan juga sesuatu yang memiliki kalori rendah. Selain itu, mereka juga merupakan sumber zat besi yang baik.

Bahan-bahan yang dapat Anda gunakan untuk resep pasta ini yakni spaghetti gandum, mentega tawar, bawang putih, kerang, paprika merah, jus lemon segar dan keju parmesan.

Jumlah kalori per sajiannya yaitu 276 kalori.

3. Fusilli sosis, tomat, dan kedelai

http://www.health.com/health/gallery/0,,20573344,00.html#spaghetti-and-turkey-meatballs-in-tomato-sauce--0
Sumber: Health.com

Jika Anda mencari makanan yang dapat membuat Anda kenyang selama berjam-jam, maka ini adalah hidangan yang paling tepat untuk Anda.

Bahan-bahan yang digunakan resep pasta ini yaitu minyak zaitun, sosis, pasta tomat, kacang kedelai, daun mint, paprika merah, fusilli gandum, keju parmesan, dan peterseli.

Jumlah kalori per sajian yakni 435 kalori.

4. Spaghetti dan bakso kalkun saus tomat

http://www.health.com/health/gallery/0,,20573344,00.html#spaghetti-and-turkey-meatballs-in-tomato-sauce--0
Sumber: Health.com

Seluruh keluarga Anda pasti akan menyukai hidangan lezat ini. Spaghetti ini dilengkapi dengan bakso daging kalkun tanpa lemak yang membuatnya lebih sehat, dan juga kacang-kacangan untuk meningkatkan pati resisten.

Bahan-bahan yang digunakan pada resep pasta ini yaitu daging kalkun, keju parmesan, peterseli, remah-remah roti gandum, telur, garam, merica, minyak zaitun, bawang merah, bawang putih, tomat, kacang pinto, dan spaghetti.

Jumlah kalori per sajian yakni 439 kalori.

Pedoman penting dalam memasak pasta rendah kalori

Beberapa resep pasta di atas adalah sejumlah contoh dari pasta rendah kalori penurun berat badan. Anda bisa saja membuat resep Anda sendiri dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Fokus pada rasa

Anda cenderung makan tidak berlebihan ketika menyantap hidangan yang sangat enak. Maka, variasikanlah mangkuk hambar Anda dengan tomat, minyak zaitun, bawang putih, dan kemangi segar.

Anda harus menjauhkan protein favorit Anda agar hidangan Anda kurang dari 450 kalori.

2. Pastikan pasta terbuat dari gandum utuh

Ada perbedaan antara memakan roti putih dan memakan segumpal kecil pasta gandum. “Tidak semua karbohidrat diciptakan sama,” kata Mary Hartley, R.D., seorang ahli untuk DietsInReview.com.

“Ahli gizi merekomendasikan setidaknya makan 40% karbohidrat dari kalori, dan karbohidrat itu terutama harus datang melalui makanan.” Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi pasta gandum, atau pasta dari beras merah untuk alternatif lainnya.

3. Perbanyak sayuran

Jika Anda telah memilih karbohidrat favorit Anda, mengapa tidak untuk membanjirinya dengan nutrisi sebanyak mungkin? Tambahkan porsi yang banyak dari jamur, zucchini, tomat, dan buah zaitun.

Cobalah memanggang sayuran, serta mengukus sayuran yang sudah layu dari kulkas Anda dan menyatukannya dengan saus, dengan begitu Anda akan lupa bahwa mereka ada dalam hidangan.

4. Buatlah pasta sebagai hidangan pelengkap sayur dan protein

Fokus pada sayuran dan sumber protein Anda, kemudian buatlah porsi pasta seukuran kepalan tangan sebagai lauk dengan saus sederhana dari minyak zaitun, lemon, dan keju parmesan.

Dengan begitu, Anda masih bisa menikmati pasta kesukaan Anda, namun hanya sebagai pelengkap untuk salad segar dan protein sehat Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

14 Slimming Pizza and Pasta Recipes http://www.health.com/health/gallery/0,,20573344,00.html#spaghetti-and-turkey-meatballs-in-tomato-sauce–0. Accessed September 29, 2016.

How to Eat Pasta and Still Lose Weight http://www.shape.com/healthy-eating/diet-tips/how-eat-pasta-and-still-lose-weight. Accessed September 29, 2016.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adinda Rudystina Diperbarui 14/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x