home
close

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Kata Dunia Medis tentang Manfaat Sari Pati Ayam untuk Kesehatan

Apa Kata Dunia Medis tentang Manfaat Sari Pati Ayam untuk Kesehatan

Sari pati ayam sudah lama diketahui memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sari pati ayam adalah ekstrak yang didapat dari proses pemanasan ayam sedemikian rupa, sehingga memunculkan protein Bio Amino Peptida yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Berbeda dengan makan daging atau kaldu ayam, konsumsi sari pati ayam, lebih sehat karena sari pati ayam mengandung lebih tinggi konsentrasi protein bio amino peptidanya, namun bebas lemak dan bebas kolesterol sehingga tidak memiliki efek samping.

Sari pati ayam ini sudah lama dipercaya sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan, di Eropa maupun di Asia dan sudah teruji klinis secara manfaatnya. Memangnya apa saja manfaat sari pati ayam yang sudah teruji secara medis?

1. Bantu meningkatkan imunitas tubuh

Sistem imun atau imunitas Anda sekarang ini perlu menjadi prioritas utama mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Berkaitan dengan ini, manfaat pertama dari sari pati ayam adalah membantu meningkatkan sistem imun Anda.

Berdasarkan studi tahun 2007 dari Cambridge University, sari pati ayam terbukti memiliki efek dorongan pada tingkat serum immunoglobulin, entah itu ketika tubuh dalam kondisi normal maupun saat berada dalam kondisi di bawah tekanan, seperti stres kelelahan.

Di samping itu, menurut sebuah jurnal dari Journal of Food Science tahun 2012, berkat manfaat sari pati pada sistem imun, penyakit infeksi influenza dapat dicegah dengan cara memodulasi fungsi imunitas atau kekebalan.

2. Mengurangi kelelahan tubuh

Salah satu khasiat terbaik dari sari pati ayam adalah meningkatkan laju metabolisme tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh Takeshi Ikeda dan timnya pada jurnal yang diterbitkan pada Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry tahun 2001, dengan melakukan uji sari pati ayam terhadap disfungsi metabolik akibat stres.

Laju metabolisme adalah jumlah kalori yang harus dibakar guna menjalankan fungsi tubuh. Jika tingkat metabolisme tubuh cepat, maka proses pembakaran kalorinya menjadi lebih efisien sehingga mengurangi jumlah lemak di tubuh. Nah, konsumsi sari pati ayam telah terbukti meningkatkan laju metabolisme, sehingga pasokan energi tubuh menjadi lebih maksimal dan Anda pun tidak mudah lelah.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 17 responden sehat, konsumsi sari pati ayam dapat meningkatkan laju metabolisme. Selain itu, bahan alami ini dapat mengurangi kadar lipid dalam plasma dan meningkatkan aktivitas lipoprotein lipase. Peningkatan metabolisme plasma lipid ini dapat dimanfaatkan sebagai energi tubuh untuk kembali beraktivitas.

3. Meningkatkan fokus dan konsentrasi otak

Orang yang sedang mengalami stres atau kelelahan tentu akan sulit memusatkan perhatian, entah saat belajar atau melakukan pekerjaan sehari-hari saat mengejar deadline. Bila Anda mengalami hal yang sama, ini bisa disiasati dengan minum sari pati ayam.

Sari pati ayam mengandung protein bio amino peptida yang bermanfaat untuk mengatasi rasa cemas akibat stres. Sebuah penelitian oleh Zain AM dan timnya yang diterbitkan pada Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences pada 2008 melaporkan bahwa sari pati ayam memberikan hasil positif pada kinerja otak yang diukur melalui EEG.

Gelombang alfa dan beta pada target penelitian yang diberikan sari pati ayam menunjukkan adanya peningkatan di layar EEG. Ini artinya, pelepasan hormon stres dalam tubuh menjadi lebih maksimal, sehingga stres pun lebih cepat diatasi.

Sari pati ayam juga terbukti meningkatkan aliran oksigen ke otak sehingga membuat kinerja otak lebih optimal, sehingga setelah minum sari pati ayam, Anda lebih mudah berkonsentrasi penuh terhadap apa pun yang sedang Anda kerjakan.

4. Mempercepat pemulihan setelah berolahraga

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada The Chinese Journal of Physiology tahun 2006, sari pati ayam terbukti dapat mempercepat pemulihan otot tubuh setelah berolahraga. Hsin-I Lo dan tim dalam risetnya mencatat bahwa kandungan bahan alaminya terbukti dapat meningkatkan pembuangan laktat dan amonia dalam plasma tubuh.

Studi ini melibatkan 12 partisipan untuk menjalankan olahraga tunggal hingga mengalami kelelahan. Dalam waktu 5 menit setelah latihan selesai, sebagian partisipan diberikan protein dan sebagian lainnya diberikan sari pati ayam untuk dikonsumsi secara langsung. Selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah selama masa pemulihan untuk mengetahui efek kedua bahan tersebut terhadap konsentrasi laktat dan amonia.

Hasilnya, tingkat amonia dan laktat pada kelompok yang mengonsumsi sari pati ayam ternyata lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang diberi protein. Artinya, minum sari pati ayam terbukti mampu mempercepat pemulihan tubuh yang lelah setelah beraktivitas.

Dari mana mendapatkan sari pati ayam?

Meski terbuat dari bahan alami, sari pati ayam bukan sesuatu yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah. Untuk mendapatkan manfaat sari pati ayam, perlu dilakukan proses pemanasan double-boiling selama 10-12 jam dengan suhu tinggi, menggunakan teknologi tertentu. Proses ini juga penting untuk memastikan sari pati ayam yang dihasilkan tidak lagi mengandung lemak dan kolesterol.

Untungnya saat ini sudah tersedia produk sari pati ayam yang siap minum. Namun pastikan Anda memilih produk sari pati ayam yang sudah dipercaya dan terbukti dari generasi ke generasi karena kandungannya 100% alami, tanpa tambahan bahan pengawet dan bahan kimia. Anda juga tak perlu khawatir, karena minum suplemen sari pati ayam terbukti sehat dan aman bagi semua orang termasuk ibu hamil dan anak-anak di atas usia 6 bulan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Essence of Chicken. http://www.essenceofchicken.com/. Accessed 8/2/2018.

Effect of Taking Chicken Essence on Stress and Cognition of Human Volunteers. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22692529. Accessed 8/2/2018.

Effects of Chicken Essence Tablets on Resting Metabolic Rate. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/11676025/. Accessed 8/2/2018.

The Protective Effect of BRAND’S Essence of Chicken (BEC) on Energy Metabolic Disorder in Mice Loaded with Restraint Stress. https://www.researchgate.net/publication/246500774_The_Protective_Effect_of_BRAND’S_Essence_of_Chicken_BEC_on_Energy_Metabolic_Disorder_in_Mice_Loaded_with_Restraint_Stress. Accessed 8/2/2018.

Effects of Postexercise Supplementation of Chicken Essence on the Elimination of Exercise-Induced Plasma Lactate and Ammonia. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16548420. Accessed 8/2/2018.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4902523/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4113764/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4344566/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 22/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x