home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian ISFJ, Serta Karir yang Sesuai

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian ISFJ, Serta Karir yang Sesuai

Apakah Anda punya tipe kepribadian ISFJ? Berdasarkan data dari Ball State University, ISFJ adalah tipe kepribadian yang paling banyak dimiliki oleh populasi dunia dengan persentase sebesar 13,8 persen. Sementara itu, tipe kepribadian lainnya, seperti INFJ, INTJ maupun INFP berada di bawah angka tersebut. Memangnya seperti apa sih karakter orang dengan tipe kepribadian ISFJ? Kira-kira, karir apa yang cocok dengannya? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Kepribadian Seseorang Bisa Berubah, Benarkah?

Apa arti dari ISFJ?

ISFJ adalah satu dari 16 tipe kepribadian menurut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Indikator ini dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs, berdasarkan teori tipe kepribadian yang dicetuskan oleh Carl G. Jung.

Melalui indikator ini, seseorang dapat mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensinya ke depan, termasuk karir. Adapun tipe kepribadian tersebut diidentifikasi berdasarkan empat skala utama, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Berdasarkan skala tersebut, ISFJ adalah tipe kepribadian dengan karakter utama introversion (I), sensation (S), feeling (F), dan judging (J). Untuk lebih jelasnya, berikut adalah arti dari masing-masing karakter ISFJ tersebut:

  • Introversion artinya orang ini memiliki karakter introvert atau yang lebih suka menghabiskan waktunya sendirian.
  • Sensation berarti orang ini lebih menyukai informasi yang konkret dan detail daripada ide, konsep, atau gambaran besar.
  • Feeling artinya orang ini membuat keputusan berdasarkan emosi atau perasaan dan nilai daripada informasi objektif.
  • Judging berarti orang ini lebih suka sesuatu yang direncanakan dan diatur daripada hal yang spontan dan fleksibel.

Dilansir dari The Career Project, seseorang dengan ISFJ personality kerap mendapat julukan “the Protector” (sang pelindung) atau “the Nurturer” (sang pemelihara) karena ketulusannya membantu dan melayani orang lain. Ia cenderung ingin berkontribusi pada masyarakat, terutama yang berkaitan dengan menjaga orang lain.

Kelebihan tipe kepribadian ISFJ

mengalami gangguan kecemasan

Seseorang dengan tipe kepribadian ISFJ memiliki tanda-tanda atau karakteristik yang khas, baik positif maupun negatif. Berikut adalah kelebihan atau karakteristik positif dari kepribadian ISFJ:

  • Terstruktur

Orang dengan kepribadian ISFJ adalah pribadi yang terstruktur, teratur, dan tertib dalam segala hal. Karakter inilah yang membuat dirinya senang melakukan rutinitas yang berulang dan berurutan. Ia menjadi antusias dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang menuntut rutinitas tersebut.

  • Hangat dan perhatian pada orang lain

Seseorang dengan kepribadian ini adalah individu yang hangat, baik hati, penyayang, dan perhatian pada orang lain. Ia dikenal karena kepeduliannya membantu orang lain serta memastikan bahwa orang lain aman dan sejahtera, bahkan tanpa berharap balasan atau imbalan apapun.

  • Antusias

Meski tampak pendiam, ia merupakan seorang pekerja keras yang serius dan dapat diandalkan. Ia memberikan perhatian seluruhnya untuk menyelesaikan tugas yang perlu ia lakukan.

  • Teliti

Individu dengan kepribadian ISFJ fokus pada detail yang kecil daripada konsep dan gambaran besar. Oleh karena itu, ia cenderung teliti dan tajam dalam mengerjakan sesuatu, memikirkan akurasi, serta memiliki ingatan yang bagus pada detail-detail yang kecil.

  • Loyal

Sifatnya yang pekerja keras dan peka pada perasaan orang lain membuat ia tumbuh menjadi pribadi yang loyal dan setia. Ia seringkali membentuk ikatan emosional dengan tempat kerja yang ia rasa telah mendedikasikan dirinya.

Kekurangan dari orang kepribadian ISFJ

Berikut adalah karakter negatif dari kepribadian ISFJ:

  • Pendiam atau pemalu

Tak seperti karakter ekstrovert, sifatnya yang introvert membuat ia cenderung menjadi pendiam dan pemalu. Bahkan, terkadang orang salah menafsirkannya sebagai perilaku yang angkuh, meski ini bukanlah kenyataannya.

menyalahkan diri sendiri

  • Tertutup dan sulit mengekspresikan perasaan

Kepekaan dan kepeduliannya pada orang lain justru membuat ia sulit untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Alih-alih untuk berbagi perasaannya, ia justru sering memendamnya. Bahkan terkadang, sampai menimbulkan perasaan negatif terhadap orang lain.

  • Tidak suka perubahan

Individu dengan karakter ISFJ suka segala sesuatu hal yang teratur dan tertib. Oleh karena itu, ia kerap tidak suka bekerja dalam situasi di mana peraturan terus menerus berubah. Ia pun bisa merasa kesal dan jengkel jika ada orang lain yang melanggar atau mengabaikan peraturan, meski ekspresinya tersebut tidak selalu diperlihatkan.

  • Kerap diremehkan

Sifatnya yang pekerja keras, dapat diandalkan, dan jarang mengharapkan imbalan atas usahanya membuat ia terkadang dianggap remeh dan dimanfaatkan orang lain. Hal inilah yang juga terkadang membuat ia memendam emosi hingga merasa menderita.

  • Sering mengabaikan kepentingannya sendiri

Ia terlalu mementingkan perasaan dan kebutuhan orang lain, sehingga terkadang ia mengabaikan kepentingannya sendiri. Ia pun cenderung mencoba untuk melakukan semua pekerjaannya daripada memaksa orang lain membantunya. Hal ini yang membuat ia sering bekerja berlebihan, hingga merasa kelelahan atau menimbulkan kejang otot.

Karir yang cocok dengan kepribadian ISFJ

memilih perawat lansia

Seseorang dengan tipe kepribadian ISFJ umumnya akan berkembang di lingkungan ia dapat memperhatikan kebutuhan orang lain, seperti seorang perawat. Dengan menjadi perawat, ia dapat menunjukkan kepeduliannya pada orang lain sekaligus menggunakan keterampilan dan keinginannya untuk bekerja teratur sesuai dengan prosedur.

Meski memiliki karakter introvert sekalipun, ia cenderung memiliki keterampilan sosial yang kuat karena kepekaannya terhadap perasaan orang lain. Dengan demikian, ia cenderung tidak mengalami masalah saat menjadi perawat, serta dapat berinteraksi dan memahami pasien.

Meski demikian, perawat bukanlah satu-satunya karir yang cocok dengan kepribadian ISFJ. Pekerjaan di bidang kesehatan lainnya juga disebut tepat untuk dijalani oleh seseorang dengan kepribadian ini, seperti dokter atau apoteker.

Selain di kesehatan, seseorang dengan kepribadian ini pun cenderung cocok di bidang karir lainnya yang mengedepankan layanan serta terkait dengan segala sesuatu yang terstruktur. Berikut adalah beberapa pilihan karir yang umumnya cocok dengan ISFJ:

  • Pekerja sosial
  • Konselor
  • Guru
  • Akuntan
  • Bankir
  • Sekretaris
  • Administrator
  • Psikolog
  • Penyedia penitipan anak
  • Manajer kantor

Kalkulator BMI

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Myers & Briggs Foundation – MBTI® Basics. Myersbriggs.org. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/.

The Myers & Briggs Foundation – The 16 MBTI® Types. Myersbriggs.org. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/the-16-mbti-types.htm.

Cazenovia.edu. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.cazenovia.edu/sites/default/files/document/ISFJ.pdf.

ISFJ Careers, Best Jobs for ISFJ’s – The Career Project. The Career Project. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.thecareerproject.org/personality-type/isfj/.

Your ISFJ Personality Type – CAPT.org. Capt.org. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.capt.org/type-for-life/mbti-type-isfj.htm.

ISFJ. Cpp.edu. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.cpp.edu/~career/mbti/isfj.html.

ISFJ Personality Type: The Nurturer – Online Personality Tests. Online Personality Tests. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.onlinepersonalitytests.org/personality-test/isfj/.

I’m a ‘Protector’ – What Careers and Majors Work Well with Your Personality Type?. Bsu.edu. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.bsu.edu/about/administrativeoffices/careercenter/tools-resources/personality-types/isfj#accordion_careers.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 09/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x