backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Tipe Kepribadian ISFJ, Sosok Introvert yang Berjiwa Sosial Tinggi

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 5 hari lalu

Tipe Kepribadian ISFJ, Sosok Introvert yang Berjiwa Sosial Tinggi

Salah satu tipe kepribadian yang paling umum adalah ISFJ. Memang, seperti karakter orang dengan tipe kepribadian ini? Karier apa kira-kira yang cocok dengannya? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa itu tipe kepribadian ISFJ?

ISFJ adalah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Tipe kepribadian ini terdiri dari introversion (I), sensing (S), feeling (F), dan judging (J).

Dilansir dari laman The Career Project, orang dengan personality ISFJ biasanya mendapatkan julukan “The Protector” (sang pelindung) atau “The Nurturer” (sang pemelihara).

Kedua julukan ini muncul karena ketulusan orang tersebut untuk membantu dan melayani orang lain. 

Kelebihan utama orang dengan tipe kepribadian ini adalah kontribusinya yang tinggi pada masyarakat berkat sifatnya yang hangat, peduli, berdedikasi, dan dapat diandalkan.

Di sisi lain, orang dengan kepribadian ini juga memiliki kelemahan, seperti perfeksionis, dinilai terlalu sensitif, dan kesulitan untuk mengatakan tidak pada orang lain.

Tahukah Anda?

Berdasarkan data dari Ball State University, ISFJ adalah tipe kepribadian yang paling banyak dimiliki oleh populasi dunia dengan persentase sebesar 13,8 persen. Tipe kepribadian lain, seperti INFJ, INTJ, maupun INFP masih berada jauh di bawah angka tersebut.

Ciri-ciri orang dengan kepribadian ISFJ

kepribadian isfj

Sejumlah karakteristik umum yang terlihat dari orang dengan kepribadian ISFJ adalah sebagai berikut.

1. Berorientasi pada detail

Orang dengan tipe kepribadian ini sangat tertarik pada tugas-tugas yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi. Mereka juga cenderung terorganisasi dalam bekerja.

Selain itu, ISFJ juga dikenal memiliki ingatan yang sangat baik. Mereka mungkin mampu mengingat detail-detail kecil yang sering kali dilewatkan orang lain.

2. Suka membantu

ISFJ memiliki keinginan yang tulus untuk membantu orang lain. Mereka juga memiliki altruisme, yakni sikap yang lebih memperhatikan dan mengutamakan kepentingan orang lain.

Tindakan dari orang-orang dengan kepribadian ini semata-mata bertujuan untuk membuat dunia menjadi lebih baik.

Mereka siap untuk menyumbangkan sebagian besar waktunya, menawarkan dukungan emosional, dan bahkan sukarela memberikan bantuan material kepada orang lain yang membutuhkan.

3. Setia dan dapat diandalkan

Sebagai orang yang setia dan dapat diandalkan, ISFJ memiliki komitmen serius dalam menjalin ikatan dengan orang yang dicintainya.

Tidak hanya soal asmara, mereka juga mempunyai rasa tanggung jawab tinggi terhadap tugas dan kewajiban mereka, baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan kerja.

4. Terpaku pada tradisi dan aturan

Mengutip Simply Psychology, seorang ISFJ sangat terpaku dengan tradisi dan aturan. Maka dari itu, banyak orang menganggap mereka sebagai pribadi yang kaku.

Mereka memiliki rasa patuh yang kuat terhadap nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Ini bertujuan agar diri mereka bisa mendapatkan kestabilan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Empati tinggi

Kepribadian ISFJ dilengkapi dengan kemampuan empati yang besar. Itu artinya mereka memiliki kemampuan dalam memahami dan merasakan perasaan, pikiran, serta pengalaman orang lain.

Dengan empati yang tinggi, mereka akan menawarkan dukungan kepada orang lain yang memerlukan bantuan. Sayangnya, karakteristik ini bisa membuat mereka menjadi terlalu sensitif.

Kelebihan dan kekurangan kepribadian ISFJ

tes mbti isfj

Orang dengan tipe kepribadian ISFJ memiliki tanda atau karakter yang khas, baik positif atau negatif. Berikut ini penjelasan kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian ini.

Kelebihan kepribadian ISFJ

Apabila memiliki teman atau rekan kerja dengan kepribadian ISFJ, Anda mungkin diuntungkan dengan beberapa kelebihan berikut ini.

  • Hangat, baik hati, penyayang, dan perhatian terhadap orang lain.
  • Terstruktur, teratur, dan tertib dalam melakukan rutinitas yang cenderung berulang.
  • Memiliki antusiasme yang tinggi dalam menyelesaikan tugas sehingga bisa diandalkan.
  • Teliti dalam mengerjakan sesuatu, memikirkan akurasi, dan memiliki ingatan yang baik pada detail-detail yang kecil.
  • Setia atau loyal karena mampu membangun ikatan emosional dengan tempat kerjanya.

Kekurangan kepribadian ISFJ

Sementara itu, orang dengan personality ISFJ mungkin dapat menyulitkan diri Anda dengan beberapa kekurangan berikut ini.

  • Cenderung pendiam dan pemalu sehingga sering dianggap angkuh, padahal tidak demikian.
  • Sulit mengungkapkan perasaan yang terkadang membuatnya memendam emosi hingga merasa menderita.
  • Tidak mampu bekerja dalam situasi dengan aturan yang terus-menerus berubah.
  • Sering dianggap remeh dan gampang dimanfaatkan oleh orang lain.
  • Lupa merawat diri sendiri dan kerap bekerja berlebihan.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang ISFJ memiliki kelebihan dan kekurangan di atas. Pada dasarnya, kepribadian atau karakter manusia dipengaruhi oleh banyak faktor.

Pekerjaan yang cocok dengan kepribadian ISFJ

Orang dengan tipe kepribadian ISFJ cenderung berkembang di lingkungan yang memungkinkan mereka untuk memperhatikan kebutuhan orang lain. 

Dengan menjadi tenaga kesehatan, misalnya, mereka mampu menunjukkan kepedulian kepada orang lain sekaligus memenuhi keinginannya untuk bekerja teratur sesuai prosedur.

Walau memiliki karakter introvert, seorang ISFJ cenderung memiliki keterampilan sosial yang kuat berkat empati atau kepekaannya terhadap perasaan orang lain.

Selain tenaga kesehatan, beberapa jenis pekerjaan lain yang cocok untuk ISFJ antara lain:

  • pekerja sosial,
  • konselor,
  • guru,
  • akuntan,
  • bankir,
  • sekretaris,
  • administrator,
  • psikolog,
  • pengasuh penitipan anak, dan
  • manajer kantor.

Perlu dipahami bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang memadai tentang akurasi tes MBTI. Bahkan, hasil tes ini mungkin berbeda setiap kali Anda melakukannya. 

Oleh karena itu, ada baiknya jangan mengandalkan MBTI sebagai satu-satunya metode untuk menilai kepribadian dari diri Anda.

Apabila Anda merasa kesulitan mengenal kepribadian dan potensi diri sendiri, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional, seperti psikolog.

Kesimpulan

  • Kepribadian ISFJ dalam tes MBTI terdiri atas introversion (I), sensing (S), feeling (F), dan judging (J).
  • Orang dengan tipe kepribadian ini dikenal sebagai sosok yang tulus membantu dan melayani orang lain. 
  • Namun, mereka juga dikenal sebagai seseorang yang perfeksionis, terlalu sensitif, dan kesulitan mengatakan tidak pada orang lain.
  • Umumnya, orang dengan tipe kepribadian ini cocok di bidang yang mengedepankan pelayanan, seperti dokter, perawat, psikolog, dan pekerja sosial.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 5 hari lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan