Kenapa Ibu Hamil Perlu Minum Minyak Ikan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/06/2020 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Ibu yang sedang hamil harus menjaga dan memilih makanannya, agar janin yang ada di dalam kandungan tetap sehat serta dapat berkembang dengan baik. Minyak ikan bisa dijadikan salah satu suplemen yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin, bahkan berpengaruh terhadap kesehatan anak setelah ia lahir. Salah satu manfaat minyak ikan yang baru-baru ini terbukti adalah dapat menurunkan risiko asma pada anak yang baru lahir.

Manfaat minyak ikan untuk mencegah bayi terkena gangguan pernapasan

Banyak sekali manfaat minyak ikan untuk kesehatan, salah satu manfaat yang baru saja ditemukan adalah mencegah asma pada anak apabila ibu mengonsumsinya sejak di masa kehamilan. Temuan ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Copenhagen Prospective Studis on Asthma in Childhood (COPSAC) dan University Waterloo.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 736 ibu yang sedang hamil di antara minggu 22 hingga 26. Dari total ibu hamil yang mengikuti penelitian ini, kemudian dipilih sebagian ibu hamil yang diminta untuk mengonsumsi suplemen yang diberikan oleh peneliti, sementara kelompok ibu yang lain tidak. Suplemen yang diberikan pada kelompok ibu hamil mengandung asam lemak tidak jenuh ganda omega-3 (LCPUFA) yang terdiri dari asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Jenis asam-asam lemak tersebut banyak ditemukan dalam minyak ikan.

Selanjutnya, kelompok ibu tersebut diminta untuk mengonsumsi suplemen asam lemak selama kehamilan hingga satu minggu setelah proses kelahiran. Selain itu, peneliti juga melakukan pemeriksaan berkala terhadap kadar asam lemak omega-3 dalam darah ibu selama masa kehamilan.

Lalu sejak kelahiran, para peneliti mengikuti perkembangan anak yang baru lahir tersebut hingga mereka mencapai usia 5 tahun. Selama waktu 5 tahun tersebut, peneliti melihat dan memperhatikan apakah anak mengalami gejala asma, gangguan pernapasan, serta infeksi saluran pernapasan.

Di akhir penelitian, hasil yang ditemukan yaitu kelompok ibu hamil yang rutin mengonsumsi suplemen minyak ikan tersebut selama trimester ketiga, menurunkan peluang gangguan dan infeksi saluran pernapasan pada anak mereka sebanyak 31%. Sedangkan suplementasi minyak ikan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut, juga mampu menurunkan risiko asma pada anak hingga mencapai 54%.

Manfaat minyak ikan untuk kekebalan tubuh bayi

Manfaat minyak ikan dalam penelitian ini telah terbukti menurunkan risiko asma pada bayi yang baru lahir, namun bagaimana caranya? Ada beberapa dugaan yang dapat menjawab hubungan antara minyak ikan dengan penurunan risiko asma pada bayi yang baru lahir. Seperti yang kita tahu, manfaat minyak ikan sangat banyak bagi kesehatan, beberapa di antaranya adalah mencegah peradangan dan infeksi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Sebenarnya, kandungan yang dimiliki minyak ikan, seperti asam lemak omega 3, DHA, dan EPA yang bereaksi di dalam tubuh. zat-zat tersebut mampu mencegah peradangan serta meningkatkan sistem imun. Ketika seorang ibu hamil mengonsumsi zat-zat tersebut, maka janin yang dikandungnya juga akan menerima zat yang sama – karena makanan janin berasal dari makanan yang ibu makan. Jumlah omega 3, DHA, dan EPA yang tinggi di dalam tubuh bayi, akan membuat tubuh terhindar dari penyakit infeksi, peradangan, serta meningkatkan sistem kekebalan bayi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Banyak ibu yang khawatir karena setelah sang buah hati lahir ke dunia, ASI tidak kunjung keluar dari payudara. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 05/06/2020 . 10 menit baca

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . 5 menit baca

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . 4 menit baca

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ibu hamil boleh puasa. Meski begitu, meneruskan puasa bagi ibu hamil dengan kondisi-kondisi ini tak cuma membahayakan kesehatannya, tapi juga bayinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 menit baca
tanda istri hamil

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 6 menit baca