home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Laparoskopi Dan Test Pewarna

Definisi|Pencegahan & peringatan|Proses|Komplikasi

Definisi

Apa itu laparoskopi dan tes pewarna?

Laparoskopi dan tes pewarna adalah bedah yang menggunakan operasi keyhole untuk mengetahui penyebab kesulitan hamil pada Anda. Tes pewarna akan menunjukkan mengapa tuba falopi Anda tersumbat. Laparoskopi akan menunjukkan jika Anda memiliki endometriosis, infeksi panggul, adhesi, kista ovarium atau fibroid. Pada beberapa wanita, penanganan minor juga dapat dilakukan secara bersamaan.

Kapan saya perlu menjalani laparoskopi dan tes pewarna?

Laparoskopi dan tes pewarna dapat membantu dokter mengetahui penyebab infertilitas Anda.

Pencegahan & peringatan

Apa yang perlu saya ketahui sebelum menjalani laparoskopi dan tes pewarna?

Ada beberapa alternatif selain laparoskopi dan tes pewarna. X‐ray atau tes ultrasound dapat menunjukkan apabila tuba Anda tersumbat.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani laparoskopi dan tes pewarna?

Diskusikan dengan dokter Anda tentang obat‐obatan yang sedang Anda konsumsi, alergi, atau kondisi kesehatan lainnya sebelum menjalani operasi. Sebelum operasi, atur jadwal pertemuan dengan ahli anestesi Anda. Penting untuk Anda ikuti instruksi dokter untuk berhenti makan atau minum sebelum operasi. Anda akan diberi instruksi sebelum operasi, seperti apakah Anda diperbolehkan makan sebelum operasi. Pada umumnya, Anda harus berpuasa 6 jam sebelum prosedur dimulai. Anda mungkin diperbolehkan untuk meminum cairan, seperti kopi, beberapa jam sebelum operasi.

Bagaimana proses laparoskopi dan tes pewarna?

Operasi biasanya dilakukan dengan bius total dan berlangsung selama sekitar 15 menit.Ahli bedah akan membuat beberapa sayatan kecil pada perut. Peralatan seperti teleskop akan dimasukkan ke dalam perut untuk dilakukan operasi. Pewarna akan disuntikkan dan akan melewati tuba falopi Anda.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani laparoskopi dan tes pewarna?

Anda diperbolehkan pulang pada hari yang sama. Tim medis akan menginformasikan Anda apa yang ditemukan pada laparoskopi dan tes pewarna dan mendiskusikan dengan Anda pengobatan atau tindakan lebih lanjut yang Anda perlukan. Beristirahatlah selama 1 sampai 2 hari dan minum obat penghilang rasa sakit jika dibutuhkan. Berolahraga dapat membantu Anda kembali beraktivitas seperti biasa. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?

Seperti prosedur lainnya, ada beberapa kemungkinan risiko. Mintalah ahli bedah untuk menjelaskan risiko pada Anda. Kemungkinan komplikasi pada prosedur umumnya dapat meliputi reaksi pada anestesi, perdarahan, atau penggumpalan pada darah (deep vein thrombosis, DVT). Pada prosedur laparoskopi dan tes pewarna, terdapat kemungkinan komplikasi yang spesifik, seperti:

● kerusakan pada struktur seperti usus, kandung kemih, atau pembuluh darah

● munculnya hernia di sekitar sayatan

● surgical emphysema

● kegagalan dalam mengetahui penyebab

● kegagalan prosedur

● infeksi pada organ ginekologis dan kandung kemih.

Anda dapat meminimalisir risiko komplikasi dengan mengikuti instruksi dari dokter sebelum operasi, seperti berpuasa dan berhenti mengkonsumsi obat tertentu.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 01/01/1970
x