Terus pantau perkembangan soal COVID-19 di sini.

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mediastinitis

Mediastinitis

Kebanyakan orang hanya mengetahui bronkitis atau pneumonia sebagai penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Padahal ada banyak kondisi lain, seperti mediastinitis yang juga menyerang organ pernapasan. Gejala penyakit ini hampir mirip dengan penyakit jantung sehingga kerap kali salah diagnosis. Ingin tahu lebih jauh mengenai penyakit ini? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Definisi mediastinitis

Mediastinitis adalah pembengkakan dan iritasi pada daerah mediastinum, yakni area di sekitar dada dan paru-paru. Mediastiunum berisi jantung, pembuluh darah besa, tenggorokan, kerongkongan, kelenjar timus, kelenjar getah bening, dan jaringan ikat.

Menurut laporan yang diterbitkan secara daring pada National Center for Biotechnology Information, ada tiga jenis peradangan pada mediastinum, yakni:

  • infeksi mediastinum pascaoperasi,
  • peradangan mediastinum nekrotikans desendens, dan
  • pembengkakan mediastinum fibrosing

Di antara ketiga jenis tersebut, yang paling umum terjadi adalah infeksi mediastinum yang muncul setelah operasi. Peradangan mediastinum dianggap sebagai kondisi serius yang berpotensi mengancam jiwa. Oleh karena itu, perlu penanganan medis segera jika dicurigai gejalanya dan dokter telah menetapkan diagnosisnya.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Peradangan pada mediastinum adalah kondisi yang cukup langka, bila dibanding dengan infeksi saluran pernapasan bawah lainnya, seperti bronkitis atau pneumonia. Meski kasusnya cukup jarang, infeksi ini bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang usia maupun jenis kelamin.

Tanda-tanda dan gejala mediastinitis

obat herbal tradisional sesak napas

Seseorang yang mengalami peradangan pada mediastinum umumnya mengeluhkan berbagai gejala seperti di bawah ini.

  • Nyeri dada disertai sesak napas.
  • Demam yang ditandai dengan suhu tubuh naik dan turun (tidak stabil).
  • Malaise, yakni merasa kondisi tubuh tidak sehat dan lelah.

Pada orang yang baru saja menjalani operasi tertentu dan terserang infeksi pada mediastinum, gejala yang ditimbulkan berupa:

  • dada menjadi sensitif,
  • keluarnya cairan tidak normal pada bekas luka, dan
  • dinding dada menjad tidak stabil.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, segera periksa ke dokter, terutama nyeri pada dada. Setiap orang sangat mungkin mengalami gejala yang berbeda-beda. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin menunjukkan gejala yang tidak disebutkan. Perlu ditekankan bahwa infeksi ini adalah kondisi serius, sehingga harus lebih cepat ditangani pihak medis.

Penyebab mediastinitis

operasi mohs

Peradangan pada mediastinum biasanya disebabkan oleh infeksi, yang mungkin terjadi secara tiba-tiba (akut), atau mungkin berkembang secara perlahan dan memburuk dari waktu ke waktu (kronis). Berbagai penyebab dari peradangan ini umumnya, meliputi:

  • terjadi robekan pada mediastinum akibat trauma, muntah yang kuat secara terus-menerus, dan produser endoskopi,
  • radiasi atau operasi pada dada, serta
  • infeksi jamur yang disebut histoplasmosis, tuberkulosis, kanker, sarkoidosis (peradangan pada kelenjar getah bening, paru-paru, hati, mata, kulit, atau jaringan lain).

Faktor-faktor risiko mediastinitis

Siapa saja bisa mengalami peradangan pada mediastinum. Akan tetapi, beberapa orang dengan faktor berikut lebih berisiko mengembangkan kondisi ini di kemudian hari.

  • Masalah pada saluran cerna bagian atas atau penyaki pada kerongkongan, contoh perforasi esofageal (lubang pada kerongkongan).
  • Diabetes melitius dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Menjalani operasi dada atau endoskopi baru-baru ini.

Diagnosis dan pengobatan mediastinitis

operasi prostat dengan laser
Source: usnews.com

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Gejala yang ditunjukkan hampir serupa dengan masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, dokter tidak hanya mengandalkan pemeriksaan fisik. Dokter mungkin akan meminta Anda unntuk mengikuti serangkaian tes kesehatan, di antaranya:

  • Radiologi polos yang dapat mendeteksi pelebaran pada mediastinum dan kelain garis paratrakeal kanan.
  • CT scan, rontgen dada, MRI dapat mendeteksi peradangan, adanya cairan abnormal, dan penyebaran infeksi.
  • Tes kesehatan lain, seperti tes darah.

Kondisi ini kerap kali salah diagnosis dengan penyakit arteri koroner, emboli paru, diseksi aorta, tumor, infeksi pada kepala atau leher, dan pneumotoraks. Itulah sebabnya, tes kesehatan sangat perlu dilakukan.

Apa saja pilihan pengobatan untuk mediastinitis?

Umumnya, pengobatan untuk peradangan mediastinum adalah dengan obat antibiotik. Obat ini akan diresepkan jika peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri. Selain itu, pembedahan juga bisa dilakukan, mulai dari bedah minimal hingga invasif. Dokter akan menyesuaikan pilihan prosedur medis dengan tingkat keparahan pasien.

Setelah operasi dilakukan, dokter akan melakukan pemeriksaan kembali dengan CT scan. Pemantauan secara ketat juga akan dilakukan untuk menentukan pengobatan lanjutan diperlukan atau tidak.

Selain antibiotik, beberapa obat yang mungkin dokter resepkan meliputi obat imunosupresan, kortikosteroid, dan antijamur. Proses pembedahan juga bisa melibatkan pemasangan strent atau bypass dari struktur tubuh yang terkena.

Pengobatan mediastinitis di rumah

pengobatan mediastinitis

Mengobati peradangan pada mediastinum tidak hanya mengandalkan pengobatan dokter. Pasien juga perlu mengubah gaya hidup sesuai dengan saran dokter. Ini bisa saja meliputi diet, penyesuaian aktivitas, tidur cukup, berhenti merokok, dan pengobatan rawat jalan jika memang perlu dilakukan untuk memantau kondisi.

Lawan COVID-19 bersama!

Ikuti informasi terbaru dan cerita para pejuang COVID-19 di sekitar kita. Ayo gabung komunitas sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kappus S, King O. Mediastinitis. [Updated 2021 Jul 30]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK559266/

Mediastinitis: Medlineplus medical encyclopedia. (n.d.). Retrieved October 06, 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/000081.htm

Sirakaya, M. (n.d.). Mediastinitis: Radiology reference article. Retrieved October 06, 2021, from https://radiopaedia.org/articles/mediastinitis

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. Diperbarui 4 minggu lalu