6 Hal yang Menyebabkan Jantung Berdebar Kencang Saat Bangun Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24/09/2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah terbangun pada suatu pagi dan merasakan jantung berdebar-debar kencang? Kondisi ini sontak membuat Anda merasa tidak nyaman dan bahkan ketakutan. Ada beragam faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami detak jantung cepat ketika bangun tidur. Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Penyebab detak jantung cepat ketika bangun tidur

Detak jantung cepat, atau dalam istilah medisnya disebut dengan palpitasi atau takikardi, adalah suatu kondisi di mana Anda merasa jantung Anda berdentum lebih cepat, kuat, dan tidak beraturan. Tidak hanya dada, Anda juga bisa merasakan sensasi ini di tenggorokan dan leher.

Dalam kebanyakan kasus, detak jantung cepat yang tanpa disertai dengan gejala lain, merupakan kondisi umum yang biasanya berlangsung sebentar dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, apabila Anda mengalami detak jantung cepat yang terlalu sering, semakin memburuk, dan disertai dengan gejala tertentu, Anda patut waspada.

Berikut ini beberapa penyebab dan faktor-faktor yang meningkatkan risiko Anda mengalami detak jantung cepat.

1. Stres

Jika ketika bangun tidur Anda merasakan gemetar, muncul keringat dingin, jantung berdebar, dan perasaan yang tidak karuan, bisa jadi ini disebabkan karena stres.

Stres dapat mempengaruhi tubuh Anda dalam banyak hal, termasuk meningkatkan detak jantung Anda. Rasa cemas, panik, takut, panik, bahagia, marah, ataupun sedih – semuanya bisa meningkatkan kadar adrenalin dan kortisol dalam tubuh, yang akan meningkatkan denyut jantung.

Kemampuan Anda untuk mengatasi dan mengontrol stres dapat membantu menurunkan detak jantung Anda kembali normal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengambil napas dalam-dalam secara berulang sampai Anda bisa merasa lebih rileks. Selain itu, olahraga dan tidur yang cukup juga merupakan cara terbaik untuk membantu mengatasi stres.

2. Mengonsumsi kafein

Apabila Anda bangun tidur dan merasakan jantung berdetak cepat, cobalah untuk mengingat-ingat berapa banyak kafein yang Anda minum sebelum tidur. Pasalnya, kafein bisa jadi salah satu penyebab yang membuat jantung Anda berdebar-debar setelah bangun tidur.

Kafein adalah obat stimulan yang bisa merangsang sistem saraf pusat dalam otak. Sistem saraf pusat berfungsi sebagai pusat perintah bagi seluruh fungsi tubuh. Itu sebabnya, minum kopi bisa menimbulkan macam-macam efek samping pada tubuh Anda. Biasanya hal ini terjadi kalau Anda sudah minum kopi atau minuman berkafein yang berlebihan dalam sehari.

3. Dehidrasi

Tahukah Anda jika dehidrasi juga bisa menyebabkan jantung Anda berdetak lebih cepat? Ya, kehilangan terlalu banyak cairan atau karena tidak cukup minum sebelum Anda tidur bisa menyebabkan palpitasi jantung yang disertai dengan mulut kering, urin berwarna gelap, dan kram otot. Pasalnya, dehidrasi bisa menyebabkan perubahan jumlah elektrolit dalam tubuh yang menyebabkan menurunnya tekanan darah.

Nah, kondisi ini memberikan tekanan pada tubuh sehingga akibatkan detak jantung jadi tidak normal. Oleh sebab itu, penuhi asupan cairan Anda sebelum tidur untuk menghindari dehidrasi selama Anda terlelap tidur.

4. Mengonsumsi obat tertentu

Banyak obat resep seperti obat asma atau tiroid bisa menyebabkan jantung berdebar-debar. Pasalnya, ada beberapa obat diketahui mampu mempengaruhi proses metabolisme, dan ada juga obat yang bisa menyebabkan perubahan pada sistem konduksi listrik di jantung.

Jika obat-obatan yang biasa Anda konsumsi menimbulkan efek samping yang bisa mengacaukan detak jantung Anda sehari-hari, segeralah konsultasi ke dokter.

5. Anemia

Anemia merupakan kondisi di mana jumlah sel darah merah Anda rendah sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup darah yang kaya oksigen. Akibatnya, Anda mungkin sering merasa lelah dan lemah. Meski tidak selalu menyebabkan palpitasi jantung, penderita anemia juga terkadang mengeluhkan jika jantungnya sering berdebar-debar akibat kurangnya asupan oksigen dalam darah.

6. Fungsi jantung yang abnormal

Jantung berdetak ketika bangun tidur juga bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu, misalnya aritmia. Aritmia adalah kelainan jantung yang ditandai dengan detak jantung atau ritme yang tidak normal, di mana detak jantung terlalu cepat, terlalu pelan, tidak teratur, ataupun terlalu awal.

Selain aritmia, kerusakan pada jantung, serangan jantung, dan gagal jantung juga bisa mengakibatkan detak jantung cepat ketika bangun tidur.

Penting untuk diketahui

Pada dasarnya, beberapa penyebab detak jantung cepat seperti yang sudah disebutkan di atas tidak hanya terjadi ketika bangun tidur saja. Pasalnya, ketika tidur, denyut jantung cenderung melambat jika berada dalam keadaan normal, yaitu saat tubuh tidak terpengaruh zat apapun. Nah, saat bangun, denyut jantung Anda cenderung akan lebih meningkat.

Namun, jika tubuh Anda sebelumnya sudah terpengaruh kafein, stres, jenis obat-obatan, dan beberapa penyebab lainnya yang sudah disebutkan di atas, hal tersebut akan memicu denyut jantung yang lebih cepat ketika Anda sedang tidur maupun setelah bangun tidur.

Segeralah berkonsultasi ke dokter jika Anda memiliki mengalami detak jantung cepat yang disertai dengan nyeri dada atau sesak napas supaya segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan memang bukan tugas mudah. Jangan khawatir, simak panduannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 01/07/2020 . Waktu baca 10 menit

Gagal Jantung Akut, Apa Bedanya dengan Gagal Jantung Kronis?

Gagal jantung terbagi dua berdasarkan progresnya, yaitu gagal jantung akut dan gagal jantung kronik. Apa yang dimaksud gagal jantung akut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung, Gagal Jantung 01/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Endokarditis

Endokarditis adalah infeksi bakteri yang menyerang endokardium, bagian dari organ jantung. Ketahui lebih lanjut gejala, penyebab, dan pengobatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 30/06/2020 . Waktu baca 11 menit

Apakah Seseorang yang Mengalami Aritmia Jantung Bisa Sembuh?

Aritmia merupakan jenis penyakit kardiovaskuler yang mempengaruhi denyut jantung. Lantas, apakah aritmia jantung bisa sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Aritmia 24/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan yang dilarang untuk pasien penyakit jantung

5 Jenis Pantangan Makanan untuk Pasien Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit
kelainan katup jantung bawaan pada bayi

Mengenal Kelainan Katup Jantung Bawaan dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . Waktu baca 7 menit