5 Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/05/2020
Bagikan sekarang

Salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari. Namun, nyatanya tak sedikit orang yang masih kesulitan untuk menerapkan kebiasaan ini.

Padahal, kekurangan cairan membuat Anda rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, seperti sakit kepala, lesu, hingga terganggunya berbagai fungsi tubuh.

Cara mudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh memang bisa jadi memiliki tantangan tersendiri. Nah, jika Anda ingin meningkatkan asupan cairan, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan:

1. Bawa botol minum saat bepergian

Membawa botol minum akan membuat Anda terbiasa minum air putih. Ada berbagai jenis botol minum yang tersedia. Mulai dari botol biasa, hingga yang dilengkapi dengan sedotan dan penyaring khusus untuk Anda yang menyukai infused water.

Agar fungsinya semakin optimal, bawalah botol minum setiap kali Anda berada di luar rumah. Baik saat bekerja di kantor, berkumpul dengan teman dan kerabat, atau ketika melakukan kegiatan lain yang menjadi rutinitas.

2. Minum air sebelum haus dan saat merasa lapar

Saat merasa haus, tubuh Anda sebenarnya telah mengalami dehidrasi ringan. Jadi, minum sebelum Anda merasa haus merupakan cara yang terbilang efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sekaligus mencegah dehidrasi bertambah parah.

Gejala dehidrasi terkadang juga bisa muncul sebagai rasa lapar. Banyak orang akhirnya terkecoh dan mengonsumsi camilan untuk mengganjal perut. Padahal, tubuh Anda sebenarnya hanya membutuhkan asupan cairan.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air

buah kaya air

Sumber asupan cairan tak melulu harus berasal dari air atau minuman. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan kaya kandungan air.

Contoh bahan makanan tersebut antara lain:

  • Buah-buahan, seperti semangka, stroberi, melon, dan jeruk
  • Sayuran, seperti mentimun, tomat, mentimun Jepang, selada, dan seledri
  • Susu skim dan yogurt
  • Sup, kuah, dan kaldu

4. Menambahkan irisan buah ke dalam air putih

Ada orang-orang yang tidak menyukai air putih karena rasanya tawar dan membuat perut terasa kembung. Nah, cara ini sesuai untuk Anda yang ingin memenuhi kebutuhan cairan tubuh tapi tidak begitu menyukai air putih.

Cobalah memasukkan irisan lemon, stroberi, jeruk, mint, atau kombinasi bahan-bahan tersebut ke dalam air putih. Diamkan selama beberapa jam di dalam lemari es, dan air putih yang tadinya tawar akan terasa lebih nikmat dan menyegarkan.

5. Menyesuaikan suhu air

Beberapa orang juga tidak suka meminum air karena suhunya tidak pas. Apabila Anda lebih menyukai air hangat, Anda dapat mengawali hari dengan segelas air hangat yang ditambahkan perasan air lemon.

Jika Anda merasa lebih mudah minum air bersuhu dingin, cobalah menyiapkan beberapa botol air minum di dalam lemari es untuk diminum kemudian. Lakukan keduanya secara bergantian hingga Anda menemukan cara yang paling tepat bagi diri Anda.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah langkah pertama untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat. Selain terhindar dari dehidrasi, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit.

Awalnya memang terasa sulit, tapi proses adaptasi ini bisa bertambah mudah bila dilakukan setiap hari. Lakukan langkah-langkah tersebut secara konsisten hingga berubah menjadi suatu kebiasaan rutin.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kebutuhan Cairan Bayi dan Tips untuk Mencukupinya

Memenuhi kebutuhan cairan atau minum setiap harinya bukan hanya diperlukan bagi orang dewasa, tetapi juga untuk bayi. Berapa kebutuhan cairan bayi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

5 Tips Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Haji

Salah satu tantangan yang harus dihadapi calon jemaah haji adalah teriknya matahari sehingga langkah untuk mencegah dehidrasi saat haji perlu dilakukan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hari Raya 11/03/2020

Mengenal Refeeding Syndrome, Kondisi Fatal yang Mengintai Pasien Kurang Gizi

Penderita kurang gizi perlu memperoleh tambahan zat gizi selama pemulihan. Pemberian makan harus dilakukan secara bertahap guna mencegah refeeding syndrome.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 29/10/2019

6 Cara Sehat Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Selain Minum Air Putih

Beberapa orang mungkin kesulitan memulai kebiasaan minum air. Untungnya, ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh tanpa harus minum air putih.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Direkomendasikan untuk Anda

buka puasa dengan air dingin minuman buka puasa

Lebih Baik Buka Puasa dengan Air Dingin Atau Air Hangat?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020
minum saat sahur

Aturan Minum yang Benar Saat Sahur dan Buka Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020
minum air menghilangkan jerawat

Cukup Minum Air Putih Bantu Menghilangkan Jerawat, Lho!

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
kebutuhan cairan anak balita

Seberapa Banyak Kebutuhan Cairan Anak Balita Usia 2-5 Tahun?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 14/04/2020