Psoriasis adalah kelainan kulit kronis dengan tingkat keparahan dari ringan hingga parah. Tingkat keparahan ini berdasarkan berapa banyak bagian tubuh yang mengalami psoriasis. Psoriasis ringan memengaruhi kurang dari tiga persen tubuh, sementara psoriasis sedang mempengaruhi antara tiga hingga sepuluh persen tubuh. Psoriasis parah adalah bila lebih dari sepuluh persen tubuh yang tertutup. Psoriasis memiliki beberapa jenis dari tingkat yang rendah hingga parah. Dengan mengetahui jenis psoriasis yang mungkin Anda miliki, dapat membantu membuat rencana perawatan yang tepat.

Mengenal psoriasis

Psoriasis adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit baru yang sangat cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit. Penyakit ini menyebabkan kulit menjadi kemerahan, lebih tebal, bersisik, dan terlihat seperti bercak putih-perak. Selain itu, juga dapat menyebabkan gatal dan nyeri pada kulit. Psoriasis termasuk salah satu jenis penyakit autoimun.

Kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah, dan lipatan antara bokong biasanya yang paling rentan terkena psoriasis. Namun, sebenarnya kondisi ini bisa berkembang di mana saja.

Psoriasis tidak menular, tapi ini merupakan penyakit kronis dan tidak dapat disembuhkan. Namun, ada pengobatan dan beberapa perawatan yang dapat membantu mengendalikan dan mengurangi tingkat keparahan gejalanya.

Sementara gejala psoriasis berbeda pada setiap orang, bergantung pada tingkat keparahan dan jenis psoriasis yang dimilikinya.

Jenis psoriasis

Ada beberapa jenis psoriasis dan mungkin memiliki lebih dari satu jenis psoriasis. Kebanyakan orang hanya memiliki satu jenis pada satu waktu. Namun, terkadang setelah gejala Anda hilang, jenis psoriasis baru dapat muncul sebagai respon terhadap pemicu.

Berikut beberapa jenis mulai dari yang ringan hingga bisa menjadi parah.

1. Psoriasis plak

Psoriasis plak atau dikenal juga sebagai psoriasis vulgaris, adalah bentuk psoriasis yang paling umum. Tingkat keparahan psoriasis ini cenderung ringan hingga sedang. Kondisi ini ditandai dengan daerah penumpukan plak pada kulit.

Plak adalah area kulit yang menebal dan memiliki tampilan warna putih keperakan. Area plak dapat muncul di manapun di tubuh tapi paling umum di lutut dan siku.

Gejala

Gejala psoriasis plak bisa berbeda untuk setiap orang. Namun, ada beberapa gejala umumnya antara lain:

  • Kulit kering dan merah ditutupi sisik keperakan pada daerah lesi
  • Plak yang gatal atau terasa panas seperti terbakar
  • Masalah yang mempengaruhi kuku

Pengobatan

Pilihan pengobatan meliput terapi sinar ultraviolet (UV) atau krim dan salep, untuk memperlambat pertumbuhan kulit. Dokter juga mungkin memberikan obat oral jika pengobatan lainnya tidak berhasil.

2. Psoriasis kulit kepala

Psoriasis jenis ini tidak hanya muncul di kulit kepala, tapi bisa juga muncul di dahi, atau bagian belakang kepala dan menyebar ke leher atau belakang telinga.

Gejala

Psoriasis kulit kepala biasanya memiliki gejala yang sama seperti psoriasis plak. Pada psoriasis kulit kepala, plak muncul di kulit kepala dan di bawah rambut. 

Seseorang dengan psoriasis kulit kepala dapat memiliki psoriasis pada bagian tubuh lainnya pada saat bersamaan.

Gejala lain dari psoriasis kulit kepala meliputi:

  • Kulit tebal berwarna merah di kulit kepala
  • Kulit kepala terkelupas
  • Gatal dan kulit kepala berdarah
  • kulit kepala kering
  • Rambut rontok sementara selama penyebaran

Pengobatan

Pengobatan psoriasis kulit kepala sering melibatkan lebih dari satu metode pada satu waktu. Pilihan pengobatan untuk psoriasis kulit kepala meliputi sampo, obat dan salep, terapi sinar UV, suntikan, terapi kulit kepala.

3. Psoriasis guttate

Psoriasis guttate ditandai dengan adanya titik-titik atau bintik-bintik merah yang menyebar ke seluruh kulit. Titik-titik dan bintik-bintiknya tidak setebal plak pada psoriasis plak.

Jenis psoriasis ini sering dimulai pada masa kanak-kanak atau dewasa muda dan muncul setelah infeksi.

Gejala

Dalam beberapa kasus, psoriasis ini dapat menyebabkan gejala sedang sampai parah, seperti:

  • Bintik-bintik merah kecil di kulit
  • ruam yang bisa muncul di mana saja tapi kebanyakan di bagasi
  • Onset mendadak ruam setelah sakit atau infeksi

Pengobatan

Kebanyakan dokter menganggap perawatan topikal sangat efektif untuk psoriasis guttate. Namun, karena psoriasis ini menimbulkan begitu banyak bintik kecil, jadi akan sangat melelahkan, sehingga perawatan topikal dapat lebih digunakan jika ruam hanya pada area yang lebih kecil.

Pilihan pengobatan lainnya termasuk terapi ringan. Dokter jarang menggunakan obat-obatan yang memengaruhi seluruh tubuh untuk psoriasis ini.

4. Psoriasis inverse

Psoriasis inverse tampak sebagai tanda merah yang paling sering ditemukan di lipatan kulit, seperti di ketiak dan pangkal paha, di bawah payudara, dan di belakang lutut. Orang dengan psoriasis inverse sering memiliki bentuk psoriasis lain di tempat lain di tubuh mereka.

Gejala

Daerah yang terkena psoriasis invers jarang memiliki plak bersisik yang umum dengan bentuk psoriasis lainnya. Area tubuh yang paling sering terkena psoriasis invers cenderung cukup sensitif dan memiliki kulit lebih tipis dibanding daerah lainnya. Hal ini bisa membuat penanganan psoriasis jenis ini lebih sulit.

Pengobatan

Krim steroid dan salep merupakan pengobatan yang efektif, namun risiko efek samping yang ditimbulkan akan lebih tinggi karena ketipisan pada kulit.

5. Psoriasis pustular

Jenis psoriasis ini ditandai dengan adanya lepuhan berwarnah putih yang mengandung nanah.

Gejala

Lepuh yang disebabkan oleh psoriasis pustular dapat dibatasi pada satu area tubuh atau juga bisa di seluruh tubuh. Sebelum lepuhan muncul, kulit cenderung memerah. Begitu lepuh telah hilang, kulit bisa menjadi bersisik.

Jenis psoriasis pustular spesifik yang disebut pustulosis palmoplantar menyebabkan lepuh terbentuk di telapak tangan dan telapak kaki. Lepuhan dapat berbetuk pola dan seiring waktu, lepuhan ini akan menjadi kerak berwarna coklat.

Pengobatan

Pilihan pengobatan untuk psoriasis ini adalah obat oral (seperti acitretin dan methotrexate) atau terapi cahaya, untuk mengurangi risiko efek samping dan membersihkan daerah kulit yang terkena. Psoriasis pustular hanya menyerang satu area tubuh dan bisa diobati dengan salep.

6. Psoriasis eritrodermik

Psoriasis eritrodermik termasuk parah dan bisa mengancam nyawa. Jenis psoriasis ini menutupi hampir seluruh  tubuh dengan ruam merah, mengelupas, sangat menyakitkan yang terlihat seolah-olah telah disebabkan oleh luka bakar.

Gejala

Gejala psoriasis eritrodermik cenderung sangat serius. Mereka mungkin termasuk kombinasi gejala seperti:

  • Kulit merah yang meradang dan mengelupas
  • Kulit terlihat seperti luka bakar
  • Gatal parah, nyeri, dan panas seperti terbakar
  • Denyut jantung lebih cepat
  • Demam
  • Bengkak di kaki atau pergelangan kaki

Orang yang memiliki psoriasis eritrodermik rentan terhadap infeksi. Mereka mungkin juga mengalami masalah serius lainnya, termasuk gagal jantung dan pneumonia.

Pengobatan

Orang dengan psoriasis eritrodermik biasanya memerlukan perawatan di rumah sakit. Tidak seperti pada kasus psoriasis lainnya, krim topikal bukanlah pengobatan pertama. Sebagai gantinya, orang dengan psoriasis ini membutuhkan obat-obatan yang memengaruhi seluruh tubuh.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca