3 Tips Mencegah Gangguan Usus Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda pernah mendengar Irritable Down Syndrome atau IBS? Kalau Anda merasa asing dengan istilah ini, harusnya Anda tetap familiar dengan gejalanya. Bahkan tanpa disadari mungkin Anda pernah atau sedang mengalami IBS. Sebagian besar IBS dialami oleh wanita walaupun besar kemungkinannya pria juga bisa mengalami sindrom ini. Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa itu Irritable Bowel Syndrome, apa pemicunya dan bagaimana tips mencegah Irritable Bowel Syndrome.

Apa itu Irritable Bowel Syndrome?

Irritable Bowel Syndrome atau yang biasa disingkat IBS ini adalah gangguan usus yang menyebabkan perut sakit, kram atau kembung, diare, atau sembelit. IBS merupakan masalah jangka panjang, namun tenang, sindrom ini tidak menimbulkan penyakit yang serius seperti kanker. Ia hanya membuat aktivitas Anda terganggu karena sakit perut yang dirasakan.

Sindrom ini sendiri bisa lebih buruk atau membaik dari hari ke hari. Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejalanya.

Apa penyebab Irritable Bowel Syndrome?

Penyebab Irritable Bowel Syndrome belum jelas diketahui karena penyebabnya bisa berbeda antara satu orang dan orang lainnya. IBS mungkin disebabkan oleh adanya masalah sinyal yang dikirim dari otak ke saluran pencernaan, namun juga mungkin disebabkan oleh mencerna makanan tertentu, stres atau kecemasan yang dialami oleh seseorang.

Orang yang mengalami IBS juga mungkin memiliki usus yang sangat sensitif atau masalah dengan cara otot-otot usus bergerak. Untuk beberapa orang yang menderita IBS, makanan tertentu, stres, perubahan hormonal, dan beberapa obat antibiotik dapat memicu nyeri dan gejala lainnya.

Gejala utama dari Irritable Bowel Syndrome adalah nyeri perut dengan sembelit atau diare, gejala umum lainnya adalah kembung, lendir dalam tinja, dan Anda merasa bahwa perut Anda tidak pernah kosong. Banyak penderita IBS mengalami sembelit dan diare secara bergantian, biasanya salah satu dari gejala tersebut lebih dominan pada seseorang. IBS merupakan penyakit yang sangat umum. Kebanyakan orang mengalami gejala yang ringan sehingga mereka tidak pernah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Tips mencegah Irritable Bowel Syndrome

Terkadang Irritable Bowel Syndrome tidak bisa dicegah, namun Anda tidak perlu cemas, satu-satunya cara mencegah IBS datang terlalu sering adalah dengan menghindari apa yang menjadi penyebab dari Irritable Bowel Syndrome. Karena setiap orang memiliki penyebab yang berbeda, ada baiknya Anda mengenali penyebab IBS dalam diri Anda. Setelah itu, Anda dapat membuat persiapan yang lebih baik agar IBS tidak lagi menganggu aktivitas. Berikut tips mencegah Irritable Bowel Syndrome.

1. Diet makanan tertentu

Jika IBS yang Anda alami adalah karena masalah pencernaan makanan, maka mulai saat ini ada baiknya Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Hindari makanan yang membuat perut Anda merasa tidak nyaman seperti nyeri atau kembung. Jika Anda kesulitan, cobalah buat catatan makanan keseharian Anda. Tulis makanan atau minuman yang Anda konsumsi sehari-hari, jika dirasa ada makanan yang membuat Anda mengalami gejala IBS, hapus dari daftar tersebut.

2. Mengelola stres

Ini mungkin paling sulit Anda lakukan karena sangat bergantung pada kondisi. Stres bisa datang dari kantor, rumah, maupun di jalan. Yang bisa Anda lakukan adalah memilih hidup sehat dengan olahraga teratur yang menurut penelitian dapat mengurangi stres, atau carilah teman atau keluarga yang bisa mendengarkan keluh kesah Anda. Yang terakhir, jalani aktivitas seperti melakukan hobi yang dapat membuat Anda senang.

3. Hindari obat

Untuk sebagian orang, obat sering kali dapat memicu Irritable Bowel Syndrome dengan merasakan sembelit atau diare. Obat yang menyebabkan IBS biasanya adalah antibiotik, antidepresan, dan obat yang mengandung sorbitol yang terdapat dalam obat batuk berbentuk sirup. Hal yang harus Anda lakukan adalah konsultasikan dengan dokter untuk mengganti obat yang justru menjadi pemicu dari gejala IBS. Gunakan obat antidepresan secara bijak, Anda juga harus memperhatikan kandungan obat yang Anda minum.

IBS memang bukan masalah penyakit serius namun sering membuat aktivitas Anda terganggu jika gejalanya tidak kunjung membaik, jika sembelit dan diare yang Anda rasakan cukup parah, ada baiknya Anda pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

BACA JUGA

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Ragam Obat dan Pengobatan untuk Mengatasi Anyang-anyangan

Anyang-anyangan bikin kita harus bolak-balik ke WC sehingga jadi tidak nyaman beraktivitas. Psstt... Intip di sini pilihan obat anyang-anyangan yang ampuh!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 8 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
obat infeksi saluran kencing

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 7 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
sering kencing di malam hari

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit