Ada banyak cara untuk mengatasi gejala penyakit irritable bowel syndrome (IBS) saat kambuh. Penyakit pencernaan yang menganggu kerja usus besar ini biasanya membuat Anda sakit perut, diare, sembelit, hingga kram perut. Saat hal ini terjadi, Anda sudah pasti merasa tak nyaman dan sulit untuk beraktivitas. Untuk mengatasi gejala IBS, ada beberapa pilihan teh herbal yang bisa Anda minum untuk bantu meredakannya.

Pilihan teh untuk mengatasi gejala IBS

1. Teh peppermint

manfaat peppermint

Peppermint termasuk salah satu tanaman yang sering digunakan untuk meredakan masalah pencernaan termasuk IBS. Teh peppermint dapat membantu meredakan sakit perut, dan mengurangi kembung. Bahkan, beberapa penelitian juga telah menunjukkan kemanjuran minyak peppermint dalam mengatasi gejala IBS.

Cara membuatnya mudah, Anda hanya perlu menyeduh teh peppermint yang telah jadi dengan secangkir air panas. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya dari minyak esensial peppermint ke dalam secangkir teh atau air putih panas.

Namun, teh herbal yang satu ini tidak direkomendasikan untuk orang yang memiliki hernia hiatal, masalah pada kantong empedu, dan penyakit refluks gastroesofageal.

2. Teh chamomile

manfaat teh chamomile

Teh chamomile banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Spandidos Publications menemukan bukti bahwa sifat antiradang pada chamomile bisa membantu meredakan kejang otot pada gangguan usus.

Selain itu, teh herbal yang satu ini juga bisa membantu mengendurkan otot perut. Tak hanya itu, chamomile juga terbukti mampu menenangkan perut, menghilangkaan kembung, dan mengurangi iritasi usus. Untuk itu, tak ada salahnya mencoba teh herbal yang satu ini untuk mengatasi gejala IBS.

3. Teh adas manis

adas manis adalah
Sumber: bimbima

Teh adas manis membantu mengendurkan otot kram di perut dan melancarkan pencernaan. Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan fakta bahwa penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan fakta minyak esensial tanaman ini mampu bekerja secara efektif sebagai pelemas otot. Dalam penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa adas manis mampu mengobati sembelit sebagai salah satu gejala IBS.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2016 disebutkan bahwa orang yang minum kapsul minyak adas manis setelah 4 minggu, mengalami gejala IBS-nya berkurang.

Anda bisa membeli teh adas manis siap saji untuk menikmati khasiat teh yang satu ini. Namun, Anda juga bisa membuatnya secara alami dari bijinya secara langsung.

Ambil 1 sendok makan biji adas manis kemudian gerus hingga halus. Masukkan bubuk biji adas ini ke dalam cangkir dan isilah dengan air mendidh. Diamkan selama kurang lebih lima menit sebelum meminumnya untuk mengatasi gejala IBS.

4. Teh kunyit

obat flu alami

Kunyit tak hanya digunakan sebagai bumbu masak tetapi juga bagus untuk mengatasi gejala IBS. Para peneliti menemukan fakta bahwa esktrak kunyit bisa membantu mengurangi sakit perut. Selain itu, kunyit juga mengandung antiradang dan antioksidan untuk membantu meringankan gejala IBS.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda hanya perlu minum teh kunyit kemasan yang banyak dijual di pasaran. Cara lainnya, buatlah teh kunyit sendiri di rumah dengan menggunakan bubuk kunyit atau sepotong kunyit segar yang dihancurkan. Campurkan dengan serai atau kayu manis untuk menambah rasa dan aroma.

5. Teh jahe

minum air jahe
Sumber: Medical News Today

Meski belum banyak penelitian yang menunjukkan manfaat jahe untuk mengatasi gejala IBS, herbal satu ini tetap memiliki segudang manfaat. Jahe dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan, membuat lapisan otot perut menjadi lebih kuat, dan melancarkan gerakan usus.

Gunakan teh jahe siap minum atau buat sendiri ramuannya di rumah. Pilihlah jahe segar dan padukan dengan kunyit atau madu agar rasa dan khasiatnya menjadi berlipat  ganda.

Meskipun demikian masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai dosis atau aturan minum teh herbal. Anda sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi gejala IBS Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca