6 Keajaiban Likopen untuk Kesehatan, Antioksidan Pewarna Merah Dalam Buah-buahan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi likopen sehingga harus diperoleh dari sumber makanan. Likopen itu sendiri termasuk dalam keluarga antioksidan karotenoid, yang memberikan warna merah pada buah dan sayur. Apa manfaat likopen untuk kesehatan?

Berbagai manfaat likopen untuk kesehatan tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, likopen termasuk sebagai antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan menangkal radikal bebas untuk melindungi Anda dari berbagai risiko penyakit degeneratif. Sebut saja radang sendipenyakit jantungaterosklerosisstrokehipertensitukak lambungpenyakit Alzheimerpenyakit Parkinson, kanker, sampai penuaan dini.

Itu sebabnya, sudah ada banyak penelitian yang berfokus mengamati manfaat likopen. Di antaranya adalah:

1. Membantu mencegah kanker

Likopen termasuk golongan antioksidan kuat, yang dapat mencegah dan memperlambat beberapa jenis kanker. Para peneliti di University of Portsmouth, Inggris, melaporkan bahwa likopen bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker prostat.

Manfaat likopen terhadap perkembangan kanker prostat juga ditemukan oleh studi lainnya yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, setelah melibatkan 46.000 pria yang diminta untuk mengonsumsi saus tomat.

2. Menjaga mata tetap sehat

Radikal bebas dapat menyebabkan masalah kesehatan mata. Dalam sebuah percobaan oleh Departemen Farmakologi di All India Institute of Medical Sciences, tim peneliti menemukan bahwa likopen mungkin memiliki kemampuan untuk mencegah atau menunda perkembangan katarak pada sebagian besar kasus.

Likopen juga memiliki efek perlindungan terhadap degenerasi makula terkait usia. Kondisi ini adalah penyebab utama kebutaan pada orang lanjut usia. Pada tahun 2012, sebuah artikel dalam jurnal Experimental Biology and Medicine menyatakan bahwa konsumsi likopen dapat melindungi Anda dari degenerasi makula berkat kandungan antioksidan dan sifat anti-peradangannya. Likopen ditemukan dapat memperlambat stres oksidatif pada sel mata yang dapat menyebabkan degenerasi makula. Meski begitu,  bukti ilmiahnya masih terbatas.

Likopen dan karotenoid lainnya juga mungkin berguna dalam pengobatan glaukoma.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi ulasan yang diterbitkan di jurnal Maturity pada tahun 2010 menyimpulkan bahwa konsumsi suplemen likopen dosis tinggi (minimal 25 mg per hari) dapat menurunkan kolesterol total hingga 8 mg/dL dan kolesterol LDL sebesar 10.35 mg/dL, setelah mengamati 12 penelitian terdahulu. Studi ulasan ini juga menyebutkan konsumsi suplemen likopen mampu menurun tekanan darah sistolik.

Penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah dapat melindungi Anda dari risiko penyakit jantung dan menjaga jantung tetap sehat.

4. Meringkankan nyeri neuropati

Neuropati adalah kondisi nyeri kronis yang disebabkan oleh kerusakan saraf dan kerusakan jaringan lunak. Banyak hal yang bisa menyebabkan neuropati, mulai dari penyalahgunaan alkohol hingga diabetes. Kadang, neuropati tidak ditemukan penyebab pastinya.

Dalam penelitian yang diterbitkan di European Journal of Pain ditunjukkan bahwa peningkatan asupan makanan yang mengandung likopen berpotensi kuat untuk meringankan rasa nyeri kronis yang diakibatkan oleh neuropati.

5. Menjaga tulang tetap sehat dan kuat

Selain vitamin K dan kalsium, asupan likopen sama pentingnya untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Sifat antioksidan likopen membantu menangkal stres oksidatif yang menyebabkan kerapuhan tulang. Likopen juga memfasilitasi pembentukan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang bertambah.

Manfaat likopen lebih efektif dari buah dan sayur segar, daripada suplemen

Kini sudah banyak tersedia suplemen dan vitamin yang diperkaya dengan likopen. Meski demikian, suplemen tidak diatur seketat obat-obatan medis oleh BPOM sehingga aturan dosis yang tepatnya belum diketahui. Secara umum, dosis suplemen likopen akan disesuaikan dengan faktor usia, kondisi kesehatan, dan kebutuhan masing-masing orang. Dilansir dari WebMD, suplemen harian yang mengandung 120 mg likopen aman digunakan hingga satu tahun.

Perlu dipahami, dosis tinggi dan berkelanjutan dalam jangka waktu panjang dari konsumsi suplemen likopen malah dapat menurunkan sistem imun tubuh untuk melawan penyakit. Maka, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen apapun.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat likopen untuk menjaga kesehatan tubuh, lebih baik dapatkan dari sumber alaminya. Likopen dapat ditemukan pada semangka, jambu biji, pepaya, mangga, kubis ungu, dan wortel. Meski begitu, kandungan likopen paling banyak ada dalam tomat segar dan produk olahan tomat — seperti jus tomat, saus tomat, atau pasta tomat. Kandungan likopen dalam produk tomat juga lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga Anda bisa menuai berbagai manfaat likopen secara maksimal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat tomat cherry

4 Manfaat Tomat Cherry yang Tak Boleh Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 3 September 2019 . Waktu baca 4 menit
makanan untuk kesuburan pria

Berbagai Sumber Makanan Tinggi Likopen untuk Mengatasi Masalah Kesuburan Pria

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. William
Dipublikasikan tanggal: 5 April 2018 . Waktu baca 3 menit
menurunkan risiko kanker kulit

Makan Tomat: Cara Mudah Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 14 Agustus 2017 . Waktu baca 4 menit