5 Manfaat Kacang Edamame yang Belum Anda Tahu

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah kacang edamame terdengar asing di telinga Anda? Anda yang vegetarian, pasti sudah sangat akrab dengan kacang kedelai. Jika Anda sedang menebak, apakah kacang edamame sama dengan kacang kedelai, Anda tidak sepenuhnya salah. Ditinjau dari segi kesehatan, manfaat kacang edamame ternyata tidak main-main. Bahkan kacang edamame sangat berpengaruh untuk kesehatan jantung Anda. Simak ulasannya di artikel ini.

Apa itu kacang edamame?

Jika Anda pernah makan di restoran-restoran Jepang, Anda mungkin pernah menemukan sajian sepiring kacang berwarna hijau untuk para tamu. Kacang berwarna hijau itu adalah kacang edamame.

Edamame berbeda dengan kacang polong, karena isian edamame seperti kacang kedelai, namun berwarna hijau. Di Indonesia kacang ini sering disebut dengan kacang kedelai dari Jepang, meskipun sebenarnya edamame berasal dari Tiongkok. Edamame mungkin terlihat seperti kacang biasa, tetapi kandungan protein di dalamnya jauh lebih banyak.

Anda bisa mendapatkan kacang edamame di supermarket, dalam bentuk beku, baik masih dalam kulit maupun tidak. Untuk satu mangkuk kecil edamame, terdapat 16,86 gram protein. Hal inilah yang membuat edamame dapat menggantikan telur dan daging, dalam hal asupan proteinnya.

Selain itu, edamame merupakan satu-satunya jenis sayuran di dunia yang memiliki 9 jenis asam amino esensial. Dalam satu porsi edamame juga mengandung 10% asupan harian zat besi dan vitamin C, 8% asupan harian vitamin A, dan 8,1 gram serat (lebih dari 4 lembar roti gandum). Satu porsi edamame hanya mengandung 189 kalori. Kacang edamame terasa manis dengan tekstur yang halus.

Manfaat kacang edamame untuk kesehatan

Ternyata ada banyak manfaat kacang edamame terutama untuk kesehatan Anda. Jangan ragu untuk mengonsumsinya untuk meningkatkan kebutuhan nutrisi Anda.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang edamame mengandung kandungan gizi, vitamin dan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jika rajin mengonsumsi kacang edamame, Anda dapat terhindar dari pengaruh cuaca buruk akhir-akhir ini yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh.

2. Mencegah hipertensi dan penyakit jantung

Kacang ini juga bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan pada kacang secara aktif dapat menghancurkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh yang menjadi pemicu penyakit jantung koroner dan darah tinggi. Kacang ini juga berkhasiat sebagai zat anti inflamasi sehingga rasa perih, nyeri, dan pegal dari peradangan dapat disembuhkan dengan cepat ketika Anda mengonsumsi kacang ini.

3. Mengurangi risiko kanker

Kandungan isoflavin pada kacang edamame juga berkhasiat untuk mengurangi risiko kanker prostat maupun kanker payudara. Isoflavin merupakan senyawa yang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sebagai pencegah sel kanker.

4. Mempercepat proses pembekuan darah

Kandungan vitamin K yang tinggi sangat berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan darah. Hal ini sangat baik untuk Anda yang berisiko sering jatuh dan lecet pada kulit untuk meredakannya dengan cepat. Kacang edamame juga berfungsi untuk pencegah osteoporosis dan penyakit Alzheimer.

5. Baik untuk sistem pencernaan

Kacang edamame mengandung kandungan serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan pada manusia. Hal ini sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Tidak hanya itu, kandungan karbohidrat kompleks dari kacang ini memberikan manfaat lebih untuk memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda dapat menekan keinginan untuk makan dalam porsi yang besar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Ada Orang yang Nyetrum Ketika Disentuh?

Pernah merasa seperti tersengat listrik saat bersentuhan dengan orang lain? Ini dia penjelasan kenapa orang tertentu nyetrum ketika disentuh.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya?

Gen ternyata berperan penting untuk mencerna kafein dari kopi Anda, lho. Tak percaya? Langsung simak dua alasan sudah minum kopi masih ngantuk berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Manfaat Susu Kefir yang Ternyata Menyehatkan

Kefir bukan hanya digunakan sebagai masker kecantikan saja. Kefir juga diproduksi sebagai susu yang menyehatkan. Apa saja manfaat susu kefir?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Roh Keluar dari Tubuh Saat Tidur (Astral Projection): Fenomena Klenik Atau Kondisi Medis Nyata?

Pernah dengar tentang proyeksi astral? Fenomena roh keluar dari tubuh yang katanya mengandung hal-hal mistis ini ternyata ada penjelasan ilmiahnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
ciri-ciri dan gejala alergi dingin

Gejala Alergi Dingin Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit
mencium spidol

Meski “Wangi”, Hobi Menghirup Aroma Spidol Bisa Membahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 3 menit