Besok ada acara penting di kantor, pesta yang sudah ditunggu-tunggu, atau bahkan kencan dengan gebetan, tapi mendadak muncul jerawat merah membengkak di wajah? Jerawat meradang biasanya dapat diobati dengan antibiotik seperti tetracycline, doxycycline, minocycline, dan erythromycin bisa mengurangi jerawat merah dan meradang. Akan tetapi, efek obat baru akan terlihat dalam beberapa hari setelah dipakai. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat merah hanya dalam semalam?

Apa penyebab jerawat merah meradang?

Kemerahan pada jerawat bukanlah luka, melainkan sebagai bentuk peradangan. Jerawat merah meradang diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel kulit. Di dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati, di mana ini menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berkembang, sedangkan sisa-sisaradikal bebas akan merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan warna kemerahan pada kulit

Jika infeksi tidak berkembang, kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika warna merah ini tidak berubah setelah setahun, kemungkinan itu adalah luka bekas jerawat.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat meradang dalam semalam?

Ada dua hal penting yang perlu Anda ketahui jika ingin menghilangkan kemerahan pada jerawat dalam semalam. Pertama, kemerahan disebabkan oleh efek peradangan. Oleh karena itu, perawatan yang Anda gunakan haruslah yang menangani masalah peradangan ini.

Selanjutnya, Anda harus memastikan jerawat sembuh dengan cepat. Ini akan mengurangi kemerahan pada jerawat dengan cepat. Ada beberapa perawatan yang efektif dan sederhana sehingga bisa Anda praktikkan di rumah untuk mengurangi kemerahan pada jerawat.

1. Gunakan es batu

Metode tercepat adalah dengan menempelkan kompres es pada jerawat yang sedang meradang. Balut dulu es batu dengan kain bersih sebelum ditempelkan ke wajah, ya! Setelahnya, diamkan selama beberapa menit. Ulangi hingga kemerahan berkurang. Pastikan Anda jangan menekan terlalu kencang, karena dapat melukai jerawat dan menyebabkan bakteri menyerang bagian tersebut.

2. Pakai aspirin

Aspirin tak hanya untuk mengobati sakit kepala saja, namun juga bisa mengurangi kemerahan pada jerawat. Aspirin mengandung asam salisilat yang bisa mengurangi peradangan dengan mengelupas. Untuk mengatasi kemerahan pada jerawat dalam waktu singkat, belah aspirin menjadi separuh. Gerus halus dengan air, kemudian oleskan pada bagian jerawat. Gunakan plester untuk melindunginya dan diamkan selama 30 menit.

3. Pakai pasta gigi

Pasta gigi adalah salah satu obat yang sering disebut dalam mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena pasta gigi mengandung silica, yang mana membantu mengeringkan jerawat. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Bahan ini tidak hanya mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

Walaupun kemerahan pada jerawat bisa mengganggu penampilan Anda, tetapi hal ini tidak seburuk luka yang ditinggalkan setelah jerawat. Menghilangkan kemerahan tidak meminimalisir risiko terbentuknya luka bekas jerawat. Anda perlu mengobati jerawat Anda sedini mungkin untuk mencegah terjadinya luka.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca