Cara Melakukan Diet Air Putih yang Tepat dan Aman

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22/10/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rajin minum air putih banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya membantu menurunkan berat badan. Dari teori inilah kemudian banyak yang “terinspirasi” untuk menerapkan diet air putih saja tanpa dibarengi dengan makan dan minum apa pun selama beberapa hari. Seperti apa cara diet air putih yang aman?

Benarkah dengan minum air putih saja berat badan bisa turun?

Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan lewat berbagai macam cara. Bagaimana?

Rutin minum air putih melancarkan kerja ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Cukup minum air juga membuat kerja sistem pencernaan lebih efisien mengolah makanan sehingga mencegah sembelit, sekaligus mengendalikan nafsu makan.

Mencukupi kebutuhan cairan juga membantu metabolisme tubuh bekerja lebih cepat untuk membakar lemak. Setidaknya inum 8 gelas air putih (± 2 liter) bisa membakar hingga 100 kalori per hari. Kalori yang berkurang jika Anda minum air dingin bahkan bisa lebih banyak lagi.

Memperbanyak minum air putih juga membantu memangkas kelebihan berat air, sehingga Anda bisa menurunkan berat badan ekstra.

Manfaat diet minum air putih dalam jangka pendek dapat langsung dirasakan oleh orang-orang yang memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan kelebihan berat badan. Namun jika murni bertujuan untuk penurunan berat badan saja, diet air putih baru akan memperlihatkan hasil nyatanya setelah dilakukan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Cara diet air putih yang tepat dan aman

Diet hanya dengan minum air putih sebetulnya hanya boleh dilakukan mulai dari 24 jam hingga maksimal 3 hari. Lebih dari itu, akan ada banyak potensi masalah kesehatan yang bermunculan.

Setelah 3 hari hanya minum minuman minim gizi tanpa asupan makanan, otak akan kekurangan nutrisi sehingga bekerja semakin lambat. Akibatnya, Anda sulit konsentrasi, sering bengong, mudah tersulut emosi, hingga rentan berhalusinasi. Hal ini dapat memicu migrain kambuh. Tubuh akan kehilangan paling banyak protein dalam 72 jam pertama Anda diet air putih, dan membuat otot-otot tubuh perlahan mengecil.

Lantas, bagaimana cara diet air putih yang benar?

Idealnya, Anda lebih baik memilih waktu yang tepat untuk mulai berdiet, yaitu ketika tubuh tidak memerlukan terlalu banyak energi.

Jika sudah menetapkan waktu yang pas, Anda wajib mempersiapkan tubuh dengan asupan nutrisi yang mencukupi sejak jauh-jauh hari sebelum mulai diet. Boleh mulai kurangi porsi makan besar dan camilan dalam beberapa hari menjelang diet air putih, namun tetap pastikan lauk makannya bervariasi dan mengandung nutrisi serta energi tinggi.

Mulailah perlahan dengan minum minuman kaya nutrisi seperti jus atau smoothie mengenyangkan di hari-hari awal diet.

Selama sedang menjalani diet air putih, hindari berolahraga terlalu berat agar tidak dehidrasi. Hindari juga minum lebih banyak air dari biasanya saat diet. Terlalu banyak minum air putih bisa berbalik membahayakan kesehatan Anda.

Segera hentikan diet ketika Anda jatuh sakit atau merasa sangat lemas di tengah-tengah waktunya.

Ketika Anda selesai diet minum air putih, hindari makan terlalu banyak sekaligus. Mulai makan lagi secara bertahap untuk menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.

Tidak semua orang boleh diet air putih

Diet minum air putih tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun tidak dibolehkan untuk melakukan diet ini.

Selain itu, orang dengan kondisi berikut ini juga tidak dibolehkan melakukam diet minum air putih, karena dapat berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lebih lanjut:

Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu tapi berencana diet minum air putih lebih dari 24 jam, konsultasi dulu dengan dokter Anda.

Diet yang baik adalah dengan makan sehat dan olahraga

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, cara diet air putih tidak ideal untuk menurunkan berat badan. Pola diet terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan menggabungkan kebiasaan makan sehat (seperti mengurangi garam dan gula serta lemak) dan olahraga rutin yang dilakukan bertahap.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

    Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

    Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

    Ada yang bilang kita sudah tak boleh minum air yang disimpan dalam botol plastik hangat. Misalnya karena ditinggal di mobil seharian. Benarkah demikian?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

    Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

    Anda pasti tahu mengayuh sepeda tentunya lebih sehat dibanding naik mobil. Tapi, apa sebenarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

    Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

    Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

    Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
    bercak darah saat tidak sedang haid

    Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

    Ditulis oleh: Theresia Evelyn
    Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit
    Konten Bersponsor
    foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis

    Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Dipublikasikan tanggal: 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit
    mengusir biang keringat

    3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

    Ditulis oleh: Theresia Evelyn
    Dipublikasikan tanggal: 13/07/2020 . Waktu baca 3 menit