8 Cara Unik Membakar Kalori yang Mungkin Tidak Pernah Anda Duga

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Apakah Anda sedang menurunkan berat badan? Olahraga mungkin merupakan cara yang Anda lakukan untuk membakar kalori sehingga penurunan berat badan dapat terjadi. Namun, ternyata ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori dan mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Apa saja cara membakar kalori yang bisa dilakukan?

1. Sering tertawa

Tertawa membuat Anda bahagia dan juga ternyata dapat membakar kalori. Suatu hal yang mungkin tidak Anda sangka sebelumnya, bukan? Tapi, hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Penelitian yang melibatkan 45 pasangan yang menonton film lucu menunjukkan bahwa tertawa selama menonton film lucu dapat meningkatkan metabolisme sebesar 10-20%.

Bagaimana bisa? Saat tertawa, tubuh akan meningkatkan detak jantung. Hal ini kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda sebesar 10-20%. Sehingga, kalori dalam tubuh akan terbakar lebih besar saat Anda tertawa.

2. Minum air dingin

Banyak orang menyangka bahwa minum air dingin dapat mendorong penumpukan lemak. Sehingga, banyak yang melarang minum air dingin saat Anda sedang diet penurunan berat badan. Namun faktanya, minum air dingin justru dapat membantu tubuh membakar kalori.

Saat Anda minum air dingin, tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas agar suhu tubuh tetap terjaga. Sehingga, tubuh akan membakar lebih banyak kalori saat Anda minum air dingin. Penelitian pun membuktikan bahwa minum air dingin sebanyak 500 ml dapat meningkatkan kalori yang terbakar sebanyak 24-30% selama 90 menit.

3. Mengunyah permen karet

Cara membakar kalori berikutnya adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori dari makanan. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Rhode Island.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang mengunyah permen karet mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang dan tidak mengonsumsi makanan yang lebih banyak lagi pada waktu makan selanjutnya. Namun, pastikan permen karet yang Anda pilih adalah yang bebas gula.

4. Mendonorkan darah

Saat Anda mendonorkan darah, jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh akan meningkat. Sehingga, donor darah bisa menjadi salah satu cara membakar kalori yang bisa Anda coba. Lagipula, donor darah juga sekaligus dapat menolong orang, bukan?

Setelah Anda donor darah, tubuh membutuhkan energi untuk membentuk protein baru, sel darah merah, dan komponen darah lainnya untuk menggantikan darah yang hilang. Sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Namun, Anda tentu tidak bisa mendonorkan darah setiap hari, beri jeda waktu setidaknya delapan minggu untuk donor darah lagi.

5. Berbelanja

Saat Anda berbelanja, Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda sebenarnya sedang berolahraga kecil. Coba hitung berapa langkah yang Anda hasilkan saat berbelanja? Setiap langkah yang Anda hasilkan ini tentu membakar kalori yang ada dalam tubuh Anda, terlebih jika Anda berjalan cepat dan menaiki tangga saat berbelanja. Ini merupakan salah satu cara membakar kalori yang menyenangkan terutama bagi wanita.

6. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah memang melelahkan. Tapi ini bisa Anda manfaatkan untuk membakar kalori. Saat Anda membersihkan jendela saja, sebenarnya Anda sedang membakar kalori sekitar 65 kalori. Belum lagi jika Anda juga membersihkan lantai, membersihkan kamar mandi, dan hal lainnya. Jadi, selain rumah Anda menjadi bersih, membersihkan rumah juga membuat Anda berkeringat.

7. Menggerakkan tangan dan kaki

Saat Anda sedang gelisah atau sedang bosan, Anda mungkin secara tidak sadar akan menggerak-gerakkan kaki atau jari tangan Anda, misalnya mengetukkan jari ke meja. Hal ini ternyata juga dapat membakar kalori Anda. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang gelisah saat duduk atau berdiri dapat membakar kalori 5-6 kali lebih banyak dibandingkan orang yang hanya diam saat duduk atau berdiri.

8. Berhubungan seksual

Satu hal lagi yang ternyata dapat membakar kalori Anda adalah berhubungan seksual. Ya, saat Anda melakukan hubungan seksual, Anda membutuhkan banyak energi, apalagi jika dilakukan dengan penuh gairah. Dengan begitu, Anda sebenarnya juga sedang membakar kalori saat berhubungan seksual.

Berbeda posisi seks, berbeda juga jumlah kalori yang dibakar. Pria dapat membakar sekitar 350 kalori per jam saat melakukan posisi misionaris. Sedangkan, wanita dapat membakar sekitar 200 kalori saat melakukan posisi cowgirl selama 30 menit.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca