Cek Arti Warna Feses Bayi

Kebanyakan orangtua baru mungkin akan bingung apakah feses bayi mereka normal atau tidak. Wajar, sebab terdapat beragam warna dan tekstur yang mungkin belum pernah dilihat sebelumya.
Cari tahu

Feses berwarna cokelat, kering, dan keras

Artinya:

Sembelit

Apabila tekstur feses keras dan berkerikil, bayi Anda mungkin saja mengalami sembelit. Biasanya, proses BAB menjadi tidak nyaman, bahkan mungkin saja terdapat bercak darah pada kotorannya karena anus yang terluka saat mengejan.

Apa yang harus saya lakukan?

Apabila mendapati buah hati Anda kesulitan buang air besar dan fesesnya berkerikil, segeralah menghubungi dokter. Jangan tunda pergi ke dokter apabila Anda menemukan bercak darah pada kotorannya.

Biasanya, sembelit pada bayi terjadi saat ia mulai dikenalkan pada makanan padat. Bisa juga, ini merupakan tanda anak Anda tidak cocok dengan protein susu tertentu atau intoleransi pada kandungan di dalam ASI atau susu formula.

Untuk bayi di bawah 6 bulan, dokter akan merekomendasikan untuk menambah asupan cairan. Apabila bayi Anda telah makan makanan padat, berikanlah makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur.

Jika Anda ragu, cobalah konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk menemukan makanan yang paling tepat.