Mengenal Rahim Anteverted, Posisi Rahim yang Miring ke Depan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rahim merupakan organ reproduksi yang berperan penting selama Anda menstruasi atau menjalani kehamilan. Letak atau posisi rahim antara wanita satu dengan yang lainnya biasanya tidak selalu sama, tapi sekitar 80 persen wanita terlahir dengan posisi rahim anteverted. Lantas, apa itu rahim anteverted? Kenapa kebanyakan wanita memiliki jenis rahim ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu rahim anteverted?

Posisi rahim anteverted
Posisi rahim anteverted

Rahim anteverted merupakan kondisi saat rahim membungkuk atau miring ke arah depan menuju leher rahim (bagian bawah rahim). Posisi ini membuat rahim Anda lebih condong ke arah perut.

Bandingkan dengan posisi rahim retroverted, di mana rahim justru condong ke belakang (terbalik), seperti ilustrasi berikut.

Posisi rahim retroverted
Posisi rahim retroverted

Secara umum, Anda yang memiliki rahim dengan posisi anteverted cenderung tidak merasakan gejala apa pun. Itulah sebabnya mungkin Anda tidak sadar bahwa rahim Anda terbentuk seperti ini.

Namun, bila tingkat kemiringannya sudah sangat parah, Anda mungkin akan merasakan adanya tekanan atau nyeri di bagian depan panggul Anda. Jika Anda merasakan hal ini, segeralah cek ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Apa saja penyebab posisi rahim anteverted?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebanyakan wanita terlahir dengan posisi rahim anteverted. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi akibat kehamilan dan proses persalinan. Dalam kasus tertentu, kedua proses ini dapat mengubah bentuk rahim Anda dan membuat posisi rahim menjadi lebih miring.

Selain itu, kemiringan ekstrem pada rahim dapat terjadi saat adanya perkembangan jaringan parut setelah menjalani operasi atau karena penyakit endometriosis. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang mengalami persalinan caesar cenderung lebih mengembangkan kemiringan di rahimnya. Meski demikian, hal ini termasuk jarang terjadi.

Apakah posisi rahim anteverted memengaruhi kesuburan dan kehamilan?

Posisi rahim biasanya memengaruhi kemampuan wanita untuk hamil. Sebab, mudah atau sulitnya hamil bisa tergantung pada bentuk atau kemiringan rahim Anda. Kabar baiknya, posisi rahim yang anteverted tidak terlalu memengaruhi kemampuan sperma untuk mencapai sel telur di dalam rahim. Jadi, hal ini tidak memengaruhi kesuburan maupun kehamilan Anda.

Kabar baik lainnya, posisi rahim yang anteverted juga tidak akan memengaruhi kehidupan seks. Anda seharusnya tidak akan merasakan sakit atau ketidaknyamanan saat berhubungan seks. Pasalnya, posisi ovarium justru menjadi lebih tinggi di panggul sehingga meminimalisasi risiko terluka saat melakukan hubungan intim. Namun, bila Anda merasakan sakit saat berhubungan seks, segeralah beri tahu dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

fakta rahim wanita

Lantas, apa yang harus saya lakukan dengan posisi rahim anteverted?

Untuk mengetahui posisi rahim, Anda harus menjalani sejumlah pemeriksaan. Di antaranya yaitu pemeriksaan panggul dan USG. Selama pemeriksaan panggul, dokter akan melihat organ reproduksi Anda lebih dalam seperti vagina, ovarium, leher rahim, rahim, dan bagian perut Anda untuk memeriksakan apakah memang terdapat kelainan atau tidak.

Bila Anda termasuk wanita yang memiliki rahim dengan posisi anteverted, tidak perlu khawatir. Hal ini cenderung normal dan tidak memerlukan perawatan secara spesifik. Tidak ada obat atau prosedur khusus untuk memperbaiki kondisi ini. Jadi, Anda bisa tetap menjalani kehidupan normal tanpa rasa sakit.

Lain halnya bila Anda memiliki rahim dengan posisi retroverted, yaitu posisi rahim yang miring ke arah belakang. Hal ini kemungkinan diperlukan proses pembedahan untuk memperbaikinya. Meskipun demikian, Anda tetap disarankan untuk segera ke dokter guna melakukan pemeriksaan rutin dan mencegah masalah pada rahim Anda.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Proses Terjadinya Kehamilan: Dari Hubungan Intim Hingga Jadi Janin

Anda pasti sudah tahu bahwa kehamilan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur. Namun, apakah Anda pernah berpikir bagaimana proses ini terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Usia 4 Bulan Kehamilan Janin Tidak Berkembang, Saya Harus Aborsi

Saya harus menggugurkan kandungan tersebut karena janin saya tidak berkembang, dalam bahasa medis disebut kehamilan kosong (blighted ovum).

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Cerita Ibu 19 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Mencegah Autisme Sejak Anak dalam Kandungan?

Tentu kita tidak ingin memiliki anak autisme. Sebisa mungkin, kita ingin mencegahnya, bahkan sejak hamil. Apakah bisa mencegah autisme anak sedari hamil?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pengalaman keguguran

Pengalaman Keguguran Berulang Membuat Saya Hampir Putus Asa

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
fungsi hormon fsh dan lh

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
pergerakan janin

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
DBD saat hamil menginfeksi bayi atau janin dalam kandungan

Demam Berdarah saat Hamil, Virusnya Menginfeksi Janin Saya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit