Saat Anda menjalani aktivitas sehari-hari, Anda mungkin tidak pernah memikirkan tentang organ yang membuat semua ini terjadi: jantung. Jantung memompa darah untuk Anda sepanjang hari, dan ini adalah otot yang bekerja paling keras.

Anda dapat membantunya terus bekerja dengan baik selama bertahun-tahun ke depan dengan enam langkah ini. “Ini adalah obat terbaik untuk jantung Anda,” kata kardiologis dari Atlanta, David E. Montgomery, MD.

1. Olahraga

Apakah ini artinya kita harus mulai ikut lari maraton? Tidak. Anda dapat melakukan aktivitas fisik apapun yang meningkatkan detak jantung Anda selama setidaknya 30 menit, atau bahkan 20 menit jika intensitasnya tinggi. Lakukan ini 5 hari seminggu.

Butuh ide? Berlari. Bersepeda. Mendayung. Dengan kata lain, semua aktivitas bergerak yang bisa Anda lakukan selama beberapa menit,” kata Montgomery.

Jika Anda tak biasa berolahraga, cek dulu dengan dokter untuk melihat apakah ada batasan tentang apa yang boleh dan tak boleh Anda lakukan.

2. Tetap aktif sepanjang hari

Olahraga di gym itu bagus. Tapi apa yang Anda lakukan di sisa hari Anda?

“Jika Anda duduk di depan komputer sepanjang hari, bahkan jika Anda berlari di treadmill setiap pagi, Anda tetap berisiko terkena penyakit jantung,” kata Montgomery.

Saat Anda berada di kantor, jadwalkan istirahat pendek untuk bangkit, gerakkan kaki dan tangan Anda, dan pompa jantung Anda.

Montgomery menyarankan bagi Anda untuk melakukan panggilan telepon dan menjawab email sambil berdiri. Anda juga bisa menukar kursi kantor dengan bola keseimbangan seperti yang biasa dipakai latihan Pilates, untuk melatih otot selama Anda duduk.

Jika Anda rutin mengecek media sosial di ponsel saat sedang istirahat, berdirilah dan berjalan-jalan sambil melakukannya. Yang penting: bergeraklah!

3. Makanlah seperti orang zaman dulu

“Jenis makanan yang sehat untuk jantung Anda belum berubah dalam ratusan tahun,” ujar Montgomery. Makanan ini adalah:

  • buah dan sayuran
  • whole grains seperti beras merah dan karbohidrat kompleks lainnya
  • kacang- kacangan dan biji-bijian

Jangan rusak manfaat gizinya dengan menggoreng atau melapisi mereka dengan mentega atau keju. Ini malah akan meningkatan kolesterol “jahat” (LDL) yang menyumbat pembuluh darah.

Bagaimana dengan daging? Anda masih bisa mendapatkannya, tapi batasi jumlahnya dan hindari potongan yang berlemak.

“Kami tidak memiliki bukti bahwa vegan hidup lebih lama dari vegetarian, atau apakah vegetarian hidup lebih lama dari pemakan daging,” ujar Montgomery. “Tapi kami tahu, makan lebih sedikit daging merah dan lebih banyak daging tak berlemak serta ikan adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan kesehatan jantung Anda.”

4. Berhenti merokok apapun

Anda mungkin tahu bahwa merokok tembakau membuat Anda lebih mungkin terkena serangan jantung. Yang mungkin mengejutkan Anda adalah, marijuana juga ternyata buruk untuk jantung.

“Mungkin memang tidak sama buruknya, tapi jelas lebih buruk dari yang orang kira,” kata Montgomery.

5. Belajar lebih santai

Stress happens! Montgomery mengatakan, masalahnya bukanlah apa yang menyebabkan stress, tapi bagaimana kita meresponnya.

Saat kita sedang berada di bawah tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan berlari di atas treadmill atau berlatih yoga. Olahraga akan melatih tubuh untuk menangani stress.

Jika stress Anda sudah dirasa berlebihan, bicaralah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional.

6. Istirahat

Tidur adalah saat untuk tubuh kita me-restart dan memulihkan diri. Ini penting bagi semua aspek kesehatan, bukan hanya jantung. “Anda tak akan merasa baik jika Anda tak punya kesempatan memulihkan diri,” kata Montgomery.

Saat Anda tidur, tekanan darah dan detak jantung Anda melambat. Ini memberi jantung Anda waktu istirahat yang sangat ia butuhkan. Tanpa istirahat, Anda akan merasa stress dan mengidam makanan berkalori tinggi yang tidak baik untuk jantung.

Maka jadikan tidur dan istirahat sebagai prioritas Anda sebelum Anda siap memulai hari yang baru.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca